BAYI
9 November 2019

4 Tips Memilih Blender MPASI, Jangan Salah Pilih ya Moms

Gunanya untuk membantu Si Kecil lebih mudah mencerna makanan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daripada membeli, pernahkah Moms mempertimbangkan untuk membuat makanan bayi sendiri? Namun biasanya Moms bingung bagaimana cara mulai membuatnya atau sepadankah dengan usaha yang dilakukan.

Menurut Klinik Cleveland, tidak ada perbedaan yang besar antara makanan bayi yang tidak enak dan makanan bayi yang dibuat sendiri.

Baca Juga: Redakan Diare dan Muntah pada Bayi dengan Makanan Ini

Biasanya yang menjadi hambatan untuk Moms juga adalah alat yang digunakan untuk membuat makanan bayi. Karena masih sangat kecil, biasanya makanan bayi harus diblender sehalus mungkin agar bisa dicerna dengan baik.

Nah, mungkin Moms bingung dalam memilih blender yang tepat untuk membuat makanan pendamping ASI anak atau MPASI.

Tips Memilih Blender untuk MPASI

Agar tidak bingung lagi, berikut ini ada beberapa tips memilih blender MPASI anak yang tepat. Lihat yuk Moms.

1. Berfungsi Sesuai dengan Kebutuhan

blender mpasi

Foto: momjunction.com

Tips memilih blender MPASI yang pertama adalah berfungsi sesuai kebutuhan. Keuntungan dari blender MPASI dibandingkan dengan pengolah makanan tradisional adalah fakta bahwa alat ini dapat melakukan lebih dari sekadar pencampuran atau penghalusan.

Meski begitu, kita tetap harus memilih blender MPASI yang fungsinya lebih dari hal tersebut. Moms bisa memilih blender MPASI yang memiliki fungsi lain seperti mengukus, memotong, mencairkan, memanaskan kembali, bahkan membersihkan dengan sendiri.

Baca Juga: Siap Memperkenalkan MPASI Pada Si Kecil Dengan 6 Cara Ini

Namun pastikan yang paling utama adalah menghaluskan makanan anak dengan baik.

2. Aman untuk Digunakan

blender mpasi

Foto: kidshealth.com

Tips memilih blender MPASI yang selanjutnya adalah aman digunakan. Keamanan adalah fitur paling penting yang harus dimiliki oleh blender MPASI.

Poin yang sangat baik untuk diperhatikan adalah bahwa model yang Moms beli bebas dari bahan kimia yang dapat larut ke dalam makanan.

Bebas BPA dan timbal yang dapat memengaruhi perkembangan otak dan menyebabkan perubahan perilaku pada anak kecil, atau phthalate, bahan kimia yang dapat mengganggu hormon.

Dikutip dari jurnal yang diterbitkan Ncbi.nlm.nit.gov, BPA merupakan bahan kimia berbahaya. Banyak penelitian menemukan bahwa BPA dapat terlepas dari botol bayi saat botol terpapar suhu panas, tekanan mekanik, dan sabun cuci dengan pH tinggi.

BPA bisa berdampak pada aktivitas estrogenik, gangguan endokrin, dan gangguan pertumbuhan.

3. Mudah Digunakan

blender mpasi

Foto: colorfulrecipes.com

Tips memilih blender MPASI yang selanjutnya adalah mudah digunakan. Blender MPASI bayi terbaik yang bisa Moms pilih harus sangat intuitif untuk digunakan.

Beberapa pembuat makanan menggunakan panel layar sentuh, sementara beberapa dirancang dengan satu putaran sehingga Moms dapat menggunakannya hanya dengan satu tangan.

Baca Juga: 3 Resep MPASI Pertama Untuk Bayi 6 Bulan

Sebagian besar pembuat makanan juga menggunakan timer yang akan memberi tahu Moms begitu makanan selesai dimasak, sehingga dapat memaksimalkan apa yang disebut kemudahan penggunaan.

4. Tahan Lama

blender mpasi

Foto: whattoexpect.com

Tips memilih blender MPASI yang selanjutnya adalah tahan lama. Di samping keamanan, blender MPASI yang tahan lama akan membuat Moms lebih sedikit khawatir tentang berbagai kecelakaan seperti pecah, terlalu panas, atau plastik yang meleleh.

Kita dapat memilih model yang dibuat dari stainless steel atau tritan untuk memastikan umur blender lebih lama.

Itu dia beberapa tips untuk memilih blender MPASI bayi terbaik. Jangan sampai salah pilih dan menyesal kemudian ya Moms!

Artikel Terkait