NEWBORN
9 Juli 2017

Tips Memilih Pram untuk Bayi di Bawah 6 Bulan

Sebelum memutuskan membeli pram tertentu, pertimbangkan beberapa aspek ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Selain stroller (pushchair), ada jenis kereta dorong bayi yang disebut pram. Bentuk tempat bayinya mendatar, tidak bisa ditegakkan seperti stroller, karena memang didesain untuk bayi di bawah enam bulan yang belum bisa duduk. Posisi bayi juga menghadap orang yang mendorong kereta bayi, sehingga orang tua lebih mudah mengawasi si kecil.

Baca juga: Apa Bedanya Pram dan Baby Stroller?

Ada banyak model pram di pasaran. Mama tentu ingin memilih pram yang paling aman dan berkualitas bagus. Sebelum memutuskan membeli pram tertentu, pertimbangkan beberapa aspek ini:

Rem Praktis

Rem pada sejumlah pram mampu mengunci dua roda secara sekaligus, tidak hanya satu roda seperti umumnya. Mama harus memilih pram yang paling mudah digunakan. Pram yang dilengkapi disc brakes memberikan keamanan ekstra ketika melewati jalanan menanjak atau menurun.

Sabuk Pengaman

Pada umumnya, pram dilengkapi dengan tiga titik maupun lima titik sabun pengaman. Sabuk dengan lima titik pengaman dianggap pilihan yang aman karena akan mendukung bagian-bagian tubuh seperti bahu, pinggang, dan di antara kedua kaki.

Sabuk pengaman ini dibutuhkan bayi berusia 3-6 bulan. Perhatikan kemudahan dalam menggunakannya sekaligus kemampuannya melindungi tubuh si kecil.

Kapasitas

Sudah tentu memperhatikan kapasitas atau batas berat badan bayi yang mampu ditahan oleh pram merupakan hal yang sangat penting. Terlebih lagi pram didesain untuk menampung berat badan bayi yang terbatas. Jika berat badan bayi melebihi kapasitas pram, dikhawatirkan bisa membuat keseimbangan pram terganggu.

Tinggi Pegangan Pram

Rendah atau tingginya pegangan pram menjadi faktor selanjutnya yang harus Mama perhatikan. Sesuaikan pilihan pegangan pram dengan tinggi badan Mama.

Pegangan pram semestinya ada di kisaran setinggi pinggang orang dewasa atau yang sedikit lebih rendah. Jika pram didorong oleh orang yang berbeda, cari pram dengan desain pegangan yang bisa disesuaikan.

Kursi Pram

Mengingat pram yang akan Mama beli digunakan untuk bayi berusia di bawah 6 bulan, Mama perlu menyesuaikan kursi pram hingga ada dalam posisi yang hampir terbaring.

Karena bayi di usia tersebut masih belum mampu duduk sempurna dan menopang kepalanya sendiri. Ketika usia bayi sudah di atas 6 bulan, posisi kursi berbaring masih dibutuhkan untuk menyamankan bayi saat tidur.

Perlengkapan Kanopi

Memilih pram yang dilengkapi kanopi bisa melindungi si kecil dari sinar matahari, angin, atau hujan. Sebaiknya Mama memilih kanopi pram yang mudah dilepas sehingga lebih mudah dibersihkan.

Sesuaikan Pilihan dengan Kondisi Khusus

Memiliki bayi kembar tentunya membuat Mama membutuhkan pram khusus. Pram bagi bayi kembar memang sedikit lebih berat dibandingkan pram tunggal.

Jika Mama membutuhkan pram yang lebih mudah digerakkan, pilih pram tandem yang ada di posisi depan serta belakang. Pram tandem posisi bersisian menyulitkan Mama saat melewati pintu maupun jalan sempit.

Pram sangat bermanfaat dalam membantu mobilitas bayi dan lebih memudahkan Mama. Pilih pram yang paling sesuai dengan kebutuhan Mama dan si kecil.

Moms bisa memilih berbagai macam pram yang sesuai untuk kebutuhan Moms dan Si Kecil di Orami. Apalagi sedang ada Jakarta Great Online Sale yang menghadirkan berbagai penawaran dan diskon menarik yang sayang jika Moms lewatkan!

Baca juga: Things You Need to Know Before Buying Baby Stroller

(RGW)

Artikel Terkait