PARENTING
29 Juni 2019

5 Tips Merayakan Pesta Ulang Tahun dengan Budget Rendah

Ini tips merayakan pesta ulang tahun Si Kecil tanpa menguras kantong
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat anak ulang tahun, Moms mungkin ingin mengadakan pesta terbaik demi membahagiakan Si Kecil. Tapi, kalau bisa, jangan sampai pesta ulang tahun Si Kecil membuat Moms harus merogoh kocek dalam-dalam. Big no no, deh!

Lalu, bagaimana caranya? Berikut adalah tips terbaik untuk mengadakan pesta ulang tahun budget rendah namun tetap meninggalkan kesan mendalam untuk Si Kecil!

Baca Juga: 5 Pesta Ulang Tahun Anak-anak Selebriti yang Mewah dan Meriah

1. Buat Sendiri Dekorasi Pesta

pesta ulang tahun budget rendah

Spanduk, bunting flag, backdrop, balon, dan lainnya, adalah hal yang wajib ada di pesta ulang tahun Si Kecil. Tapi, Moms pasti tahu dong, berapa harga benda-benda dekorasi tersebut? Kalau Moms memaksakan membeli semuanya, bisa jebol kantong.

Nah, untuk pesta ulang tahun budget rendah, cobalah berkreasi dengan bahan-bahan prakarya ala anak SD (kertas karton, spidol, cat air, lem, gunting, dsb) untuk membuat sendiri dekorasi pesta ulang tahun. Ada banyak contekannya di YouTube, Moms.

2. Buat Kue Ulang Tahun Sendiri

pesta ulang tahun budget rendah

Tahukah Moms berapa toko kue mematok harga untuk kue ulang tahun mewah berhias karakter kesukaan anak-anak? Nah, daripada mengeluarkan uang untuk kue buatan toko, lebih baik Moms membuat sendiri kue ulang tahun untuk Si Kecil. Dengan begini Moms jadi bisa membuat pesta ulang tahun budget rendah.

Tak percaya diri bikin kue sendiri? Cari teman atau kerabat yang jago bikin kue, dan minta ia untuk membuatkan kue ulang tahun. Harga teman pasti jauh lebih murah daripada harga toko. Sesuaikan hiasan kue dengan tema ulang tahun anak, ya.

Baca Juga: Wajib Diperhatikan! Ini Do's And Don'ts Mempersiapkan Pesta Ulang Tahun Anak

3. Sediakan Es Krim

pesta ulang tahun budget rendah

Daripada menyediakan aneka camilan dan minuman, lebih baik Moms hanya menyediakan satu jenis dessert di pesta ulang tahun Si Kecil, yaitu es krim! Kenapa es krim? Karena semua anak pasti suka es krim.

Dan yang paling penting, es krim ini bisa Moms kreasikan menjadi aktivitas ulang tahun yang menyenangkan. Ajak para tamu cilik ini untuk menghias es krim mereka sendiri dengan aneka taburan dan topping sebelum kemudian menyantapnya bersama-sama. Seru, kan?

4. Goodie Bag Unik

pesta ulang tahun budget rendah

Biasanya, goodie bag berisi aneka camilan khas anak-anak plus suvenir ulang tahun. Nah, di sinilah anggaran ulang tahun seringkali membengkak, karena Moms mungkin akan memesan sejumlah goodie bag bertema tertentu lengkap dengan kartu undangan, kartu ucapan terima kasih, topi ulang tahun, dan label untuk kemasan makanan atau minuman.

Menurut Danielle Walker, penulis buku Against All Grain: Celebrations, seperti dikutip dari morningchores.com, untuk memangkas anggaran, Moms bisa gunakan saja goodie bag polos yang bisa dibeli di mana saja, kemudian hias dengan stiker atau renda untuk membuatnya jadi tampil beda.

Dan, lupakan kartu ucapan terima kasih, topi ulang tahun, dan label untuk kemasan makanan. Karena itu semua hanya akan berakhir di tempat sampah.

Baca Juga: 7 Ide Isi Goodie Bag Ulang Tahun Anak Usia 1-3 Tahun

5. Pesta Ulang Tahun Ganda

pesta ulang tahun budget rendah

Teman atau saudara Si Kecil ada yang ulang tahunnya berdekatan? Ajak untuk merayakan bareng! Dengan begitu, biaya pesta bisa dibagi dua. Lebih hemat bukan?

Nah, itu dia tips pesta ulang tahun budget rendah untuk anak. Semoga menginspirasi Moms, ya.

(VAN)

Artikel Terkait