NEWBORN
8 Juli 2020

Transient Tachypnea of the Newborn (TTN) pada Bayi Newborn Zaskia Adya Mecca, Ini Penjelasannya

Anak kelimanya lahir secara caesar di Rumah Sakit Jogjakarta International Hospital (JIH) pada Jumat (3/7/2020).
placeholder

Foto: instagram.com/zaskiaadyamecca

placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Artis Zaskia Adya Mecca baru saja melahirkan anak kelimanya secara caesar di Rumah Sakit Jogjakarta International Hospital (JIH) pada Jumat (3/7/2020).

Di tengah momen bahagia tersebut, dikabarkan bahwa sang putri yang bernama Bhaj Kama Bramantyo mengidap gangguan pernapasan sesaat atau yang dikenal dengan istilah Transient Tachypnea of the Newborn (TTN).

Sesaat setelah dilahirkan, putri kecil Zaskia Mecca dan Hanung Bramantyo itu harus menggunakan alat bantu pernapasan agar tidak sesak napas dan masih dalam perawatan intensif.

Baca Juga: Tampil Beda! Inilah Fashion Nyaman Ala Zaskia Adya Mecca

Apa Itu TTN?

TTN pada bayi new born zaskia

Foto: Orami Photo Stocks

Menurut penelitian yang dilakukan Kanishk Jha, Rupa Koothirezhi, dan Kartikeya Makker berjudul Transient Tachypnea of the Newborn adalah kondisi gangguan pernapasan ringan yang terjadi pada bayi usai dilahirkan.

Selama persalinan tubuh bayi melepaskan bahan kimia untuk membantu paru-paru mengeluarkan cairan. Sesaat setelah bayi dilahirkan, seharusnya cairan dalam paru dikeluarkan melalui batuk bayi dan digantikan dengan udara.

Namun terkadang, saat mengeluarkan cairan reaksi tubuh berbeda-beda sehingga cairan tersebut masih tertinggal di paru-paru dan menghambat fungsi paru-paru sehingga tidak bekerja dengan optimal. Umumnya, kondisi ini juga dikenal dengan istilah paru-paru basah dan biasanya berlangsung selama tiga hari setelah bayi dilahirkan.

Baca Juga: Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo Rayakan Anniversary ke-10, Begini Perjalanan Cinta Mereka!

Apa Gejala Bayi Terkena TTN?

TTN pada bayi new born zaskia

Foto: Orami Photo Stocks

Setiap bayi memiliki gejala yang berbeda-beda, namun umumnya gejala yang terlihat ketika bayi terkena TTN ialah pernapasan menjadi lebih cepat, kesulitan bernapas bahkan mengendus dan mengerang, lubang hidup melebar, kulit kebiruan, bentuk tulang rusuk yang berbeda setiap kali bernapas.

Apa Penyebab TTN?

TTN pada bayi new born zaskia

Foto: Orami Photo Stocks

Umumnya, TTN disebabkan oleh ketidakmampuan paru-paru bayi yang baru lahir untuk mengeluarkan atau menyerap cairan ketuban selama dan setelah proses persalinan. Meski begitu, kondisi ini lebih banyak dialami oleh bayi yang dilahirkan secara caesar. Sebab, menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Plos One berjudul The Increasing Trend in Caesarean Section Rates: Global, Regional and National Estimates: 1990-2014, persalinan caesar menyulitkan cairan keluar dari paru-paru yang mana hal ini mudah dilakukan saat persalinan normal.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan bayi lahir dengan TTN yakni ibu yang menderita diabetes, bayi yang lahir dengan berat bada berlebih, hingga terlilit tali pusar.

Baca Juga: Melahirkan Normal Setelah Caesar (VBAC)? Bisa!

Bagaimana Mencegah TTN pada Bayi saat Melahirkan?

TTN pada bayi new born zaskia

Foto: Orami Photo Stocks

Beberapa hal bisa Moms lakukan selama masa kehamilan untuk mencegah terjadinya TTN pada bayi, berikut beberapa hal yang bisa Moms lakukan.

  1. Mengkonsumsi makanan sehat selama masa kehamilan yang meliputi buah, sayur, dan biji-bijian.
  2. Mengunjungi dokter secara berkala untuk pemeriksaan kesehatan ibu dan janin.
  3. Tidak merokok dan menjauhi asap rokok
  4. Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol
  5. Tidak mengkonsumsi obat-obatan yang tidak melalui resep dokter.

Itulah kabar mengenai anak kelima Zaskia Mecca yang terkena TTN beserta dengan penjelasan hingga pencegahan TTN pada bayi. Semoga putri kecil Zaskia Mecca segera pulih dan sehat selalu untuk ibu dan juga si Kecil!

Artikel Terkait