SELEBRITI
6 Mei 2019

9 Bulan Jalani Pengobatan Kanker Darah di Singapura, Kondisi Shakira Sekarang Makin Membaik

Begini kondisi kesehatan Shakira yang masih berobat di Singapura
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Semenjak divonis mendapatkan kanker leukimia pada Juli 2018 kemarin, Shakira melakukan pengobatan perawatan di rumah sakit yang berlokasi di Singapura.

Sempat membuat publik terkejut, banyak orang yang kemudian memberikan dukungan kepada Shakira dan Denada.

Sudah 9 bulan semenjak berita tersebut, nampaknya kondisi Shakira saat ini semakin membaik. Ia pun menjadi lebih ceria dan semangat dalam menjalani hari-harinya.

Hal ini tampak dari unggahan Instagram Jerry yang sedang merekam Shakira saat ia menggambar.

Boleh Masuk Sekolah Khusus

shakiraleu1.jpg

Shakira bahkan diperbolehkan masuk ke sekolah khusus binaan yayasan di rumah sakit, sehingga ia bisa kembali berkumpul dan belajar bersama anak-anak seusianya.

Mengutip dari cumicumi.com, suami Denada, Jerry, menceritakan kabar terbaru mengenai Shakira yang masih melakukan pengobatan di Singapura.

“Saat ini kondisinya cukup baik, ya. Shakira barusan keluar lagi dari rumah sakit, barusan demam lagi. Tapi secara keseluruhan kondisinya terus membaik, sangat membaik, lebih stabil dan mudah-mudahan dalam waktu nggak berapa lama ini sudah bisa masuk ke level maintenance, kondisi di mana kondisi darahnya itu sudah lebih stabil. Sehingga dia lebih bisa mempunyai banyak aktivitas yang belum bisa dia lakukan sekarang,” cerita Jerry mengutip cumicumi.com pada Selasa (19/2) lalu.

Baca Juga: Selain Denada, 3 Artis Ini Juga Memiliki Keluarga yang Mengidap Leukemia

Efek Kemoterapi Sudah Mulai Menurun

shakiraleu2.jpg

Tak hanya itu, Jerry juga menambahkan berita baik akan kondisinya pascakemoterapi.

"Efek kemonya sudah mulai menurun, jadi rambut mulai ada sedikit dan tenaganya sudah lebih pulih. Sudah punya stamina lebih panjang, bengkak-bengkak di pipi, di wajah, di badannya juga sudah mulai menurun. Sehingga aktivitas sehari-harinya sudah tidak terlihat seperti anak sakit,” jelasnya.

Baca Juga: Ani Yudhoyono Derita Kanker Darah, Seperti Apa Gejalanya?

Dapat Banyak Dukungan

shakiraleu3.jpg

Berita Shakira yang menderita leukimia tentu mengejutkan masyarakat. Dukungan pun diberikan mulai dari kalangan selebritas, masyarakat, bahkan Presiden RI Joko Widodo yang sempat mampir menjenguk Shakira.

Saat awal diagnosa putrinya, Denada harus bekerja keras dan bolak-balik Jakarta-Singapura demi menemani putri kecilnya sembari memenuhi kontrak kerjanya.

Menjalani kemoterapi, beberapa efek sampingnya pun sempat membuat Shakira kecewa dan sedih. Sistem imunitas Shakira pun menurun akibat kemoterapi yang dijalani untuk melawan kanker.

Ia pun mengalami kesulitan berjalan, dan tak bisa lagi melakukan hobinya menari-nari seperti dulu.

Shakira juga harus merelakan rambut panjangnya, mengutip dari matamata.com, Shakira jadi sedih dan marah saat melihat dirinya di cermin, hingga Denada akhirnya menutup seluruh cermin yang ada di seluruh ruangan.

Hal ini yang mendorong Denada untuk memotong pendek rambutnya.

Tak hanya Denada, suaminya pun juga bekerja sama dengan Denada demi kesembuhan putri mereka. Mengingat biaya yang dihabiskan sangat besar.

Untuk sumber biaya, Denada juga menjual apartemennya yang elit bahkan dengan harga yang di bawah standar.

Semoga Shakira diberikan kesembuhan total dalam proses perjuangannya melawan kanker darah ya, Moms!

(AP/AND)

Artikel Terkait