3-12 BULAN
29 Juni 2019

Wajib Punya, Ini Serba-Serbi Peralatan untuk Memberikan MPASI pada Buah Hati

Ini ulasan tentang peralatan untuk memberikan MPASI yang Moms perlu ketahui, ya!
placeholder

Foto: yummytoddlerfood.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Bayi sudah berusia 6 bulan, sudah bisa duduk sendiri, dan merespon dengan baik jika diberikan makanan. Wah, ini adalah tanda kalau bayi sudah siap diberikan MPASI atau makanan pendamping ASI.

MPASI dibutuhkan agar nutrisi dan gizi anak terpenuhi dengan baik sehingga ia tumbuh optimal pada golden period-nya. MPASI yang baik juga dapat menjaga Moms agar tetap mampu menyusui anak sampai usia 2 tahun atau lebih.

Baca Juga: Ketahui 4 Fakta Ini Sebelum Mengenalkan MPASI Telur untuk Bayi

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memberikan MPASI

Wajib Punya, Ini Serba-Serbi Peralatan untuk Memberikan MPASI pada Buah Hati 01.jpg

Foto: verywellfamily.com

Di dalam persiapan memberikan MPASI, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan.

Pertama adalah memastikan kandungan gizi dalam makanan anak dapat terpenuhi dengan baik. Hal ini penting karena jika gizinya tidak terpenuhi, maka bayi bisa mengalami kekurangan gizi atau malnutrisi. Bayi yang kekurangan gizi dapat terhambat tumbuh dan kembangnya, juga berisiko terkena stunting.

Kedua adalah pemilihan jenis, rasa, dan tekstur makanan yang tepat. Di dalam proses memberikan MPASI, bayi belajar mengenal berbagai jenis dan rasa makanan. Hindari kebiasaan memberikan makanan yang lunak, melainkan berikan makanan dengan berbagai jenis tekstur. Saat memberikan MPASI, bayi juga dilatih agar giginya dapat bertumbuh dengan baik dan ia bisa mengunyah dengan tepat.

Ketiga adalah memastikan peralatan makan dan makanan yang disajikan terjaga kesehatannya. Sistem kekebalan tubuh Si Kecil masih rentan untuk terinfeksi penyakit, maka dari itu pastikan setiap peralatan makan yang dipakai selalu dicuci bersih. Pastikan juga agar makanan yang disajikan sudah dikonsumsi paling lama 2 jam setelah penyajian. Hal ini untuk menghindari kontaminasi bakteri.

Nah, lalu apa saja peralatan untuk memberikan MPASI yang paling kita butuhkan? Tak perlu bingung, Moms, berikut ulasan yang bisa diikuti, berdasarkan pendapat dari seorang konselor laktasi bernama dr. Sarah Audia Hasna.

Baca Juga: Apa Boleh Memberikan Makanan Vegetarian untuk MPASI Bayi?

Peralatan MPASI untuk Si Kecil yang Wajib Ada di Rumah

Wajib Punya, Ini Serba-Serbi Peralatan untuk Memberikan MPASI pada Buah Hati 02.jpg

Foto: yummytoddlerfood.com

Peralatan untuk memberikan MPASI harus dipastikan higienis dan sebaiknya dipisahkan dari peralatan untuk anggota keluarga yang lainnya. Sedangkan untuk peralatan makanan cukup gunakan yang sederhana dan sesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

“Baik itu peralatan seperti panci, kukusan, talenan, pisau, mangkuk, piring, gelas, sendok, garpu, sebaiknya pastikan semua khusus untuk bayi. Talenan dipisah untuk makanan matang dan mentah. Jangan lupa juga untuk parutan dan saringan. Tidak perlu menggunakan blender karena makanan yang dihasilkan akan berkurang kalorinya,” ungkap dr. Sarah pada Kulwap Orami Community, Selasa (15/5) lalu.

Peralatan untuk memberikan MPASI harus dicuci sampai bersih dan biasakan untuk selalu mencuci tangan baik sebelum dan sesudah makan. Lalu, apakah penggunaan food processor dibutuhkan? Food processor berguna untuk mengolah makanan agar lebih dapat diterima oleh bayi. Namun, penggunaan ini sebenarnya tidak wajib, karena semua kembali pada kemampuan masing-masing keluarga.

“Terpenting adalah gunakan bahan makanan yang baik dan aman, cuci bersih, dan dimasak sampai matang sempurna. Segera makan setelah sudah dimasak dan disajikan dalam 2 jam pertama agar menurunkan risiko adanya kontaminasi,” ungkap dr. Sarah yang praktik di Eka Hospital BSD ini.

Itulah peralatan untuk memberikan MPASI yang dibutuhkan bayi saat masa memberikan MPASI. MPASI dapat diberikan kapan saja, tergantung pada waktu nyaman untuk ibu dan bayi. Apabila bayi mau menyusu lalu makan, atau sebaliknya, bukan menjadi masalah. Memerhatikan kebutuhan bayi itu penting, namun jangan melewatkan pula faktor kebersihan makanan dan peralatan yang dipakai.

Baca Juga: Kacang Hingga Seafood, Ini 6 Makanan yang Pantang Diberikan Sebagai MPASI

Berikan MPASI yang tepat agar anak mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga pertumbuhan dan perkembangannya berjalan optimal, ya!

(DG)

Artikel Terkait