KESEHATAN
4 Maret 2019

Waspada, Ini 6 Penyakit yang Berhubungan dengan Sistem Peredaran Darah

Bisa menjalar ke organ tubuh lain lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur
Disunting oleh Andra Nur


Tak banyak yang tahu kalau sebenarnya penyakit mematikan bisa saja berawal dari sistem peredaran darah yang terganggu.

Sistem peredaran darah adalah bagian yang sangat signifikan bagi tubuh dimana ia bertugas memindahkan zat dari dan ke seuruh sel dalam tubuh kita termasuk jantung dan otak, dua bagian paling penting dalam kelangsungan hidup kita.

Nah, karena terganggunya sistem peredaran darah tersebut ada banyak peluang penyakit yang mungkin akan dialami mulai dari golongan ringan hingga mematikan. Apa saja? Yuk kita lihat daftarnya Moms!

1. Anemia

c10ea9cf 2027 4207 a555 f082178bd7c6 fotolia 170539844 subscription monthly m

Foto Bustle.com

Penyakit ini termasuk dalam golongan ringan yang masih bisa diatasi jika diketahui sejak dini. Seperti yang kita tahu, anemia adalah penyakit kekurangan zat darah merah yang bertugas mengangkut udara dalam sel darah merah.

Mencegah atau mengobati anemia bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen penambah darah jika diperlukan.

Baca Juga: Anemia Saat Kehamilan, Bagaimana Cara Mengatasinya?

2. Penyakit Kuning

312403 1100

Foto: Medicalnewstoday.com

Penyakit yang memiliki nama ilmiah eritroblastosis ini disebabkan langsung karena sel darah yang rusak atau menggumpal karena meningkatnya aktvitas bilirubin yang kemudian masuk ke pembuluh darah lalu berlanjut ke hati.

Hal ini yang akhirnya membuat warna kulit menjadi menguning dan warna urine yang keruh. Hati-hati Moms, mereka yang sering diet ekstrem biasanya sering kali menderita penyakit ini.

3. Hipertensi

2972ba180a781cbb03565039e5529e21

Foto: 360.org.au

Penyakit dalam golongan menengah berikutnya yang berhubungan dengan sistem peredaran darah adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Mereka yang memiliki hipertensi biasanya juga merasakan nyeri di jantung diakibatkan dinding nadi yang keras dan tebal di areal tubuh bagian atas. Orang yang mengalami hipertensi biasanya dianjurkan untuk mulai hidup sehat dan menghindari stres

4. Stroke

signs of a stroke require immediate medical attention

Foto: Medicalnewstoday.com

Salah satu penyakit yang ternyata berhubungan langsung dengan sistem peredaran darah ke bagian otak adalah stroke. Stroke sendiri ditandai adanya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah ke otak.

Stroke biasanya diawali dengan gejala kolesterol tinggi atau hipertensi yang menyebabkan bagian tubuh bisa mati rasa.

Baca Juga: 4 Hal Yang Perlu Mama Ketahui Serangan Stroke Pada Usia Muda

5. Leukimia

13 pallor silent leukemia katarzynabialasiewicz

Foto: Rd.com

Leukimia adalah salah satu penyakit yang perlu diwaspadai berhubungan dengan sistem peredaran darah karena bisa menimbulkan kematian dalam waktu singkat.

Sel kanker bagi pasien leukimia akan berusaha menyerang sel darah putih sehingga tubuh tak mampu mengobati dirinya sendiri. Hati-hati, orang yang mengalami leukimia biasanya ditandai dengan anemia dan saat ini kemungkinan penderita leukimia untuk sembuh sangatlah tipis.

6. Jantung Koroner

cardiac arrhythmias

Foto: Ashtonhospitalpharmacy.com

Sama seperti penyakit stroke, penyakit ini berhubungan dengan penyumbatan sistem peredaran darah ke bagian jantung yang disebabkan endapan lemak di jantung atau pengerasan pembuluh nadi atau arteri.

Jantung koroner juga termasuk penyakit mematikan sama seperti stroke dan leukimia, sehingga diperlukan penanganan serius untuk pasien dengan penyakit ini.

Nah, karena sistem peredaran darah yang baik sangatlah penting, Moms sebisa mungkin harus mengatur pola hidup sehat dengan makan sehat, olahraga, serta menghindari alkohol dan rokok.

(LMF)

Artikel Terkait