KEHAMILAN
21 Juni 2020

Benarkah Yoga Meningkatkan Peluang Hamil? Ini Faktanya

Meredakan stres sampai melancarkan sirkulasi darah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Gaya hidup sehat menjadi salah satu hal penting yang perlu Moms lakukan saat sedang menjalani program hamil. Bukan hanya dengan menerapkan pola makan sehat, Moms juga perlu rutin berolahraga demi memperbesar peluang kehamilan.

Olahraga yang dilakukan juga tidak harus yang berat, misalnya yoga. Di mana banyak ahli sering kali membahas bahwa yoga meningkatkan peluang kehamilan karena mampu menurunkan stres.

Yoga Membuat Tubuh Rileks dan Menurunkan Stres

Benarkah Yoga Meningkatkan Peluang Hamil? Ini Faktanya 1

Foto: pixabay.com

Ketika berada dalam situasi yang penuh tekanan, tubuh akan melepaskan banyak hormon yang disebut kortisol, yang membuat jantung, paru-paru, dan otot menjadi lebih tegang. Jika stres sudah berakhir, kadar kortisol akan turun dan semuanya kembali normal.

Sayangnya, bagi beberapa orang, stres bukanlah hal yang mudah untuk ditangani. Padahal stres jangka panjang dapat memberikan dampak yang buruk, baik pada pria ataupun wanita.

Baca Juga: Sedang Program Hamil? Yuk Ikut Senam Yoga

Dalam laman Baby Centre disebutkan bahwa stres jangka panjang pada wanita dapat mempengaruhi ovulasi. Wanita yang mengalami stres cenderung memiliki siklus ovulasi yang lebih lambat atau bahkan tidak mengalami ovulasi sama sekali.

Stres juga dapat membuat menstruasi tidak teratur atau mempengaruhi panjang siklus menstruasi.

Sementara pada pria, stres jangka panjang diketahui dapat mempengaruhi produksi testosteron dan sperma. Bahkan stres yang terlalu lama pada pria juga dapat menyebabkan impotensi.

Meskipun belum ada penelitian yang menunjukkan hubungan langsung antara yoga dengan kesuburan, yoga diketahui dapat membantu meningkatkan peluang hamil dengan menurunkan tingkat stres.

Yoga adalah latihan relaksasi yang berfokus pada peregangan, pernapasan hingga meditasi. Serangkaian gerakan ini diketahui dapat membantu membangun kekuatan dan fleksibilitas tubuh, serta membantu Moms merasa lebih rileks dan menurunkan stres.

Baca Juga: 6 Posisi Yoga yang Mudah untuk Pemula

Stres juga diketahui memiliki dampak negatif terhadap peluang keberhasilan dalam program IVF dan penelitian dalam jurnalFertility and Sterility menunjukkan bahwa yoga dapat meningkatkan peluang kehamilan pada wanita yang menjalani IVF.

Yoga Meningkatkan Fungsi Endokrin dan Sistem Hormonal

Benarkah Yoga Meningkatkan Peluang Hamil? Ini Faktanya 2

Foto: pexels.com

Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Preventive Medicine menemukan bahwa terapi yoga telah terbukti meningkatkan fungsi reproduksi, baik pada pria maupun wanita.

Di mana yoga dapat mengatur fine-tuning dan merangsang sumbu neuroendokrin yang meningkatkan kesehatan reproduksi dengan mengurangi stres dan menyeimbangkan sistem neurohormonal.

“Yoga juga dikenal dapat melawan obesitas yang sangat bermanfaat dalam menjaga ketidakseimbangan hormon seperti PCOS tetap terkendali,” kata Dr. Pankaj Shrivastav, Direktur dari Conceive Gynecology & Fertility Hospital, seperti dikutip dari laman Baby and Child.

Baca Juga: 6 Pose Yoga untuk Membantu Relaksasi

Yoga Meningkatkan Sirkulasi Darah dan Fleksibilitas Tubuh

Benarkah Yoga Meningkatkan Peluang Hamil? Ini Faktanya 3

Foto: pixabay.com

Selain berperan penting terhadap keseimbangan hormon, Dr. Shrivastav juga mengungkapkan bahwa yoga meningkatkan peluang kehamilan dengan meningkatkan aliran dan sirkulasi darah melalui peningkatan fleksibilitas tubuh.

“Sirkulasi darah yang lebih baik ke saluran reproduksi dapat meningkatkan kesuburan secara signifikan,” jelas Dr. Shrivastav.

Penelitian yang diterbitkan dalam Middle East Fertility Society Journal menemukan bahwa infertilitas dapat berkaitan dengan penurunan aliran darah arteri uterus dan ovarium selama fase luteal.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendukung kesimpulan tersebut dan mengevaluasi peran obat untuk meningkatkan aliran darah ke rahim-ovarium dan meningkatkan kehamilan.

Baca Juga: Patut Disimak, Ini 8 Pose Yoga yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

Ternyata, memang benar bahwa yoga meningkatkan peluang kehamilan ya, Moms. Namun, para ahli mengatakan yoga yang dilakukan juga harus diiringi dengan gaya hidup sehat lainnya.

Konsultasikan dengan dokter jika Moms berencana menjalani terapi yoga untuk memperbesar peluang keberhasilan program hamil yang sedang Moms jalani.

Artikel Terkait