PERNIKAHAN & SEKS
14 Juni 2019

3 Cara Anticanggung Berbicara Seks dengan Pasangan

Selama ini apakah pernah dibicarakan secara terbuka?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Meski banyak ahli yang berpendapat bahwa sebagian besar permasalahan dalam pernikahan adalah tentang kesulitan finansial, namun masalah tentang seksualitas sebenarnya juga cukup banyak yang mengalami.

Faktanya, bicara seks dengan pasangan adalah hal teratas yang sering dibicarakan di dalam forum hubungan online. Rasanya lebih mudah untuk ngomong dengan orang asing di internet daripada pasangan sendiri, ya?

Bicara seks dengan pasangan seperti ini biasanya dihindari karena dianggap bisa menyinggung. Padahal ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulai percakapan soal seks dengan pasangan terasa lebih mudah dan nyaman.

1. Jangan Kageti Pasangan dengan Tiba-Tiba Bicara Seks

3 Cara Anticanggung Berbicara Seks dengan Pasangan 1.jpg

Pilih tempat yang netral (bukan kamar tidur) untuk mulai mengajak membicarakan hal ini. Ajak pasangan ke luar untuk ngopi dan beritahu pasangan sebelumnya, apa yang akan dibicarakan saat bertemu.

Cobalah untuk mengajaknya dengan kalimat, “Aku pengen ngobrol soal caranya biar kita bisa lebih intim satu sama lain. Kira-kira kalau kita ngopi hari Sabtu besok dan ngomongin hal ini, kamu mau gak?”

Baca Juga: Merasa Sakit Saat Sedang Berhubungan Seks? Hati-hati Bahaya 5 Penyakit Ini

2. Alih-Alih Komplain, Cobalah untuk Berbagi Saran dan Masukan

3 Cara Anticanggung Berbicara Seks dengan Pasangan 2.jpg

Pertama-tama, berikan pembicaraan awal mengenai hal apa saja yang Moms & Dads sukai dari pasangan. Misalnya, “Aku suka banget waktu kamu bisa ketawa lepas waktu kita ngobrol sebelum tidur.”

Kemudian beri beberapa saran dengan contoh yang lebih spesifik, “Kayaknya kamu bakal lebih seksi kalau percaya diri sama tubuhmu sendiri.” Lalu, lanjutkan diskusi dengan mendengarkan pendapat dari sudut pandang pasangan, “Apa yang sama-sama kita sukai saat sedang bersama dan apa yang ingin diubah?”

Jangan langsung membombardir pasangan dengan kalimat “Aku gak suka kalau kamu banyak ketawanya, gak bisa serius, aku jadi gak bisa turn on.”

Baca Juga: Wah, Ternyata Saat Stres Wanita Cenderung Ingin Berhubungan Seks!

3. Jangan Memonopoli Percakapan

3 Cara Anticanggung Berbicara Seks dengan Pasangan 3.jpg

Tanyakan pada pasangan apa yang mereka tidak sukai dan apa yang mereka sukai agar kalian saling mengerti. Psikolog Gail Saltz, MD menyatakan bahwa saling terbuka terhadap pasangan akan membantu meningkatkan kualitas seks secara signifikan karena pasangan tidak akan merasa ditolak atau pun tidak berguna.

Baca Juga: Pantaskah Membicarakan Aktivitas Seks Pasutri pada Sahabat? Pahami Batasannya!

Bicara seks dengan pasangan seperti ini mungkin akan susah untuk diawali, tapi bukankah lebih baik berbicara dengan pasangan sendiri daripada berbicara dengan orang asing di internet yang mungkin tidak tahu masalah sebenarnya seperti apa?

(SN)

Artikel Terkait