2-3 TAHUN
26 Oktober 2019

3 Cara Mudah Mengatasi Bintitan pada Anak dengan Bahan Alami

Gunakan kompres hangat untuk mengurangi peradangan pada bintitan
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Dina Vionetta

Meski tidak berbahaya, bintitan pada anak-anak bisa mengkhawatirkan orang tua. Ketahui apa itu bintitan dan langkah apa yang harus dilakukan untuk mengatasi bintitan.

"Bintitan, atau hordeolum, adalah minyak atau kelenjar keringat yang terinfeksi di tepi luar kelopak mata, menyebabkan benjolan merah yang menyakitkan," jelas Jasmine Reese, M.D., dokter anak dari Johns Hopkins' All Children Hospital.

Bintitan dapat menyebabkan iritasi mata, kemerahan, bengkak dan dapat mengganggu. Bintitan tidak menular, tetapi sekali sudah mengalaminya, akan lebih rentan untuk mendapatkannya lagi.

Lalu, bagaimana cara alami mengatasi bintitan pada anak?

"Kebanyakan kasus bintitan hilang dengan sendirinya dalam 1-2 minggu dan tidak perlu antibiotik," terang Dr. Jasmine.

Tetapi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani bintitan pada anak, mengutip dari situs Dr. Axe.

Baca Juga: Mau Tahu Caranya Meredakan Mata Bintitan?

1. Kompres Hangat

bintitan pada anak-1.jpg

Menerapkan kompres hangat ke daerah bintitan empat kali sehari selama sekitar 15 menit dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.

Ambil selembar kain bersih (seperti waslap) dan basahi dengan air hangat. Peras agar kain tidak terlalu basah kuyup, lalu letakkan di atas mata Si Kecil.

Diamkan selama 10-15 menit, dan Moms bisa melakukannya beberapa kali dalam sehari.

Pastikan tidak menaruh lap yang panas di area mata. Kompres hangat yang basah akan mempercepat proses penyembuhan bintitan pada anak.

Baca Juga: Manfaat Air Hangat untuk Tubuh Setelah Beraktivitas

2. Teh Hitam atau Hijau

bintitan pada anak-2.jpg

Mirip dengan kompres hangat, Moms juga dapat menggunakan teh celup hangat untuk mengobati bintitan.

Direkomendasikan menggunakan kantong teh hitam karena teh jenis ini sangat baik untuk mengurangi peradangan dan juga memiliki kemampuan antibakteri alami.

Setelah Moms minum secangkir teh, letakkan dan diamkan kantung teh celup tersebut selama beberapa menit hingga suhunya menghangat.

Selanjutnya, tutup mata dan letakkan kantung teh di kelopak mata yang memiliki bintil. Biarkan teh celup sekitar 5-10 menit. Buang kantong teh setelah digunakan.

Baca Juga: Ini Aturan yang Benar Minum Teh Hijau Untuk Diet

3. Timun atau Kentang

bintitan pada anak-3.jpg

Selain dengan sesuatu yang hangat, meletakkan sesuatu yang dingin dan menyegarkan di kelopak mata dapat membuat bintitan tidak terlalu mengganggu.

Irisan mentimun dingin sangat cocok untuk memberikan kelembapan yang dingin dan membantu mengurangi peradangan dan iritasi mata.

Cukup iris mentimun atau kentang dari lemari es, dan letakkan pada mata tertutup yang memiliki bintitan selama sekitar 10 menit.

Nah, itulah cara alami yang bisa Moms gunakan untuk mengatasi bintitan pada anak. Mana yang pernah Moms lakukan?

(AP/DIN)

Artikel Terkait