PERNIKAHAN & SEKS
3 Oktober 2019

3 Hal yang Harus Dilakukan setelah Berhubungan Seks

Jangan sampai ada yang terlewat ya Moms!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Seks tak hanya aktivitas satu arah. Seks adalah aktivitas fisik kompleks yang membutuhkan berbagai proses, mulai dari foreplay, orgasme, hingga resolusi.

Kita semua tahu seks itu penting untuk hubungan rumah tangga, tapi apakah kita juga tahu bahwa seks yang sehat tak langsung berhenti ketika orgasme selesai? Seks yang sehat akan berlanjut meskipun sudah orgasme, namun dalam bentuk beberapa aktivitas lain.

Apa pun aktivitas setelah seks Moms, entah itu pakai baju lagi atau pun kembali tidur, namun menurut banyak ginekolog, apa yang dilakukan setelah melakukan seks sebenarnya penting untuk kesehatan reproduksi kita.

Lantas apa saja yang sebaiknya dilakukan setelah berhubungan seks?

Baca Juga: Tips Anti Canggung Membahas Seks dengan Suami

Buang Air Kecil Sesaat setelah Berhubungan Seks

3 Hal yang Bisa Dilakukan Setelah Melakukan Seks 1.png

Foto: bigeye.ug

Buang air kecil setelah berhubungan seks bisa mencegah Moms mengalami UTI atau infeksi saluran kemih. Menurut urolog asal New York City, David Kaufman, MD, ketika wanita buang air kecil setelah berhubungan seks, maka bakteri yang berada di sekitar vagina akan keluar.

Bakteri memiliki kemampuan untuk menempelkan diri mereka ke saluran kencing sehingga bisa berpotensi menimbulkan infeksi. Ditambah, vagina adalah permukaan yang memiliki lubrikasinya sendiri dan juga memiliki bakteri sehatnya sendiri.

Membersihkan Area Intim setelah Berhubungan Seks

3 Hal yang Bisa Dilakukan Setelah Melakukan Seks 2.jpg

Foto: andhra99.com

Hindari membersihkan area intim menggunakan sabun dengan pewangi aroma pekat dan pembersih vagina yang mengandung pemutih. Gunakan air hangat dan sabun yang lembut (biasanya sabun bayi) untuk membersihkan area vulva.

Membersihkan dengan sabun yang mengandung pewangi biasanya akan mengiritasi area vagina. Membersihkan area intim setelah berhubungan seks adalah hal yang penting karena saat berhubungan seks, terlebih dengan oral seks, akan ada pertukaran bakteri di bawah sana.

Meskipun sudah buang air kecil setelah berhubungan seks, tak ada salahnya juga kan jika membersihkannya sekalian.

Baca Juga: 5 Cara Panaskan Ranjang dengan Ciuman Saat Seks

Periksa Apakah Ada Pendarahan yang Muncul setelah Berhubungan Seks

3 Hal yang Bisa Dilakukan Setelah Melakukan Seks 3.jpg

Foto: oprah.com

Kita harus selalu mengenali tubuh kita sebaik mungkin sehingga kita tak boleh melewatkan adanya perubahan di tubuh. Periksa apakah ada pendarahan di vagina atau rasa nyeri setelah berhubungan seks.

Jangan abaikan pendarahan tak normal setelah berhubungan seks, karena bisa menjadi indikasi infeksi atau gangguan seksual lainnya. Jika ada bercak darah, segera konsultasikan dengan dokter kandungan terdekat untuk mendapatkan penanganan medis dengan baik.

Baca Juga: 5 Makanan Peningkat Gairah Seksual yang Wajib Dicoba

Nah, itulah beberapa hal yang harus dilakukan setelah berhubungan seks. Jangan ada yang terlewat ya Moms!

(SN)

Artikel Terkait