KESEHATAN
26 Oktober 2019

3 Manfaat Mandi Garam Epsom untuk Anak, Patut Dicoba!

Bisa mengobati berbagai kondisi kulit yang dialami oleh anak
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Banyak orang tua khawatir tentang kesejahteraan anak mereka, sehingga selalu berhati-hati dalam mengambil setiap langkah yang mungkin untuk memastikan bahwa anak tumbuh dengan sehat.

Mulai dari menyediakan berbagai nutrisi yang tepat, menanamkan kebiasaan baik dan membangun hobi serta minat anak, setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya.

Memandikan anak juga merupakan langkah penting untuk menjaga kesehatan Si Kecil lho Moms. Salah satu cara kita dalam memastikan kesehatannya adalah dengan memberi anak mandi garam Epsom.

Baca Juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mandi

Dilansir dari laman Firstcry Parenting, garam epsom atau magnesium sulfat adalah mineral yang telah banyak digunakan untuk pengobatan selama berabad-abad di seluruh dunia. Jenis garam ini kaya akan berbagai komponen detoksifikasi termasuk magnesium yang diketahui memiliki manfaat obat.

"Magnesium dikenal untuk meningkatkan relaksasi, mengurangi peradangan, dan membantu fungsi otot dan saraf," kata Corinne Croce, pendiri Body Evolved, sebuah studio terapi fisik di New York City.

Lalu apa saja manfaat dari mandi garam epsom ini untuk anak? Berikut manfaatnya.

1. Mengurangi Peradangan

mandi garam epsom

Dikatakan bahwa manfaat potensial dari garam Epsom, yang membuatnya wajib dilakukan pada anak-anak adalah mengurangi peradangan. Moms bisa mencobanya dengan merendam kaki anak.

Baca Juga: Mengenal Rhinitis Alergi, Peradangan di Rongga Hidung Akibat Alergi

"Magnesium membantu mengurangi peradangan pada lapisan endotel kulit, yang dapat membantu menyembuhkan lepuh pada kulit," kata Dendy Engelman, direktur bedah dermatologis di Rumah Sakit Metropolitan di New York City.

2. Membantu Menguatkan Otot Anak

mandi garam epsom

Mandi garam Epsom biasanya digunakan untuk membantu atlet pulih dari kelelahan dan kerusakan otot.

Dikutip dari Firstcry Parenting, efek yang sama juga dapat terjadi atau bermanfaat bayi Moms yang sedang tumbuh tentunya.

3. Menenangkan Kulit

mandi garam epsom

Bayi khususnya, terkenal rentan mengalami banyak masalah kulit. Dilansir dari laman Medical News Today, mandi garam Epsom ini dapat melembutkan kulit anak yang kasar, kering, dan melepaskan sel kulit mati.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menghaluskan Kulit Siku dan Lutut yang Kasar

Mandi ini juga dapat menenangkan kulit anak yang terkena kondisi kulit, termasuk eksim dan psoriasis. Namun jika Moms masih ragu, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter anak, sebelum memandikan Si Kecil.

Nah, melihat dari berbagai manfaat mandi garam Epsom untuk anak, tertarik kah Moms untuk mencoba?

(AWD/DIN)

Artikel Terkait