2-3 TAHUN
9 Januari 2019

3 Tips Melindungi Balita dari Kuman Binatang Peliharaan

Jangan sampai kuman binatang peliharaan mengganggu kesehatan Si Kecil
Artikel ditulis oleh Prita Apresianti
Disunting oleh Prita Apresianti


Moms, sudahkah melakukan sesuatu untuk melindungi balita dari kuman binatang peliharaan di rumah?

Walaupun sudah divaksinasi dan selalu dijaga kebersihannya, risiko penularan kuman penyakit binatang peliharaan pada balita tetap saja ada. Mulai dari iritasi kulit, infeksi, hingga gangguan saluran pernapasan bisa menimpa balita lho, Moms.

Untuk melindungi balita dari kuman binatang peliharaan, tidak ada salahnya kalau Moms mencoba beberapa tips di bawah ini.

Ketatkan Aturan Cuci Tangan

3 tips melindungi balita dari kuman binatang peliharaan 1

Foto: Potraitsimple.com

Cara paling sederhana sekaligus paling efektif untuk melindungi balita dari kuman binatang peliharaaan adalah selalu mencuci tangan setelah menyentuh binatang peliharaan.

Walau terlihat sepele, mencuci tangan dengan air dan sabun anti kuman sangat ampuh untuk mencegah kuman dan bakteri dari binatang peliharaan masuk ke tubuh balita.

Apalagi kuman dan bakteri binatang peliharaan tidak hanya berasal dari bulu, tapi juga terdapat di  air liur, cakar, dan kotorannya.

Jadi selalu sediakan sabun anti kuman di wastafel dan kamar mandi serta ganti lap tangan secara rutin agar bakteri tidak menumpuk ya, Moms.

Baca Juga: Jangan Salah Langkah, Ini Cara Mencuci Tangan yang Benar

Jaga Jarak & Selalu Bersihkan Binatang Peliharaan

3 tips melindungi balita dari kuman binatang peliharaan 2

Foto: Thelabradorsite.com

Walau ada risiko penularan kuman dan bakteri, bukan berarti balita dan binatang peliharaan harus dipisahkan.

Yang terpenting adalah menjaga jarak pada waktu tertentu, seperti saat binatang peliharaan sedang mandi atau buang air.

Saat sedang mandi, kuman pada bulu dan air liur binatang peliharaan akan saling bercampur, sehingga risiko balita terkena akan semakin besar.

Begitu juga saat binatang peliharaan sedang buang air, baik di dalam maupun di luar rumah. Kotorannya mengandung ratusan kuman berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit serius.

Apalagi kalau binatang peliharaan tersebut punya kebiasaan menggali atau mencium kotorannya, lebih baik jauhkan dulu dari Si Kecil ya, Moms.

Baca Juga: Suka Pelihara Anjing atau Kucing? Kenali Bahaya Bulu Hewan Untuk Kesehatan

Buat Ruang Khusus

3 tips melindungi balita dari kuman binatang peliharaan 3

Foto : Romper.com

Nah, tips terakhir untuk melindungi balita dari kuman binatang peliharaan adalah dengan menyediakan ruang atau area khusus untuk tempat balita dan binatang peliharaan bermain.

Untuk meminimalisir resiko penularan kuman, pastikan ruang khusus ini jauh dari tempat tidur dan tempat buang air binatang peliharaan. Jangan lupa bersihkan secara rutin area ini ya, Moms.

Baca Juga : 4 Jenis Binatang Yang Cocok Untuk Peliharaan Balita

Selama kebersihan tubuh, kandang, makanan, serta lingkungan, interaksi balita dan binatang peliharaan sebenarnya aman kok, Moms. Jadi, apa saja yang sudah Moms lakukan untuk melindungi balita dari kuman binatang peliharaan?

(WA)

Artikel Terkait