RESEP
25 Juli 2019

4 Cara Mencegah Apel Kecokelatan, Mudah Dilakukan!

Memakai perasan jeruk nipis memang mudah, tapi bisa menambah rasa asam pada apel
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Dina Vionetta

Buah memang paling lezat jika dimakan masih dalam keadaan segar. Jika terlalu lama meletakkan buah yang sudah siap disajikan, maka buah akan membusuk. Termasuk buah keras seperti apel.

Apel akan mengalami proses oksidasi, yang membuat penampilannya semakin cokelat, bila sudah dipotong. Ini karena setelah kulit pelindung dipotong, oksigen di udara mulai bereaksi dengan enzim yang dilepaskan dari daging buah.

Ada beberapa cara mencegah apel kecokelatan yang sudah terlanjur dipotong, dikutip dari para kontributor Eat by Date, komunitas online yang berfokus pada keamanan makanan.

Yuk, segera disimak.

1. Menggunakan Jeruk Nipis/Lemon

lemon

Cara ini mudah dilakukan, cukup dengan memotong lemon, lalu peras lemon tersebut di atas buah segar yang baru dipotong.

Perasan lemon atau jeruk nipis akan memperlambat proses oksidasi, tetapi bisa menambahkan sedikit rasa asam pada buah apel.

Baca Juga: 5 Olahan Buah Apel yang Unik dan Enak, Wajib Dicoba!

2. Celupkan ke Madu

madu

Cara ini tidak menjadikan apel menjadi asam, dan juga mudah dilakukan. Moms cukup campurkan 1 sendok makan madu dengan 1/2 gelas air, lalu celupkan ke potongan buah apel segar.

Diamkan sekitar 1-2 menit dan kemudian angkat apel dari campuran air dan madu tersebut. Moms dapat menggunakan kembali air madu pada beberapa buah.

Tetapi ingat, jangan lakukan cara ini untuk buah-buahan yang akan dikonsumsi anak di bawah 2 tahun karena bayi tidak boleh mengonsumsi madu.

3. Jaga Tetap Kedap Udara

wadah kedap.jpg

Karena proses oksidasi terjadi akibat udara, maka cara selanjutnya dalam mencegah apel kecokelatan adalah dengan menyimpan apel yang dipotong dalam wadah kedap udara.

Jika menggunakan kantong plastik, pastikan untuk mengeluarkan sebanyak mungkin udara yang terperangkap. Bila, menyajikannya dalam mangkuk, bungkus rapat dengan plastic wrap pada saat menutupinya.

Baca Juga: Kenapa Bayi Tidak Boleh Makan Madu?

4. Ganti Pisau

Peralatan makan ada yang mengalami proses korosi, seperti pisau baja yang berkualitas rendah. Hal ini juga dapat meningkatkan proses oksidasi pada apel.

Karenanya, bila diketahui pisau Moms tak layak lagi dipakai, segera ganti pisau untuk memotong buah segar untuk menghindari cepatnya proses oksidasi.

Nah, itu dia Moms cara mudah mencegah apel kecokelatan dan supaya tidak mudah membusuk. Selamat mencoba!

(AP)

Artikel Terkait