KESEHATAN
8 Mei 2020

4 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Secara Alami dan Sehat

Sperma yang sehar datang dari gaya hidup yang sehat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Tahukah bahwa kesehatan sperma terkait dengan kesehatan tubuh kita secara keseluruhan?

Selain masalah dengan kehamilan, kualitas dan kuantitas sperma yang tidak sehat terkait dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi, kanker, dan penyakit jantung.

Baca Juga: Ini 4 Jenis Olahraga yang Tidak Disarankan untuk Penderita Penyakit Jantung

Sperma yang sehat adalah faktor penting dalam kesuburan pria. Jika Moms dan pasangan mencoba untuk memiliki anak, hal yang dapat meningkatkan kualitas sperma adalah dengan memilih makanan yang tepat dan gaya hidup sehat.

Berdasarkan pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), para ahli menganggap jumlah sperma yang sehat adalah 15 juta per mililiter (ml), atau setidaknya 39 juta per ejakulasi.

Meningkatkan Kualitas Sperma

Agar kuantitas dan kualitas sperma yang sehat bisa tejaga dengan baik, cara meningkatkan kualitas sperma bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

1. Olahraga

cara meningkatkan kualitas sperma

Foto: Orami Photo Stock

Mencoba rutinitas olahraga bisa menjadi cara meningkatkan kualitas sperma yang bagus, sederhana, murah dan efektif pada pria yang tidak aktif.

Beberapa alasan mengapa olahraga dapat membantu meningkatkan kualitas sperma adalah karena olahraga bisa membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan keseimbangan hormon.

Hormon testosteron, misalnya, sangat penting untuk pembuatan sperma dan olahraga memang mempengaruhi hormon tersebut.

Baca Juga: Selain Makan Sehat, 5 Hal Ini Memaksimalkan Kualitas Sperma

2. Menjaga Berat Badan

cara meningkatkan kualitas sperma

Foto: Orami Photo Stock

Kelebihan berat badan adalah salah satu masalah penyebab ketidaksuburan pria dan wanita dan kesehatan embrio.

Menurut jurnal artikel yang diterbitkan oleh Harvard School of Public Health, kelebihan berat badan atau obesitas dapat mengurangi jumlah sperma dan bahkan menyebabkan seorang pria tidak memiliki sperma sama sekali. Makanya menurunkan berat badan adalah salah satu cara meningkatkan kualitas sperma.

3. Tidur Cukup

cara meningkatkan kualitas sperma

Foto: Orami Photo Stock

Kurang tidur memang dapat mengganggu kesehatan sperma, tetapi terlalu banyak tidur juga dapat membahayakan kesehatan sperma. Waktu tidur yang terlambat serta durasi tidur pendek dan panjang dikaitkan dengan gangguan kesehatan sperma.

Terlalu sedikit dan terlalu banyak tidur juga dikaitkan dengan prevalensi penyakit jantung koroner, stroke, dan diabetes yang lebih tinggi, selain obesitas dan tekanan mental yang sering, dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki 7-8 jam tidur malam.

Baca Juga: 5 Alasan Ibu Hamil Harus Cukup Tidur, Simak di Sini!

4. Makanan yang Mengandung Folat

cara meningkatkan kualitas sperma

Foto: Orami Photo Stock

Folat adalah vitamin B yang telah dikaitkan dengan Sumber terpercaya untuk kesehatan sperma. Jumlah folat yang rendah dikaitkan dengan rusaknya DNA sperma, kepadatan sperma yang lebih rendah, dan jumlah sperma yang lebih rendah.

Makanan yang mengandung folat antara lain sayuran berdaun hijau, buah-buahan dan jus buah, kacang-kacangan, biji-bijian dan roti.

Itu da beberapa cara meningkatkan kualitas sperma yang bisa dicoba dengan mudah.

Artikel Terkait