KESEHATAN
6 Desember 2019

4 Cara Mencegah Penularan Hepatitis A, Penyakit yang Sedang Mewabah di Depok

Rajin menjaga kesehatan adalah kunci terhindari dari virus hepatitis A
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Berita tentang puluhan murid dari Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 20 Depok, Jawa Barat yang positif mengidap hepatitis A nampaknya masih ramai menjadi pembicaraan.

Terjangkitnya hepatitis A pada siswa di SMPN 20 Depok sudah dikonfirmasi oleh pihak Dinas Kesehatan Kota Depok, yang mengatakan bahwa kejadian ini merupakan KLB parsial.

"Dari ratusan murid, yang sudah positif terindikasi ada 20-an anak. Sisanya baru gejala-gejala yang mirip dan ada 40-an yang sempat dirawat," kata Novarita, Kepala Dinkes Kota Depok, mengutip Viva News.

Cara Mencegah Penularan Hepatitis A

Hepatitis A merupakan penyakit yang disebabkan oleh serangan dari virus hepatitis A. Namun, penyakit ini bisa dicegah. Ketahui cara mencegah penularan hepatitis A yang bisa dilakukan berikut ini.

Baca Juga: Ibu Hamil Menderita Hepatitis B, Apakah Menurun Pada Bayi?

1. Rajin Mencuci Tangan

cara mencegah hepatitis a-1.jpeg

Foto: deseret.com

Kunci cara mencegah penularan hepatitis A adalah dengan menjaga kebersihan. Salah satunya rutin mencuci tangan. Mengutip Mayo Clinic, gosok dengan kuat setidaknya 20 detik, bilas bersih, dan keringkan tangan dengan handuk sekali pakai.

Rutin cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun, terutama setelah menggunakan kamar mandi, atau ketika menyentuh darah, tinja, atau cairan tubuh orang lain yang terinfeksi.

2. Cermati Makanan yang Dikonsumsi

cara mencegah hepatitis a-2.jpg

Foto: cookinglight.com

Cara mencegah penularan hepatitis A lainnya adalah dengan memilah jenis makanan yang dikonsumsi dengan menghindari makanan mentah, dan pastikan untuk mengonsumsi makanan yang dimasak dengan matang.

Air minum yang diminum setidaknya merupakan air dalam kemasan, atau rebus air untuk minum terlebih dahulu setidaknya pada suhu 85 derajat Celcius selama minimal 1 menit.

Jika seseorang terinfeksi hepatitis A, jangan melakukan kegiatan memasak untuk mengurangi risiko menyebarkan virus hepatitis A ke orang lain.

Baca Juga: Ibu Mengidap Hepatitis B, Amankah untuk Menyusui?

3. Menghindari Aktivitas Seksual

cara mencegah hepatitis a-3.jpg

Foto: youworkforthem.com

Cara mencegah penularan hepatitis A selanjutnya adalah menghindari aktivitas seksual. Mengutip jurnal Sexually Transmitted Infection, disebutkan bahwa virus hepatitis A dapat menular secara seksual dalam hubungan homoseksual pria dalam kondisi tertentu.

Selain itu, hindari semua aktivitas seksual jika menderita hepatitis A. Banyak jenis aktivitas seksual yang dapat menyebarkan infeksi pada pasangan. Penggunaan kondom tidak memberikan perlindungan yang baik sebagai cara mencegah hepatitis A .

Baca Juga: Moms, Pahami Dampak Hepatitis B Pada Ibu Hamil

4. Melakukan Vaksinasi

cara mencegah hepatitis a-4.jpg

Foto: chicago.suntimes.com

Cara mencegah penularan hepatitis A selanjutnya adalah melakukan vaksinasi. Melakukan vaksinasi adalah cara mencegah hepatitis A lain yang bisa dilakukan. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan vaksin hepatitis A rutin untuk:

  • Orang tunawisma
  • Orang berisiko tinggi terhadap infeksi
  • Orang yang berisiko mengalami komplikasi akibat hepatitis A
  • Setiap orang yang ingin mendapatkan kekebalan baik terhadap virus

Vaksin hepatitis A diberikan sebanyak dua dosis, dengan jarak waktu pemberian 6 hingga 12 bulan. Namun, kebanyakan orang akan memiliki tingkat antibodi yang baik dalam 1 bulan setelah dosis tunggal, dan dosis kedua bertindak sebagai penguat.

Nah, itu dia beberapa cara mencegah penularan hepatitis A yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terpapar virus hepatitis A.

Artikel Terkait