DI ATAS 5 TAHUN
12 Maret 2018

4 Makanan dan Minuman Yang Memengaruhi Kebiasaan Mengompol Anak

Air bukanlah satu-satunya penyebab ngompol lho, Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Bagi anak-anak usia 4 tahun ke atas, mengompol merupakan kebiasaan yang perlu dihentikan. Mereka dinilai cukup mampu untuk menangkap sinyal tubuhnya saat merasa ingin buang air dan mengutarakannya pada orang lain.

Selain memberlakukan jam-jam buang air kecil, orang tua perlu memahami penyebab lain munculnya gangguan mengompol saat usia anak-anak semakin bertambah.

Air bukanlah satu-satunya penyebab ngompol lho, Moms. Tanpa disadari ada beberapa makanan anak yang dapat memicu produksi urine yang berlebihan sehingga mengakibatkan anak-anak mengompol.

1. Kafein

Baik yang terdapat dalam makanan atau minuman, kafein merupakan kandungan yang bisa memicu produksi urine yang berlebih pada kantung kemih. Hal ini tidak jadi masalah jika terjadi pada pagi atau siang hari, mereka masih bisa meminta tolong diantar ke kamar mandi.

Namun jika berlangsung malam hari, mereka terlalu lelap untuk bangun lalu pergi ke toilet. Karena itu sebaiknya hindarilah pemberian kafein pada anak-anak pada sore hingga malam hari.

“Tetapi anak saya tidak pernah minum kopi tuh.” Mungkin ada yang beranggapan demikian. Tahukah Moms, kafein tidak hanya terdapat pada kopi saja?

Teh, minuman bersoda, dan coklat ternyata juga mengandung kafein. Anak-anak sangat menyukainya bukan? Batasilah konsumsi mereka pada makanan dan minuman tersebut untuk mengurangi kebiasaan mengompolnya.

2. Makanan berair

Selain berkafein, makanan anak yang mengandung banyak air juga dapat memicu produksi urine berlebih.

Makanan tersebut antara lain sup, yogurt, buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air, misalnya semangka atau melon.

Baca Juga : Tips Agar Anak Berhenti Mengompol

3. Gula

Kandungan gula yang berlebihan pada makanan dan minuman yang dikonsumsi anak-anak juga dapat memicu produksi air seni berlebih.

Bagaimana dengan minuman susu yang setiap hari dikonsumsi anak-anak? Pada anak-anak yang memiliki gangguan mengompol tersebut sebaiknya diberikan susu dengan kandungan gula rendah, setidaknya saat sore hingga malam hari.

4. Makanan penyebab alergi

Sumber makanan yang seringkali menimbulkan alergi pada anak-anak antara lain kedelai, telur, jagung, coklat, kacang, gula, sitrun, gandum dan susu sapi.

Sebenarnya bukan makanan-makanan tersebut yang dapat menyebabkan ompol, tetapi bentuk alergi yang ditimbulkan dari mengonsumsi sumber-sumber makanan tersebut dapat berupa air seni yang berlebihan.

Jadi, mulai saat ini, sebaiknya jauhkan makanan dan minuman di atas sebelum Si Kecil tidur ya, Moms.

Artikel Terkait