2-3 TAHUN
19 Juli 2019

4 Manfaat Fingerplay (Bernyanyi Sambil Menggerakkan Jari) Bagi Balita

Aktivitas menyenangkan untuk dukung perkembangan bahasa dan motorik balita
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms mungkin sudah pernah memainkannya semasa kecil dulu, tapi apa Moms tahu kalau manfaat fingerplay ternyata baik untuk perkembangan balita?

Seperti dituliskan oleh Dr. Robyn Floyd pada situs Active Babies Smart Kids, yang dimaksud dengan fingerplay adalah gerakan jari atau tubuh tertentu yang berhubungan dengan lirik lagu anak, nada, atau cerita.

Hompimpa, Tepuk Pramuka, Ampar Ampar Pisang, Topi Saya Bundar, dan Kepala Pundak Lutut Kaki adalah beberapa contoh lagu anak dan nada yang biasa dinyanyikan sambil melakukan gerakan jari maupun tubuh.

Selain menyenangkan dan menghibur, perhatikan dulu beberapa manfaat fingerplay bagi perkembangan balita ini ya, Moms.

1. Stimulasi Multisensori

4 Manfaat Fingerplay (Bernyanyi Sambil Menggerakkan Jari) Bagi Balita 01.jpg

Foto: blog.asha.org

Bernyanyi sambil menggerakkan tangan dan jari sesuai dengan lirik dalam lagu menjadikan fingerplay sebagai salah satu bentuk aktivitas multisensori yang menggunakan beberapa indra sekaligus, seperti penglihatan, pendengaran, sekaligus gerakan.

Itu artinya manfaat fingerplay dapat dirasakan oleh semua balita terlepas dari gaya belajarnya, baik visual, auditori, maupun kinestetik.

Baca Juga: 4 Jenis Permainan yang Mama Bisa Lakukan Bersama Balita 24-36 Bulan

2. Mendukung Persiapan Belajar Membaca

4 Manfaat Fingerplay (Bernyanyi Sambil Menggerakkan Jari) Bagi Balita 02.jpg

Foto: sunbeamchristian.org

Ada manfaat fingerplay yang cukup menarik dalam studi yang dilakukan oleh peneliti KY Hill-Clarke dan NR Robinson nih, Moms. Dikatakan kalau sering mengulang nada atau lagu anak sambil melakukan gerakan dapat meningkatkan kemampuan membaca balita.

Namun bukan hanya itu, belajar ritme atau lagu baru sambil menggerakkan jari juga dapat memperkuat aksen dan pengucapan kosakata serta memperkuat pemahaman dan kemampuan menghapalnya.

Senada dengan hasil studi tadi, Sally Shaywitz dalam bukunya yang berjudul Overcoming Dyslexia juga merekomendasikan aktivitas fingerplay untuk menguatkan kemampuan bahasa pada balita yang kesulitan saat belajar membaca atau memiliki kecenderungan disleksia.

3. Menguatkan Kemampuan Bahasa dan Bicara

4 Manfaat Fingerplay (Bernyanyi Sambil Menggerakkan Jari) Bagi Balita 03.jpg

Foto: parents.com

Belajar lirik lagu anak baru saat fingerplay sudah pasti akan memperkaya perbendarahaan kata buah hati ya, Moms. Namun manfaat fingerplay bagi perkembangan bahasa dan bicara balita tidak berhenti sampai disitu.

Fingerplay juga membantu mengembangkan kesadaran fonemik, yaitu keterampilan untuk membagi dan memanipulasi suara, yang merupakan salah satu faktor penting untuk mendukung balita belajar membaca.

Selain itu, fingerplay juga baik untuk melatih balita mendengar aktif, memahami kata, serta mengucapkan huruf vokal dan konsonan dengan benar.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Mencegah Si Kecil Tumbuh Menjadi Balita Manja

4. Melatih Motorik Halus

4 Manfaat Fingerplay (Bernyanyi Sambil Menggerakkan Jari) Bagi Balita 04.jpg

Foto: healthfully.com

Gerakan jari dan tubuh saat bernyanyi juga memberikan manfaat fingerplay lain yang tidak kalah penting, yaitu melatih sekaligus menguatkan motorik halus balita.

Kemampuan motorik halus itu bukan cuma penting untuk membantu Si Kecil belajar menulis saja, tapi juga melatih balita lebih mandiri dengan melakukan berbagai aktivitas harian seperti membuka lembaran buku, mandi, atau memakai baju sendiri.

Baca Juga: Seru dan Menyenangkan! Ini 4 Manfaat Permainan Simbolik untuk Balita

Apa lagi ya Moms, lagu anak tradisional yang biasa dinyanyikan sambil melakukan gerakan tangan khusus?

(WA)

Artikel Terkait