BALITA DAN ANAK
6 September 2019

4 Manfaat Kursus Menyanyi Untuk Anak

Ternyata baik untuk fisik, emosional, dan kognitif anak
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Meski tidak berniat menjadikan anak seorang penyanyi profesional, ikut kursus benyanyi ternyata bisa memberikan banyak manfaat positif bagi kepribadian, pendidikan, dan tumbuh kembangnya lho, Moms.

Kalau bernyanyi biasa saja sudah bisa memberikan banyak manfaat positif bagi kemampuan bermusik, fisik, psikologis, serta pendidikan anak.

Apalagi manfaat yang akan dirasakan anak dari ikut kursus menyanyi dan mulai berlatih olah vokal secara serius?

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengenalkan Musik Pada Balita

1. Meningkatkan Fungsi Pernapasan dan Jantung

4 Manfaat Kursus Menyanyi Untuk Anak 1.jpg

Foto: Savvy.is

Menurut Graham Frederick Weich, profesor pendidikan musik di University College London, bernyanyi adalah salah satu aktivitas aerobik yang sangat baik untuk meningkatkan fungsi kardiovaskuler, mengurangi stress, serta kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Selain itu, gerakan dinamis di sekitar area toraks serta otot besar di bagian atas tubuh yang semakin terkendali saat anak ikut kursus menyanyi ternyata sangat baik bagi struktur dan mekanisme pernapasan.

Nah, aliran udara yang baik di saluran pernapasan atas ternyata juga dapat mengurangi resiko berkembangnya bakteri penyebab penyakit demam atau flu lho, Moms.

2. Meningkatkan Pengenalan dan Kepercayaan Diri

4 Manfaat Kursus Menyanyi Untuk Anak 2.jpg

Foto: La-ti-daproductions.com

Kursus menyanyi menuntut anak untuk sering mendengarkan dan mengevaluasi suara serta ekspresi dirinya saat bernyanyi.

Ditambah dengan perhatian dari pelatih vokal serta kemampuan olah vokal yang semakin baik, anak akan lebih santai dan nyaman dengan dirinya sendiri, sehingga lebih percaya diri dalam bernyanyi, bergaul, dan mengekspresikan diri.

Baca Juga: 4 Manfaat Istimewa Musik Untuk Perkembangan Anak

3. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

4 Manfaat Kursus Menyanyi Untuk Anak 3.jpg

Foto: Videoblocks.com

Dalam studi yang dilakukan oleh Chorus America, terbukti kalau anak yang sering bernyanyi memiliki kemampuan akademis serta perkembangan emosional yang lebih baik.

Aktivitas bermusik seperti kursus bernyanyi juga terbukti sangat baik bagi struktur otak dan kemampuan kognitif anak, seperti menstimulasi berkembangnya hubungan saraf baru dan meningkatkan volume korteks.

Dikutip dari situs nearsay.com, kursus menyanyi itu baik untuk meningkatkan fungsi serta koordinasi otak kiri dan otak kanan, juga dapat mengenalkan anak pada konsep matematika dan sains seperti rasio, pembagian, berhitung, dan mengurutkan.

Nah, itulah kenapa kursus menyanyi dan latihan olah vokal secara serius dapat membantu otak anak belajar, menyerap informasi, serta mengolah huruf dan angka secara lebih efisien.

4. Meningkatkan Kemampuan Bahasa dan Komunikasi

4 Manfaat Kursus Menyanyi Untuk Anak 4.jpg

Foto: Winterparkmusicacademy.com

Saat kursus menyanyi, anak akan dilatih menggunakan diksi, artikulasi, serta kendali volume dan intonasi suara dengan baik.

Bernyanyi juga mendorong anak untuk lebih terampil menggunakan komunikasi non-verbal melalui mimik wajah, gestur tangan, dan bahasa tubuh agar pesan dalam lagu bisa diterima dengan baik oleh pendengarnya.

Semua hal tadi bukan hanya akan membuat anak dapat berbicara dengan baik, percaya diri, dan efektif, tapi juga meningkatkan kemampuan mendengar aktif serta lebih peka mengenali isyarat komunikasi non-verbal.

Oh ya Moms, sering berlatih dengan lagu berbahasa asing saat kursus menyanyi juga cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan Si Kecil dalam penggunaan bahasa tersebut.

Setelah melihat berbagai manfaat tidak terduga di atas, apa Moms tertarik untuk mengajak Si Kecil ikut kursus menyanyi?

(WA)

Artikel Terkait