KESEHATAN
12 Juni 2019

4 Penyakit yang Timbul karena Sering Ngemil Tengah Malam

Dampaknya tak hanya sekadar kenaikan berat badan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apakah Moms gemar makan camilan di malam hari atau bahkan tengah malam? Ternyata kebiasaan tersebut bisa berdampak buruk lho Moms.

Ada penyebab mengapa seseorang merasa lapar di malam hari, salah satunya karena menu makan yang kurang kalori di siang hari.

Biasanya hal ini dimulai dengan melewatkan sarapan, makan siang porsi kecil, lalu dampaknya pada jam 8 malam Moms akan memakan segala sesuatu yang ada di kulkas, atau terbangun di malam hari dan mengidam makanan.

Sulit menjaga keseimbangan hormon, karena membutuhkan hal-hal vital seperti pola tidur yang sehat, respons terhadap stres, dan pengaturan nafsu makan.

Jika tidak memiliki pola hidup sehat, ini memberikan pengaruh terhadap kenaikan berat badan. Seseorang yang makan di malam hari lebih mungkin menderita depresi, rendah diri, dan insomnia.

Karenanya, ada beberapa dampak yang bisa terjadi pada tubuh bila Moms kerap makan kudapan di malam hari. DIkutip dari Ndtv.com, ada beberapa penyakit yang timbul karena sering ngemil tengah malam. Apa saja? Yuk kita lihat daftarnya!

Baca Juga: 10 Cara Tidak Ngemil Lagi Setelah Makan Malam

1. Berat Badan Naik

Menurunkan Berat Badan.jpg

Penyakit yang timbul karena sering ngemil tengah malam yang pertama adalah kenaikan berat badan. Kemampuan Moms untuk menambah atau menurunkan berat badan tidak hanya tergantung pada asupan kalori, tetapi juga waktu makan.

Karena kalori yang Moms konsumsi pada jam-jam larut kemungkinan besar akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh, demikian mengarah pada peningkatan berat badan.

2. Tingkat Memori dan Konsentrasi yang Buruk

hero penyebab sakit kepala

Penyakit yang timbul karena sering ngemil tengah malam yang selanjutnya adalah penurunan memori dan konsentrasi.

Bukan hanya pinggang yang menderita ketika terlambat makan malam, tetapi makan larut malam juga berbahaya bagi kesehatan otak.

Waktu makan memiliki efek luas pada fisiologi dan perilaku otak. Pola makan yang tidak teratur memengaruhi sistem sirkadian, yang pada gilirannya memengaruhi kemampuan otak untuk belajar, konsentrasi, dan menghafal.

Baca Juga: Buah Anggur, Camilan Sehat untuk Bayi

3. Refluks Asam

sakit lambung

Penyakit yang timbul karena sering ngemil tengah malam yang selanjutnya adalah refluks asam. Makan sesaat sebelum tidur dapat meningkatkan risiko sakit jantung, keasaman, nyeri dada bagian tengah, atau refluks asam malam hari.

Ketika perut mengalami kesulitan mencerna makanan saat berbaring di tempat tidur, tekanan metabolisme makanan dapat menyebabkan melonggarnya Lower Esophageal Sphincter (LES).

Ini memungkinkan makanan yang tidak tercerna, dan asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan. Setidaknya berhenti sekitar dua jam usai makan sebelum tidur, untuk mencegah refluks di malam hari.

4. Gula Darah Meningkat

5 Aturan Berpuasa untuk Penderita Diabetes agar Tetap Segar dan Lancar 1.jpg

Penyakit yang timbul karena sering ngemil tengah malam yang selanjutnya adalah gula darah. Malam hari adalah waktu yang paling tidak efisien bagi tubuh untuk menggunakan insulin agar bisa mengendalikan perubahan gula darah, melansir dari University Health News.

Kadar glukosa tertinggi pada tubuh yaitu saat makan dikonsumsi pada sore hari. Para peneliti menyarankan menghindari makan dengan indeks glikemik tinggi di malam hari.

Hal ini untuk menghindari efek negatif dan peningkatan risiko penyakit yang terkait dengan gula darah tinggi, salah satunya diabetes.

Nah, itulah beberapa penyakit yang timbul karena sering ngemil tengah malam. Masih mau ngemil tengah malam Moms?

Artikel Terkait