BAYI
21 Agustus 2019

4 Tanda Bayi Siap MPASI

Selain usia, beberapa perkembangan juga dapat menjadi tanda kesiapan bayi untuk menerima MPASI.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Memberikan bayi MPASI mungkin merupakan pencapaian Si Kecil yang paling Moms tunggu-tunggu.

Beragam ide resep MPASI sudah Moms siapkan, namun apakah Si Kecil yang sudah siap untuk merasakan makanan padat pertamanya?

Cek apa saja tanda bayi siap untuk mendapatkan MPASI berikut ini.

1. Usia & Berat Badan Cukup

1 Usia & Berat Badan Cukup.jpg

Foto: giantmommy.com

Dikutip dari momtastic.com, American Academy of Pediatrics merekomendasikan orang tua untuk mulai memperkenalkan bayi MPASI saat usianya mencapai enam bulan.

Selain itu, sinyal kesiapan bayi mendapatkan MPASI juga dapat dilihat dari berat badan bayi, yang sudah mencapai dua kali berat lahir dan setidaknya telah mencapai enam kilogram.

Jika tanda-tanda bayi siap MPASI sudah terlihat, namun Si Kecil belum tertarik dan menolak makanan padat pertamanya, maka Moms tidak perlu khawatir dan terlalu memaksanya.

“Tidak perlu terburu-buru, ASI dan susu formula tetap menjadi sumber nutrisi utama bayi hingga usia satu tahun,” ungkap ahli nutrisi dan pengarang buku Baby Knows Best, An Intro To First Foods, Carley Mendes, seperti dikutip dari momtastic.com.

Baca Juga : 5 Manfaat Butternut Squash Untuk Mpasi Bayi

2. Refleks Mendorong Lidah

2 Refleks Mendorong Lidah.jpg

Foto: babycenter.com

“Refleks mendorong lidah yang bayi miliki sejak baru lahir, tidak akan mulai hilang hingga usianya empat sampai enam bulan. Refleks ini membuat bayi dapat menelan makanan lembut dengan sedikit kemungkinan untuk mendorongnya keluar kembali,” ungkap Dokter anak, Kimberly Manning, MD dari Emory University School of Medicine, seperti dikutip dari webmd.com.

Antara empat sampai enam bulan, reflex ini akan berkurang dan bayi dapat mulai menerima makanan dengan tekstur lebih padat dari mulut untuk sampai ke perutnya.

3. Duduk & Kepala Tegak

3 Duduk & Kepala Tegak.jpg

Foto: huffingtonpost.co.uk

Bayi yang siap menerima MPASI harus sudah mampu duduk sendiri dengan kepala tegak tanpa perlu dibantu.

Meski sudah memperlihatkan tanda ini, ada baiknya Moms tetap memberikannya puree atau makanan yang lembut di awal bayi MPASI, sebelum memberikan Si Kecil makanan dengan tekstur lebih padat di usia delapan sampai sembilan bulan.

Baca Juga : 5 Resep MPASI Kaya Nutrisi untuk Si Kecil

4. Tertarik dengan Makanan

4 Tertarik Dengan Makanan.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Dikutip dari whattoexpect.com, salah satu tanda kesiapan bayi MPASI adalah jika Si Kecil sering tertarik melihat Moms atau Dads sedang makan dan terlihat bersemangat saat Moms sedang mengunyah.

Bayi yang sudah memiliki kemampuan untuk mengambil objek, misalnya sendok atau garpu saat Moms makan, maka merupakan petunjuk lain kesiapan bayi MPASI.

Sesekali Moms juga bisa mencoba berpura-pura memberikan bayi sesendok makanan yang sedang Moms makan (tanpa benar-benar memberikannya, terutama jika itu bukanlah makanan khusus bayi).

Kemungkinan besar, bayi akan membuka mulutnya besar-besar jika Si Kecil sudah terlihat siap untuk mendapatkan MPASI.

Jika bayi terlihat tidak tertarik saat pemberian MPASI, Moms bisa mencobanya kembali dalam satu hingga dua minggu, hingga Si Kecil mau menerima makanan padat pertamanya.

Itulah beberapa tanda kesiapan bayi MPASI yang dapat Moms lihat jika usianya sudah mencapai enam bulan.

(GS/CAR)

Artikel Terkait