TREN
10 Desember 2017

4 Tips Menyimpan Teh Yang Tepat

Agar teh selalu segar dan nikmat ketika diseduh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Menyimpan teh yang benar sangat penting untuk menjaga kesegaran dan rasa daun teh loose-leaf. Jangan takut membeli teh loose-leaf dalam jumlah besar, karena dapat menjadi sebuah investasi.

Tentunya Moms tidak ingin kehilangan rasa dan nilai esensialnya seiring waktu, tapi itulah yang persis akan terjadi jika Moms tidak menyimpan teh dengan benar.

Teh loose-leaf memiliki empat musuh, yaitu kelembapan, cahaya, panas, dan bau, dan Moms perlu mempertimbangkan semua ini ketika menyimpan teh. Berikut penjabaran lebih detail mengenai bagaimana menyimpan teh yang benar:

1. Wadah yang tepat

shutterstock 488437693

Meskipun Moms mungkin tergoda menyimpan daun teh yang baru dibeli dalam wadah kaca yang indah di meja, ini merupakan ide yang sangat buruk. Paparan cahaya dapat memudarkan warna teh serta dapat memecah dan memperburuk citarasanya.

Sebaliknya, teh harus disimpan di lokasi gelap, seperti di dalam lemari. Selain itu, Moms perlu menyimpan teh dalam wadah kedap udara yang tepat.

2. Tempat yang tepat

shutterstock 73446322

Daun teh yang belum diseduh tidak boleh mendapat banyak kelembapan karena akan merusak rasa sekaligus mempercepat proses pembusukan daun teh. Tetapi ingat, jangan menyimpan daun teh di dalam kulkas atau tempat lain yang memiliki kelembapan tinggi.

Baca Juga : Yuk Minum 7 Teh Bermanfaat Untuk Kesehatan!

3. Lindungi dari paparan sinar matahari

shutterstock 616332458

Karena daun teh adalah bahan yang sangat alami dan awet karena proses pengeringan, pastikan daun teh tidak terkena sinar matahari, panas, dan udara terbuka. Sama seperti tips pertama, simpan daun teh di dalam wadah kaca yang memiliki tutup. Masukkan dalam lemari dan jauhkan dari sumber panas.

4. Jauhkan dari sesuatu yang berbau menyengat

shutterstock 554742319

Teh dalam bentuk serpihan daun atau yang sudah dimasukkan dalam kantong teh tetap berpotensi menyerap bau yang ada di sekitarnya. Moms tentu tidak ingin mencium aroma lain saat menyeduh teh. Karena itu, pastikan teh jauh dari bahan-bahan makanan berbau tajam, misalnya bawang, durian, dan lain sebagainya.

(HEI)

Artikel Terkait