PASCA MELAHIRKAN
21 November 2019

5 Cara Kurus Setelah Melahirkan yang Super Mudah dan Aman!

Asupan serat dapat membuat Moms merasa kenyang lebih lama
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Saat hamil Moms sudah banyak mengonsumsi makanan dengan porsi dua orang. Wajar jika usai melahirkan Moms segera mencari cara kurus setelah melahirkan.

Namun, usai melahirkan sebenarnya Moms juga sudah menghilangkan beberapa kilo berat tubuh.

"Sebagian besar wanita secara alami kehilangan banyak berat badan mereka tanpa perlu banyak usaha," jelas Dr. Emily Oken, profesor di Harvard Medical School di Boston, mengutip Live Science.

Tetapi, bila Moms ingin kembali memiliki tubuh dan pola hidup sehat, ada beberapa cara kurus setelah melahirkan tanpa Moms diet ketat.

Berikut ini tips agar bisa menurunkan berat badan setelah melahirkan yang mudah dilakukan.

Baca Juga: 4 Menu Sarapan Untuk Turunkan Berat Badan

Cara Kurus Setelah Melahirkan

1. Jangan Melewatkan Waktu Makan

cara kurus setelah melahirkan-5

Moms perlu mengurangi asupan kalori agar bisa menurunkan berat badan, artinya makan lebih sedikit kalori daripada yang perlu dibakar.

Cara terbaiknya adalah dengan meningkatkan aktivitas fisik dan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi.

Moms mungkin berpikir bahwa jalan terbaik adalah dengan melewatkan jam makan sebagai cara kurus setelah melahirkan. Tetapi, langkah ini justru tidak disarankan.

Ini karena Moms mungkin tidak mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan saat tidak makan, dan dapat berbahaya baik bagi wanita maupun bayi setelah melahirkan.

Apalagi, Moms butuh tambahan kalori untuk menyusui Si Kecil. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), wanita perlu tambahan 450-500 kalori per hari saat menyusui.

2. Sebisa Mungkin Coba Menyusui Si Kecil

cara kurus setelah melahirkan-4

Menyusui dapat membantu Moms menurunkan berat badan setelah melahirkan. Sebuah studi oleh Preventive Medicine, yaitu para peneliti memeriksa efek menyusui pada penurunan berat badan usai melahirkan.

Wanita yang menyusui secara eksklusif selama minimal 3 bulan kehilangan 1,5 kg lebih banyak daripada yang tidak menyusui, atau kombinasi menyusui dengan pemberian susu formula.

Sehingga, menyusui Si Kecil dapat menjadi salah satu cara kurus setelah melahirkan yang ampuh.

Baca Juga: Amankah Diet Keto Saat Hamil dan Menyusui?

3. Makan Makanan Kaya Protein

cara kurus setelah melahirkan-3

Makan protein sehat dapat menekan hasrat lapar dan mengidam, sehingga dapat mengurangi asupan kalori dan meningkatkan berat badan.

Tubuh menggunakan lebih banyak energi untuk mencerna protein daripada mencerna jenis makanan lain. Dengan makan makanan kaya protein dapat menjadi cara kurus setelah melahirkan.

Menurut sebuah artikel di The American Journal of Clinical Nutrition, tubuh secara otomatis mencerna 20-30% kalori dalam protein.

4. Konsumsi Lebih Banyak Serat

cara kurus setelah melahirkan-2

Makanan kaya serat bisa menghilangkan lemak, terutama di sekitar perut.

Ini karena serat tidak mudah dicerna tubuh. Saat serat bergerak melalui sistem pencernaan, selanjutnya menyerap air dan dapat meningkatkan kesehatan usus.

Karena tubuh tidak dapat memecah serat, karbohidrat yang telah dikonsumsi dapat membuat Moms merasa kenyang lebih lama, karenanya tidak perlu mengonsumsi kalori ekstra.

Baca Juga: Patut Dikonsumsi Lebih Banyak, Ini 5 Makanan Berserat untuk Lancarkan Pencernaan

5. Rutin Berolahraga

cara kurus setelah melahirkan-1

Tidak hanya perlu melakukan diet seimbang, aktivitas fisik juga perlu menjadi bagian dari cara kurus setelah melahirkan.

Selain menghilangkan lemak, rutin berolahraga dapat membuat tubuh jadi lebih sehat dan bugar. Terutama ketika Moms sibuk mengasuh Si Kecil yang baru lahir.

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan aktivitas fisik, termasuk selama dan setelah kehamilan.

Moms secara bertahap dapat kembali berolahraga setelah hamil, selama merasa mampu melakukan jenis olahraga yang diinginkan, dan bila tidak memiliki komplikasi medis.

Itu dia Moms, cara kurus setelah melahirkan yang dapat dilakukan di tengah kesibukkan mengasuh dan merawat Si Kecil.

(AP/DIN)

Artikel Terkait