PERNIKAHAN & SEKS
5 Desember 2017

5 Hal yang Seharusnya Ibu Lakukan dalam 5 Tahun Pertama Kehidupan Anak

Jangan sampai menyesal karena melakukan cara yang salah, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

Dalam sebuah keluarga, tentunya Moms akan mengambil banyak peranan untuk dijalankan. Karena selain sebagai seorang istri, sebagai ibu Moms juga memiliki peran yang besar dan penting bagi Si Kecil.

Meskipun akan terus mengambil peran hingga mereka dewasa tapi tahukah Moms bahwa pada 0-5 tahun pertama pengasuhan Moms akan menjadi sangat besar dibanding saat mereka dewasa?

Nah, berikut adalah hal-hal yang erat kaitannya dengan keseharian tapi punya efek besar bagi perkembangan karakter dan perilaku Si Kecil untuk menjalani hidupnya kelak.

1. Memenuhi Kebutuhan

Saat Si Kecil berusia 0–5 tahun peran terbesar yang akan Moms jalankan adalah sebagai pemenuh kebutuhannya. Karena pada masa itulah Si Kecil akan benar-benar bergantung pada Moms.

Untuk hal kecil sekalipun, Si Kecil akan sangat membutuhkan Moms untuk memberikannya.

Namun, ingat ya Moms, ketika memberikan dan memenuhi setiap kebutuhannya harus tetap diberikan dalam porsi yang pas. Karena apa yang Moms berikan akan sangat berpengaruh bagi tumbuh kembangnya Si Kecil di masa mendatang.

Baca Juga: Dari Wanita Karier ke Ibu Rumah Tangga

2. Memberi Pendidikan

Selain memenuhi kebutuhan sehari–harinya, Moms juga wajib memberi Si Kecil pendidikan. Pendidikan tersebut tentunya tak hanya dengan sekolah namun juga dengan bekal pendidikan moral, sosial serta iman.

Misalnya, Moms membiasakan Si Kecil untuk disiplin, membereskan mainan sendiri, meminta maaf saat melakukan kesalahan, takut kepada Tuhan, dan seterusnya. Penanaman nilai ini akhirnya akan membentuk karakter Si Kecil di kemudian hari.

3. Membuat Rasa Aman dan Nyaman

Secara psikologi, harus ada rasa aman dan nyaman yang dapat Moms ciptakan. Sehingga Si Kecil tak memiliki rasa takut untuk bertanya atau bercerita tentang apa yang menjadi keingintahuannya.

Selanjutnya Moms juga harus memupuk rasa keberanian dalam diri Si Kecil agar kelak ia mampu menjadi pribadi yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Baca Juga: 5 Hal Ini dapat Menyakiti Hati Anak

4. Menjadi Panutan

Selain membekali Si Kecil dengan pendidikan, adapun hal yang perlu Moms perhatikan adalah perilaku diri sendiri. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan akal pikiran anak-anak belum berfungsi secara maksimal pada usia tersebut. Sehingga yang paling mudah untuk mereka lakukan adalah mengamati dan meniru perilaku yang Moms lakukan.

5. Arti Keluarga

Selanjutnya Si Kecil akan segera mempelajari makna dan pentingnya sebuahkeluarga, terutama dari Moms. Cara Moms berinteraksi dengan anggota keluarga yang lain akan mengajarkan Si Kecil tentang banyak hubungan penting dalam kehidupan.

Nah, itulah hal–hal besar yang akan Moms jalankan dari masa-masa 0–5 tahun usia Si Kecil. Seluruh hal diatas memiliki arti yang begitu jelas bahwa Moms adalah kunci utama untuk memberikan motivasi keberhasilan untuk membentuk kepribadian dan impian buah hati.

Ingatlah untuk selalu bersikap baik dan mencintai Si Kecil, tidak peduli seberapa lelah atau marahnya Moms. Karena bagaimana Moms menerapkan 5 hal tadi akan membuat Si Kecil tumbuh besar dengan dipenuhi rasa cinta.

Pasti mau, kan, Moms melihat anak-anak tumbuh dengan baik dan bahagia? Jangan lupa diterapkan, ya...

(MDP)

Artikel Terkait