BALITA DAN ANAK
15 Juni 2020

5 Makanan Ini Tepat untuk Anak DBD

Apa saja? Simak penjelasannya ya Moms di bawah ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ninta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, jangan panik ketika Si Kecil terserang demam berdarah. Dengan penanganan yang tepat dan asupan gizi yang seimbang, kondisi kesehatannya bisa kembali sehat, kok.

Moms hanya perlu mencari makanan tepat untuk anak DBD supaya proses penyembuhannya berjalan lancar.

Penyebab Demam Berdarah

makanan tepat untuk anak DBD

Foto: time.com

Demam berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti pada tubuh anak. Ketika terinfeksi, anak dapat mengalami gejala berupa demam tinggi, sakit kepala, ruam, rasa sakit di belakang mata, sendi, otot, dan tulang, pendarahan dari hidung atau gusi, mudah memar, dan rasa sakit di seluruh tubuh.

Gejala demam berdarah biasanya akan muncul 4 sampai 14 hari setelah anak terinfeksi.

Namun, demam berdarah tidak akan menyebar dari satu orang ke orang lainnya. Dikutip dari Health Plus, dokter Leong Hoe Nam, spesialis penyakit menular di Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena, Singapura, mengatakan bahwa orang yang terserang demam berdarahlah yang bisa menularkan penyakit itu pada nyamuk.

Baca Juga: Ini Tanda DBD (Demam Berdarah Dengue) yang Bisa Terjadi pada Anak

Demam berdarah tidak dapat menyebar secara langsung dari orang ke orang, tetapi orang yang menderita demam berdarah dapat menginfeksi nyamuk. Nyamuk yang minum darah penderita akan terinfeksi dan nyamuk akan menularkan virus ke orang lain yang digigit berikutnya.

"Setelah 5 - 14 hari, virus akan matang di kelenjar liur nyamuk dan menyebar ke korban berikutnya selama nyamuk berikutnya makan," jelas dokter Leong.

Setiap tahun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa sekitar 50-100 juta orang terinfeksi demam berdarah. Bentuk infeksi demam berdarah yang lebih berbahaya disebut severe dengue dan mengharuskan pasiennya dirawat di rumah sakit. Jumlahnya sekitar 500.000 orang dan kebanyakan penderitanya adalah anak-anak.

Pemberian Makanan Tepat untuk Anak DBD

Ketika positif demam berdarah lalu sudah dibawa ke dokter dan diberi obat, tentu saja Moms tetap harus melakukan perawatan lanjut supaya proses penyembuhan Si Kecil semakin cepat.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan makanan tepat untuk anak DBD. Berikut beberapa rekomendasinya!

1. Air Kelapa

makanan tepat untuk anak DBD

Foto: Parentune

Bantu tubuh Si Kecil yang lemas akibat dehidrasi dengan minum banyak cairan. Salah satu minuman yang dianjurkan adalah air kelapa.

Minuman ini sangat efektif untuk menaikkan level trombosit tubuh anak. Tidak hanya itu, air kelapa juga mengandung vitamin A, B dan C, mineral, kalsium, kalium, magnesium, zat besi dan fosfor.

Baca Juga: Penyebab dan Gejala DBD (Demam Berdarah Dengue), Wajib Diwaspadai!

2. Bayam

makanan tepat untuk anak DBD

Foto: Vegetarian Times

Cara menambah jumlah trombosit dalam tubuh Si Kecil adalah dengan memberikannya asupan bayam.

Moms bisa mengolah bayam jadi bubur atau dijadikan sayur. Selain efektif meningkatkan trombosit, bayam juga merupakan sumber asam lemak omega-3 dan zat besi, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

3. Kiwi

makanan tepat untuk anak DBD

Foto: Medical News Today

Dilansir dari The Indian Express, Pavithra N Raj, kepala ahli gizi, Rumah Sakit Rujukan Columbia Asia Yeshwanthpur, India, menyarankan untuk mengonsumsi kiwi.

"Buah Kiwi mengandung sejumlah vitamin A dan E yang baik bersama dengan kalium dan membantu menyeimbangkan tingkat elektrolit tubuh," jelasnya.

Selain itu, kandungan tembaga dalam buah Kiwi sangat bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah yang sehat dan membangun kekebalan tubuh Si Kecil terhadap penyakit dan sebagai makanan tepat untuk anak DBD.

Baca Juga: 7 Obat Alami untuk Mengatasi Demam Berdarah

4. Lemon

makanan tepat untuk anak DBD

Foto: Britannice

Minum jus lemon segar ternyata dapat membantu mengurangi virus demam berdarah dalam tubuh.

Sudah jadi rahasia umum juga kalau di dalam lemon banyak kandungan vitamin, terutama vitamin C yang bagus untuk imunitas tubuh.

5. Brokoli

makanan tepat untuk anak DBD

Foto: The Spruce Eats

Salah satu gejala demam berdarah adalah penurunan jumlah trombosit dalam tubuh. Akibatnya, Si Kecil akan mengalami nyeri otot dan persendian, demam tinggi, sakit kepala, hingga ruam kulit.

Brokoli adalah sumber Vitamin K yang bagus dan dapat membantu tubuhnya meregenerasi trombosit darah.

Baca Juga: Berikan 5 Makanan Super Ini Saat Anak Demam Berdarah

Itulah daftar makanan tepat untuk anak DBD yang wajib Moms berikan jika Si Kecil terserang penyakit yang satu ini.

Artikel Terkait