TREN
13 Desember 2017

5 Makanan Khas Natal Berbagai Daerah di Indonesia yang Tak Boleh Terlewatkan

Kurang lengkap rasanya tanpa menyantap makanan-makanan lezat ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Opor ayam dan rending serta ketupat merupakan makanan yang akan Moms temui saat Hari Raya Idul Fitri. Namun apakah Moms tahu bahwa ada beberapa makanan khas Indonesia yang pasti hadir saat perayaan umat Kristiani pada bulan Desember ini?

Berikut adalah beberapa makanan khas Natal di Indonesia yang tak boleh terlewatkan :

1. Ayam Rica-Rica

shutterstock 705469153
shutterstock.com

Meskipun panganan ini terlihat biasa, namun menu olahan ayam khas Manado ini merupakan menu khas yang wajib hadir di atas meja makan keluarga Manado. Citarasanya pedas gurih dan wangi. Cocok disantap dengan nasi panas.

2. Brenebon

shutterstock 591444452

Brenebon adalah sup iga dengan kacang merah. Menu ini masih masih datang dari Manado. Iga yang direbus dengan berbagai bumbu dan rempah kemudian ditambahkan kacang merah. Selain nikmat, ternyata membuat brenebon ini pun tidaklah sulit.

Baca Juga : Tips Mengolah Sisa Menu Makanan Natal

3. Babi Panggang Karo

shutterstock 497337163

Kalau ini, menu khas dari tanah Batak terutama dari Batak Karo. Babi dipanggang dengan berbagai bumbu. Biasanya panganan ini hadir bersama dengan sayur singkong tumbuk dan cabai rawit hijau.

4. Ikan Bumbu Arsik

ikan kakap arsik
youtube.com

Panganan ini masih datang dari Sumatera Utara. Ikan Arsik ini diolah dengan cara memasak ikan yang sudah diisi dengan bumbu kemudian dipanggang beralaskan bumbu dan berbagai daun herba.

5. Kue Bagea

kue bagea
resepgulaku.com

Kue ini datang dari Nusa Tenggara Timur, sedikit keras saat digigit karena terbuat dari tepung terigu. Namun kue ini sangat nikmat jika dimakan bersama dengan the atau kopi.

Makanan Natal ternyata beragam ya Moms. Mulai dari makanan berat hingga kue kering khas dari Indonesia. Natal ini akan menyiapkan menu apa Moms?

(DNY)

Artikel Terkait