KESEHATAN
16 Juli 2019

5 Makanan yang Bisa Mengusir Kantuk Selain Kopi

Teh hijau juga mengandung kafein yang membuat Moms tetap terjaga
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Di sore hari, wajar jika tubuh kerap merasa mengantuk dan membutuhkan banyak tenaga. Biasanya untuk menjaga fisik tetap dalam kondisi prima, Moms mungkin akan memesan kopi.

Namun, mungkin meminum secangkir kopi hanya memberikan efek yang sebentar, dan nantinya akan membutuhkan energi dengan mengonsumsi camilan.

Jangan biarkan berat badan naik karena Moms kerap membutuhkan energi dan makan camilan tidak sehat. Coba konsumsi 5 makanan penahan kantuk dan bisa memberikan energi maksimal, dikutip dari Sleep.org by The National Sleep Foundation.

1. Teh Hijau

teh hijau-1.jpg

Dehidrasi dapat membuat Moms merasa mengantuk, tetapi mengonsumsi banyak cairan akan membantu meningkatkan kewaspadaan dan energi.

Air adalah pilihan terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, tetapi jika harus mengonsumsi kafein, pilihlah teh hijau daripada kopi.

Kandungan kafein pada teh hijau lebih sedikit sekitar 35 miligram, dibandingkan dengan kopi yang kadarnya sekitar 200 miligram.

Selain itu, teh hijau juga sarat dengan antioksidan yang baik.

Baca Juga: Selalu Merasa Ngantuk Meski Tidur Cukup? Ini 5 Penyebab yang Mungkin Terjadi

2. Cokelat

cokelat

Biji kakao secara alami mengandung kafein yang meningkatkan energi, tetapi tidak sebanyak kopi. Namun, mengonsumsi cokelat juga mengandung flavonoid yang menyehatkan jantung.

Semakin gelap jenis cokelatnya, semakin banyak kafein yang dimilikinya. Tetapi, tetap jaga asupannya agar tidak berlebihan ya, Moms.

3. Gandum Utuh

roti gandum

Tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi, dan biji-bijian utuh memecah karbohidrat lebih lambat daripada gula sederhana.

Ketimbang makan makanan seperti roti putih atau nasi putih, coba ganti dengan nasi merah, gandum, dan gandum hitam.

Untuk topping yang enak, cobalah selai kacang alami dan pisang setengah batang.

Baca Juga: Jika Anak Susah Tidur, Ikuti 4 Langkah Ini Agar Dia Cepat Mengantuk!

4. Buah-buahan

buah-buahan

Buah memiliki gula untuk ledakan energi yang cepat, tetapi tidak meningkatkan kadar glukosa sebanyak makanan manis lainnya, misalnya permen.

Konsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C, seperti jeruk dan nanas, yang membantu tubuh mengubah lemak menjadi energi, sehingga Moms dapat menangkal kelelahan.

5. Makanan Kaya Protein

daging kaya protein

Protein menawarkan pelepasan energi yang lambat. Untuk makanan yang kaya protein, coba konsumsi daging tanpa lemak.

Meskipun beberapa daging memiliki mengandung triptofan yang membuat mengantuk, makan daging porsi kecil mungkin memberi tubuh 'dorongan' yang dibutuhkan untuk melewati sore yang panjang.

Sebagai tambahan, sebelum makan makanan di atas, cobalah berjalan-jalan di sekitar lingkungan kantor atau rumah dan biarkan tubuh terpapar cahaya alami.

Hal ini dapat membuat tubuh 'sadar' bahwa sudah waktunya untuk terjaga. Cara lain, Moms bisa melakukan beberapa lompatan kecil untuk mendapatkan semangat dan gairah saat melakukan aktivitas kembali.

Artikel Terkait