BAYI
30 Oktober 2019

5 Manfaat Kangaroo Care Untuk Bayi Prematur

Simak ya Moms!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kangaroo care adalah praktik menggendong bayi di dada telanjang Dads atau di sela-sela payudara Moms, dengan selimut yang menutupi punggung bayi.

Bukan hanya bermanfaat untuk bonding antara Moms/ Dads dengan Si Kecil, metode perawatan ini juga memberikan manfaat yang luar biasa bagi bayi prematur lho Moms.

Berikut beberapa manfaat kangaroo care untuk bayi prematur, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Mendukung Perkembangan Otak Bayi

XX Manfaat Kangaroo Care Untuk Bayi Prematur 1.jpg

Foto: hopkinsallchildrens.org

Dalam sebuah studi disebutkan bahwa bayi prematur yang disusui secara eksklusif dan dijaga tetap hangat melalui kangaroo care yang dilakukan secara terus menerus dapat tumbuh dewasa dengan otak yang lebih besar, gaji yang lebih tinggi dan kehidupan yang tidak terlalu stres dibandingkan bayi yang menerima perawatan inkubator konvensional.

“Studi ini menunjukkan bahwa kangaroo care memiliki efek perlindungan sosial dan perilaku yang signifikan, bahkan hingga 20 tahun setelah intervensi,” kata pemimpin peneliti, Dr Nathalie Charpak dari Kangaroo Foundation di Bogota, seperti dikutip dari theguardian.com.

Baca Juga: Metode Kanguru untuk Perawatan Bayi Prematur

2. Menstabilkan Suhu Tubuh, Pernapasan dan Fungsi Organ

XX Manfaat Kangaroo Care Untuk Bayi Prematur 2.jpg

Foto: partiesidea.com

Mengutip Npr.org, Dr. Lydia Kyung-Min Lee, seorang obgyn di UCLA, mengatakan bahwa selama menjalani kangaroo care bayi prematur tidak hanya menjadi lebih bahagia, tetapi tanda vitalnya juga menjadi lebih stabil. Bahkan suhu tubuh, detak jantung, dan laju pernapasan bayi juga menjadi lebih normal.

Metode perawatan ini juga memungkinkan bayi prematur terpapar bakteri yang sama dengan Ibunya, yang dapat melindungi terhadap alergi dan infeksi di masa depan.

3. Menyusu dan Memiliki Peningkatan Berat Badan yang Lebih Baik

XX Manfaat Kangaroo Care Untuk Bayi Prematur 3.jpg

Foto: breastfeeding.support

Kangaroo care memungkinkan akses yang mudah ke payudara dan meningkatkan produksi ASI, yang memungkinkan bayi menyusu dengan lebih baik dan meningkatkan berat badan.

Kangaroo care mengurangi stres, karena bayi dapat mendengarkan detak jantung dan suara ibu mereka, serta merasakan kehangatan dan aroma tubuh ibu mereka. Bersamaan dengan itu, laktasi dirangsang, yang sangat penting bagi nutrisi bayi,” jelas Dr Ristic, Kepala Pusat Neonatologi Kragujevac, seperti dikutip dari UNICEF.og.

Baca Juga: Kapan Bayi Prematur Mulai Belajar Berjalan?

4. Mendukung Perkembangan Keterampilan Motorik dan Kognitif

XX Manfaat Kangaroo Care Untuk Bayi Prematur 4.jpg

Foto: surrogatesteps.com

“Bayi yang menjalani kangaroo care di NICU menjadi lebih dekat dengan ibu mereka, dan telah meningkatkan kemampuan sosial, serta keterampilan motorik dan kognitif yang lebih besar,” jelas Dr Natalie Ann Epton, seorang dokter anak dan neonatologis di Mount Elizabeth pada Smart Parents Singapura.

5. Membantu Bayi Prematur Tidur Lebih Nyenyak dan Tidak Mudah Rewel

XX Manfaat Kangaroo Care Untuk Bayi Prematur 5.jpg

Foto: blog.kinedu.com

Sebuah studi menyebutkan bahwa bayi prematur yang telah menerima kangaroo care selama mereka tinggal di NICU menunjukkan periode tidur yang lebih lama dan terjaga dengan kesadaran penuh, periode tidur aktif yang lebih singkat, dan siklus tidur-bangun yang lebih teratur dibandingkan dengan bayi yang tidak menerima KC.

Bayi-bayi prematur yang terlibat dalam penelitian dan menerima KC juga lebih waspada dan responsif, serta tidak mudah marah ataupun rewel.

Baca Juga: Apakah Lahir Prematur Pengaruhi Perkembangan Kognitif Bayi?

Seperti yang dapat Moms lihat di atas, kangaroo care menawarkan manfaat luar biasa bagi bayi prematur. Tetapi sebenarnya bukan hanya untuk bayi, karena manfaatnya bagi Moms juga cukup banyak seperti membantu mengatasi depresi pasca melahirkan dan melancarkan ASI.

Jadi, apakah Si Kecil sudah menerima perawatan KC sejak dilahirkan?

Artikel Terkait