KELUARGA
19 Mei 2020

5 Pertanyaan Seputar Hubungan Seks yang Sering Muncul Ketika Sedang Hamil

Saat hamil, akan ada banyak pertanyaan muncul di benak Moms, termasuk seputar kehidupan seks
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kehamilan dan memiliki Si Kecil ada kalanya menjadi tujuan pasangan muda menikah dan memutuskan berumah tangga.

Jika saat ini Moms sedang hamil atau masih dalam tahap merencanakan kehamilan dengan Dads, sebaiknya Moms dan Dads mencari lebih banyak informasi seputar perencanaan kehamilan, khususnya perihal hubungan seks saat sedang hamil.

Sebab, saat hamil nanti, pasti akan ada muncul banyak pertanyaan tidak hanya seputar kehamilan tetapi juga kehidupan seksual. Apakah Moms masih boleh berhubungan intim dengan Dads? Posisi apa saja yang dilarang?

Nah, agar proses kehamilan dan kehidupan seks bisa berjalan beriringan dengan sehat, yuk simak pertanyaan seputar seks saat hamil yang sering muncul ini.

Baca Juga: Apakah Boleh Menggunakan Alat Bantu Seks Saat Hamil?

1. Apakah Hubungan Seks saat Hamil dapat Menyakiti Bayi dalam Kandungan?

5 Pertanyaan Seputar Hubungan Seks yang Sering Muncul Ketika Sedang Hamil 3.jpg

Foto: freepik.com

Seperti banyaknya calon orang tua, tentu saja Moms dan Dads menginginkan aktivitas seks yang aman dan tidak menyakiti Si Kecil dalam kandungan.

Hasil studi University Hospital Center Sisters of Mercy melaporkan bahwa sebanyak 80% calon ayah takut menyakiti janin saat melakukan hubungan seks di masa kehamilan dan memutuskan untuk tidak melakukan hubungan seks sama sekali.

Saat penetrasi, rahim memang akan bergerak dan gerakan ini kadang membuat pasangan takut untuk berhubungan.

Tapi tidak perlu khawatir, Moms, karena Aleece Fosnight, seorang asisten dokter dan penasihat seks dalam urologi, kesehatan wanita dan pengobatan seksual mengatakan bahwa hubungan seks yang dilakukan saat masa kehamilan tidak akan menyakiti janin dalam kandungan.

Jadi, jika Moms tidak memiliki masalah dengan panggul dan diinstruksikan dokter untuk istirahat, hubungan seks sebenarnya aman untuk dilakukan.

Baca Juga: Fakta Menarik dan Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Seks Saat Hamil

2. Apakah Hubungan Seks saat Hamil dapat Jadi Penyebab Keguguran?

5 Pertanyaan Seputar Hubungan Seks yang Sering Muncul Ketika Sedang Hamil 2.jpg

Foto: Freepik.com

Sebenarnya, penyebab utama keguguran ialah ketika janin tidak lagi tumbuh dengan normal. Penelitian pada tahun 2011 yang diterbitkan oleh Canadian Medical Association Journal mengatakan bahwa seks tidak menyebabkan keguguran atau persalinan dini bagi kehamilan yang sehat.

Stephanie Buehler, seorang psikologis dan terapis seks juga menambahkan bahwa melakukan hubungan seks saat hamil akan membantu Moms dalam proses persalinan, lho.

3. Apakah Pendarahan Setelah Melakukan Hubungan Seks Berbahaya?

5 Pertanyaan Seputar Hubungan Seks yang Sering Muncul Ketika Sedang Hamil 4.jpg

Foto: freepik.com

Hubungan seks saat masa kehamilan harusnya menyenangkan bagi Moms dan Dads. Akan tetapi, saat masa kehamilan, leher rahim akan lebih sensitif dan lebih mudah mengalami iritasi yang berpotensial menyebabkan pendarahan.

Jika setelah berhubungan terjadi pendarahan, sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter dan memeriksa kesehatan kehamilan untuk mengetahui secara pasti penyebab pendarahan ya, Moms.

Baca Juga: Benarkah Berhubungan Seks dengan Suami saat Hamil Memicu Keguguran?

4. Apakah Hubungan Seks saat Hamil Terasa Lebih Sakit?

5 Pertanyaan Seputar Hubungan Seks yang Sering Muncul Ketika Sedang Hamil 5.jpg

Foto: pixabay.com

Saat masa kehamilan, tubuh Moms biasanya akan lebih sensitif terhadap sentuhan, khususnya pada wilayah dada dan puting susu (areola).

Sensitivitas ini memang menyenangkan, akan tetapi jika sentuhan yang diberikan terlalu berlebihan maka akan membuat terasa sakit.

Apabila saat disentuh terasa sakit, sebaiknya Moms memberitahu Dads demi kenyamanan bersama, ya. Supaya hubungan seks saat masa kehamilan dapat dinikmati kedua belah pihak.

5. Berapa Lama Harus Menunggu untuk Kembali Berhubungan Seks Setelah Proses Persalinan?

5 Pertanyaan Seputar Hubungan Seks yang Sering Muncul Ketika Sedang Hamil 1.jpg

Foto: pixabay.com

Standar rekomendasi yang juga dipublikasikan oleh hasil studi di Health Science Journal menyebutkan jika pasangan suami istri direkomendasikan untuk menunggu hingga 6 minggu setelah persalinan untuk kembali berhubungan seks.

Beberapa pasangan juga bisanya sudah kembali berhubungan bahkan sebelum 6 minggu berakhir, asalkan Moms tidak memiliki banyak komplikasi saat persalinan dan tidak lagi ada luka atau infeksi.

Baca Juga: Ini 4 Posisi Seks yang Aman dan Nyaman Saat Hamil

Nah, itu dia beberapa pertanyaan seputar hubungan seks yang sering muncul ketika sedang hamil.

Semoga Moms dan Dads jadi lebih mengerti bahwa seks saat kehamilan adalah aktivitas yang aman untuk dilakukan, kecuali memang dilarang oleh dokter kandungan karena kondisi Moms.

Selain itu, sebaiknya terapkan komunikasi yang terbuka agar hubungan seksual selalu memuaskan dan aman selama kehamilan.

Artikel Terkait