NEWBORN
13 Juni 2019

4 Pertanyaan yang Harus Diajukan Saat Mewawancarai Baby Sitter

Ketahui kepribadian dan kemampuan baby sitter dalam mengurus anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Mempekerjakan seorang baby sitter bukanlah hal yang mudah tentunya bagi Moms, akan selalu ada rasa was-was apalagi bagi mereka yang merupakan wanita karir.

Waktu Si Kecil yang akan lebih banyak bersama baby sitternya tentu membuat Moms kadang berpikir akan keamanan bayi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya Moms benar-benar mewawancarai baby sitter sebelum mempekerjakannya. Simak beberapa pertanyaan wajib yang harus Moms berikan pada calon pengasuh Si Kecil:

Baca Juga : Pilih Anak Diasuh Babysitter Atau Dititipkan Ke Daycare? Ini Kelebihan dan Kekurangan yang Patut Moms Ketahui

1. Berapa Kali Pindah Kerja

Hal pertama yang dapat Moms tanyakan saat mewawancarai baby sitter adalah berapa kali mereka telah berganti tempat kerja selama menjadi pengasuh.

Semakin sedikit tempat ia pernah bekerja dan semakin lama mereka bekerja pada suatu tempat akan membuktikan bahwa mereka adalah tipe pekerja yang memang awet, dapat dipercaya dan mudah menyesuaikan diri.

2. Tanyakan Latar Belakangnya

Saat mewawancarai baby sitter, mintalah calon pengasuh Moms untuk bercerita tentang kehidupan pribadinya terutama tentang keluarga. Tanyakan apakah ia sudah bekeluarga dan memiliki anak, bila belum maka tanyakan anak keberapakah ia.

Biasanya pengasuh yang telah memiliki anak atau memiliki adik akan lebih mudah menjadi sosok yang sabar dan telaten.

Baca Juga: Serba-Serbi yang Harus Diketahui Sebelum Memilih Menitipkan Anak di Daycare atau Babysitter

3. Karakteristik Anak yang Pernah Diasuh

Penting juga mewawancarai baby sitter tentang karakteristik anak yang pernah mereka asuh. Pastikan calon baby sitter pernah menangani anak yang memang cenderung nakal. Hal tersebut akan membuktikan bahwa ia memang terlatih dan sabar dalam menghadapi anak-anak.

Bila belum pernah, dikhawatirkan mereka akan tak sabaran bila sewaktu-waktu menghadapi Si Kecil yang mungkin saja mendadak nakal atau rewel.

4. Kelemahan dan Kelebihan

Terakhir, Moms dapat menanyakan tentang hal yang menjadi kelemahan dan kelebihan calon baby sitter Si Kecil. Hal ini akan memudahkan Moms untuk memberikan penilaian dan mempertimbangkan sekiranya apakah mereka akan cocok untuk menjadi rekan Moms dalam mengasuh Si Kecil.

Meski tak seratus persen akurat, mewawancarai baby sitter merupakan tahapan yang penting untuk memunculkan penilaian awal dan membangun kepercayaan Moms terhadap calon baby sitter.

Baca Juga: Plus Minus Menggunakan Jasa Babysitter Untuk Merawat Anak

Semakin banyak Moms mampu mengenali calon pengasuh, maka akan semakin mudah bagi Moms untuk mempercayakan Si Kecil bersama mereka.

(MDP)

Artikel Terkait