TRIMESTER 3
7 Oktober 2019

5 Tanda Bayi Sudah Masuk Panggul, Siap-Siap Bersalin, Moms!

Merasakan tekanan di bagian panggul adalah hal yang biasa
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL), Moms biasanya akan mengalami beberapa tanda-tanda bayi akan segera lahir.

Ada yang namanya baby dropping, yaitu kondisi ketika kepala bayi bergerak ke bawah ke dalam panggul siap untuk persalinan. Hal ini biasanya terjadi menjelang akhir trimester ketiga kehamilan.

Sebelum jatuh ke panggul, biasanya posisi bayi akan berputar sehingga bagian belakang kepalanya mengarah ke depan perut, kepala menghadap ke bawah. Barulah calon bayi bisa jatuh ke panggul.

Ketika bayi sudah jatuh ke panggul, hal inilah yang biasa dokter katakan sebagai keadaan di mana Moms sudah siap melahirkan si buah hati. Apa saja tanda-tanda yang ditunjukkan? Yuk kita simak.

Baca Juga: Kenali Berbagai Macam Kontraksi Pada Ibu Hamil

1. Kontraksi yang Lebih Kuat

tanda bayi sudah masuk panggul

Dilansir dari laman Ask Dr.Sears, tanda bayi masuk panggul yang pertama adalah kontraksi yang berubah menjadi lebih tidak nyaman dan terasa agak menyakitkan seperti kram saat menstruasi.

Kontraksi ini akan menjadi lebih kuat sesaat sebelum persalinan, kontraksi dapat berlanjut terus-menerus, selama satu atau dua minggu sebelum persalinan dimulai. Namun akan menjadi kurang intens saat Moms mengubah posisi atau mulai berjalan.

2. Tekanan di Bagian Panggul

tanda bayi sudah masuk panggul

Dari Healthline diketahui bahwa tanda bayi sudah masuk panggul lainnya adalah panggul akan terasa lebih ditekan dan terasa lebih berat dari sebelumnya karena menahan bayi.

Saat berjalan Moms akan merasa seperti membawa sebuah bola bowling di dalam perut. Cara berjalan Moms pun akan beda, seperti cara berjalan penguin yang berjalan dengan dua kaki agak terbuka.

Baca Juga: Hati-Hati dengan Tekanan Darah Rendah Saat Hamil!

3. Mengalami Diare

tanda bayi sudah masuk panggul

Umumnya, hormon-hormon kelahiran akan memberi Moms tanda-tanda bahwa persalinan sudah dekat melalui usus kita. Oleh karena itu, ibu hamil biasa akan merasakan kram perut, dan usus yang seperti bergerak.

Hormon-hormon yang sama juga akan membuat Moms merasa sedikit lebih mual, saat tanda bayi sudah masuk panggul mulai muncul.

4. Lebih Sering Buang Air Kecil

tanda bayi sudah masuk panggul

Mengutip dari Medical News Today, kepala bayi berada lebih rendah di kandung kemih, berbarengan dengan bayi yang bertambah satu pon setiap minggunya. Hal ini sama saja dengan Moms akan lebih sering mampir ke kamar kecil dari biasanya.

Bisa saja setiap 10 detik sekali. Selamat datang di akhir kehamilan Moms, pasti sudah tidak sabar bertemu si calon bayi kan?

Baca Juga: Sering Buang Air Kecil Saat Hamil? Bahayakah?

5. Panggul Terasa Sakit

tanda bayi sudah masuk panggul

Tanda bayi sudah masuk panggul selanjutnya adalah Moms akan merasakan sakit di bagian panggul. Hal ini disebabkan karena tekanan dari kepala calon bayi ke ligamen panggul. Moms sadar bahwa hal ini terjadi di waktu tertentu saat bergerak.

Nyeri dipanggun ini adalah tanda bayi sudah jatuh ke panggul. Tetapi jika Moms mengalami rasa sakit terus-menerus dan konstan, langsung berkonsultasi dengan dokter ya Moms.

Itulah beberapa tanda bayi sudah masuk ke panggul. Dengan begitu, waktu kelahiran anak pun sudah semakin dekat. Siap-siap ya Moms!

(AWD/DIN)

Artikel Terkait