BAYI
29 November 2019

5 Tanda Kesehatan Bayi yang Normal Tapi Perlu Dikhawatirkan

Demam, gemetar, bengkak, airmata, sulit bernapas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms pasti tak sadar saat ada tanda kesehatan bayi yang normal namun ternyata harus Moms khawatirkan. Pasalnya, saat bayi dalam keadaan normal seperti biasa, rupanya ada beberapa kondisi yang harus Moms khawatirkan lho.

Melansir dari Babygaga, ini lho Moms 5 tanda kesehatan bayi yang terlihat normal tapi perlu dikhawatirkan:

1. Demam

tanda kesehatan bayi

Foto: pixabay

Moms, demam mungkin menjadi salah satu tanda kesehatan bayi yang kerap dialami oleh Si Kecil. Namun Moms, ternyata Moms tak boleh menyepelekan begitu saja saat Si Kecil terkena demam.

Demam mungkin menjadi hal yang normal dialami Si Kecil, tapi ternyata demam pada Si Kecil perlu dikhawatirkan. Apalagi jika Si Kecil mengalami suhu demam lebih dari 38’ C.

Saat Si Kecil mengalami demam dengan suhu di atas itu, Moms harus segera menghubungi dokter. Moms harus mengikuti instruksi lebih lanjut yang diarahkan oleh dokter.

Menurut jurnal yang dipublikasikan pada US National Library of Medicine National Institutes of Health, demam pada anak-anak adalah masalah umum bagi orang tua dan salah satu keluhan yang paling sering muncul dalam kunjungan gawat darurat, sering melibatkan dokter gawat darurat non-anak.

Menurut Healthline, bayi umumnya berusaha untuk melawan beberapa jenis infeksi saat mereka terkena demam. Saat Si Kecil mengalami demam dengan suhu tidak lebih dari 38’ C, Moms tidak perlu mengkhawatirkannya.

Baca Juga: Pantau Kesehatan Bayi dengan Mengenali Warna Kotorannya

2. Gemetar

tanda kesehatan bayi

Foto: pixabay

Gemetar kadang-kadang bisa terlihat tidak berbahaya selama bayi tidak menyentak ke satu sisi dan itu tidak bertahan lebih dari beberapa detik.

Namun, Moma harus khawatir jika Si Kecil terus menyentak dan Moms melihat dirinya terus menyentak ke samping, menurut Parent24.com.

Biasanya, jika Si Kecil hanya memiliki bibir yang bergetar atau tangan gemetar, mereka mungkin kedinginan. Saat Moms sudah melihat tanda kesehatan bayi seperti itu pada Si Kecil, segera hubungi dokter untuk memeriksanya. Hal itu merupakan upaya terbaik yang dapat Moms lakukan.

Baca Juga: Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Untuk Bayi

3. Mengalami Masalah Pernapasan

tanda kesehatan bayi

Foto: pixabay

Moms, jika Moms memperhatikan Si Kecil yang susah bernapas, maka Moms harus segera menghubungi dokter.

Selain itu, Moms juga bisa langsung membawa Si Kecil ke rumah sakit terdekat. Moms harus memeriksa napas Si Kecil dengan mendengarkan suara napas Si Kecil.

Jika Moms mendengar ada yang aneh dan mengganjal, jangan ragu-ragu untuk memeriksakannya. Melansir dari Mirror.co.uk, apapun tanda kesehatan bayi yang menyangkut permasalahan napas Si Kecil, harus segera diperiksakan ke dokter.

Jangan sampai Moms membiarkan Si Kecil susah napas sampai bibir, kuku, dan mulut mereka membiru.

Baca Juga: Ini Masalah Kesehatan yang Sering Dialami Bayi Prematur

4. Berhenti Mengeluarkan Air Mata

tanda kesehatan bayi

Foto: pixabay

Jika Si Kecil sudah cukup besar untuk menghasilkan air mata dan Moms mulai melihat penurunan atau tidak ada air mata sama sekali, saat itu juga Moms harus sangat mempertimbangkan untuk membawa Si Kecil ke rumah sakit.

Kurangnya air mata biasanya menunjukkan bahwa bayi mengalami dehidrasi parah, menurut Parents.com.

Baca Juga: Yuk Ketahui Sejuta Manfaat ASI untuk Kesehatan Bayi

5. Bengkak di Wajah

tanda kesehatan bayi

Foto: pixabay

Pembengkakan wajah, kesulitan bernapas, bahkan ruam bisa menjadi tanda bahwa Si Kecil mengalami reaksi alergi terhadap sesuatu yang mereka makan.

Dalam beberapa kasus, itu bahkan bisa disebabkan oleh sengatan lebah. Maka dari itu, Moms perlu khawatir saat Si Kecil mengalami bengkak wajah, apalagi setelah menelan sesuatu.

Itulah Moms beberapa tanda kesehatan bayi yang terlihat normal, namun perlu dikhawatirkan.

Artikel Terkait