DI ATAS 5 TAHUN
17 Juni 2019

5 Tips Saat Anak Pergi Karyawisata Tanpa Ditemani Orangtua Agar Mandiri

Jangan biasakan menemaninya, karena ia akan selalu mencari Moms saat Anda tak ada
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Dina

Anak memang terkadang masih tak bisa jauh dari Moms, bahkan beberapa dari mereka belum bisa tanpa kehadiran Moms saat bersekolah.

Lalu bagaimanakah caranya dapat membuat anak pergi karyawisata dengan mandiri tanpa kehadiran Moms dan Momspun juga tenang melepasnya beberapa saat? Berikut tipsnya:

1. Dimulai dari Kebiasaan

Langkah awal yang tepat untuk membuat anak belajar berani tanpa kehadiran Moms setiap saat adalah dengan membiasakannya sejak saat di sekolah.

Jangan biasakan untuk selalu menemaninya, karena hal itu akan membuat ia akan selalu mencari Moms saat Anda tak ada.

Ketika Moms sudah menjadikannya sebuah kebiasaan, saat anak pergi karyawisata nanti dirinya tak akan menangis karena tak melihat Moms. Iapun akan menikmati waktu bersama teman-temannya.

Baca Juga: Ini Destinasi Wisata yang Harus Dikunjungi Berdasarkan Zodiak

2. Pentingnya Peran Guru

shutterstock 720793966

Peran seorang guru tentunya amat penting dalam melatih kemandirian anak. Untuk itu, Moms harus melibatkan guru mereka untuk mengetahui kebiasaan-kebiasaan Si Kecil.

Ambilah waktu untuk sedikit berbincang dan memberikan pemahaman untuk menghadapi Si Kecil saat sedang tak bersama Moms. Dengan demikian, guru anak pun dapat mengatasi ia saat tiba-tiba menangis dan mencari Moms.

Baca Juga : Tidak Hanya Bersenang-senang, Ini 5 Manfaat Liburan Bagi Anak

3. Ciptakan Suasana Menyenangkan

Sebelum anak pergi karyawisata, Moms harus memastikan bahwa suasana hatinya dalam keadaan senang. Hindari memarahi Si Kecil terlebih saat mereka hendak pergi tanpa Moms. Karena hal tersebut cenderung akan membuat moodnya menurun dan malahan menjadi tak tenang tanpa Moms.

Jangan lupa pula untuk memberikan bayangan betapa menyenangkannya karyawisata yang akan mereka jalankan. Buatlah mereka tak sabar menunggu saat-saat karyawisata.

4. Buat Perjanjian

shutterstock 592955501 (1)

Buatlah perjanjian kecil saat hendak memintanya untuk menikmati karyawisata tanpa Moms, misalnya dengan membuat negosiasi “bila adik tak menangis saat karyawisata, Mama janji akan membelikan ice cream kesukaan adik”.

Tak harus selalu dengan iming-iming hadiah, namun cara ini dinilai ampuh untuk membuat mereka mampu menepati janjinya pada Moms.

Baca Juga: Yuk Ajak Anak Jalan-Jalan! Ini 5 Rekomendasi Wisata Aquarium yang Seru dan Keren

5. Bekali Camilan Favoritnya

Guna mengantisipasi anak yang tiba-tiba tak nyaman saat melakukan perjalanan anak pergi karyawisata, alangkah baiknya Moms mempersiapkan camilan yang mereka sukai.

Beritahu pula pada guru mereka bahwa bila Si Kecil mulai merengek, berikan saja camilan yang telah Mom siapkan. Kebanyakan cara ini ampuh untuk membuat mereka lupa akan rasa tak nyamannya.

Dengan sejumlah perbekalan di atas, dijamin Moms akan lega melepas Si Kecil sementara dan merekapun juga tak akan merengek mencari-cari Moms.

(MDP)

Artikel Terkait