BALITA DAN ANAK
18 Maret 2020

5 Tips Nyaman Mudik bersama Bayi atau Balita

Mudik lancar, anak pun senang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tradisi mudik adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu pada saat hari Lebaran tiba. Meskipun akan sangat melelahkan dan butuh persiapan yang matang, keinginan untuk berkumpul bersama keluarga besar dan bersilaturahmi tetap lebih kuat dibandingkan dengan rasa lelahnya.

Begitu bertemu dengan keluarga besar yang jarang kita temui, rasa lelah selama perjalanan akan terbayar habis.

Namun untuk Moms yang mudik bersama bayi atau balita, butuh persiapan yang lebih banyak dan matang agar dapat mudik dengan nyaman.

Lalu hal-hal apa saja yang perlu Moms perhatikan dan siapkan secara matang? Ini dia tips dari dr. Cut Nurul Hafifah, Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah – Pondok Indah.

Baca Juga: Nyaman Mudik ke Kampung Halaman bersama Si Kecil

1. Rencanakan Perjalanan dengan Matang

mudik bersama anak, mudik bersama bayi/alita, nyaman mudik bersama bayi/balita

Tips nyaman mudik bersama bayi atau balita pertama yang perlu Moms lakukan adalah menentukan jenis transportasi mana yang akan dipilih (darat, laut, udara). Selain itu, persiapkan pula satu tas yang ringkas untuk membawa semua peralatan dan kebutuhan yang diperlukan bayi/balita.

Bila memilih menggunakan pesawat terbang, mintalah tempat duduk di kursi paling depan agar kita bisa menidurkan bayi di bassinet (kursi khusus bayi di pesawat) dengan nyaman.

2. Perhatikan Peraturan

mudik bersama anak, mudik bersama bayi/alita, nyaman mudik bersama bayi/balita

Tips nyaman mudik bersama bayi atau balita yang kedua adalah memerhatikan peraturan. Bila menggunakan pesawat terbang atau kereta api, pastikan Moms sudah memahami peraturan untuk bepergian sambil membawa anak.

Misalnya apakah Moms boleh membawa stroller atau usia berapa anak boleh dibawa bepergian dengan alat transportasi yang akan Moms gunakan.

Baca Juga: Barang yang Harus Dibawa Saat Mudik Naik Pesawat Bersama Balita

3. Pastikan Anak dalam Keadaan Sehat

mudik bersama anak, mudik bersama bayi/alita, nyaman mudik bersama bayi/balita

Tips nyaman mudik bersama bayi atau balita ketiga adalah memastikan Si Kecil dalam kondisi sehat.

Terutama bila Moms memilih pesawat terbang. Maka harus dipastikan buah hati kita tidak sedang mengalami gangguan kesehatan, seperti infeksi telinga tengah sehingga ia tidak akan merasa nyeri saat terjadi perubahan tekanan di udara.

Saat lepas landas, Moms bisa menyusui bayi, sedangkan balita dapat diminta mengisap

permen.

Untuk mencegah bising saat lepas landas, berikan tutup telinga kepada bayi atau balita. Jika Moms masih ragu apakah bayi atau balita boleh dibawa bepergian, konsultasikan langsung kepada dokter spesialis anak sebelum bepergian.

4. Membawa MPASI yang Praktis

mudik bersama anak, mudik bersama bayi/alita, nyaman mudik bersama bayi/balita

Tips nyaman mudik bersama bayi atau balita yang keempat adalah membawa MPASI yang praktis. Perjalanan selama mudik tidak bisa diprediksi. Bisa berlangsung lancar, bisa juga lama karena macet.

Untuk itu Moms harus mempersiapkan mpasi yang praktis untuk bayi yang sudah mulai mengonsumsi mpasi.

Kita bisa membawa biskuit, roti, keju, atau potongan buah yang disukai anak seperti pisang. Jangan menyiapkan makanan baru agar Si Kecil tidak perlu beradaptasi lagi.

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Budget Mudik Agar Masih Ada Sisa Setelahnya

5. Ciptakan Suasana yang Menyenangkan

mudik bersama anak, mudik bersama bayi/alita, nyaman mudik bersama bayi/balita

Tips nyaman mudik bersama bayi atau balita terakhir dalah ciptakan suasana yang menyenangkan. Hal ini perlu dilakukan apabila Moms dan keluarga mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Pastikan suasanya selama perjalanan seru dan menyenangkan. Moms bisa menyetel musik, bercerita selama peralanan, membawa mainan favorit anak, hingga memberikan camilan-camilan favorit.

Jangan biarkan Si Kecil hanya berdiam diri selama perjalanan, karena justru hal tersebut yang memicu mabuk. Dengan begini bisa dipastikan Moms bisa nyaman mudik bersama bayi/balita.

Moms juga dapat melengkapi kebutuhan mudik dengan berbelanja di promo mudik Orami, lho. Moms jadi tidak perlu repot mempersiapkan barang-barang keperluan mudik!

Itulah tips-tips sederhana yang bisa Moms lakukan untuk mempersiapkan diri sebelum perjalanan mudik dan selama perjalanan. Selamat menerapkan Moms!

Artikel Terkait