KESEHATAN
27 Mei 2018

6 Buah Terbaik Untuk Buka Puasa Yang Patut Dicoba

Serat dalam kurma juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Setelah tubuh seharian berpuasa, tentunya saat berbuka puasa harus mengonsumsi makanan yang dapat menggantikan energi maupun cairan tubuh yang lain.

Salah satu hal yang sangat dianjurkan adalah mengonsumsi buah-buahan saat berbuka, terutama buah-buah berikut:

Kurma

shutterstock 424008331 (1)

Pada urutan pertama tentulah buah yang sangat populer di bulan Ramadan, kurma. Kurma mengandung glukosa yang mudah diserap oleh tubuh sehingga mampu memulihkan energi.

Dalam kurma juga terdapat serangkaian nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin A, thiamin, zat besi, riboflavin, mineral, magnesium, dan kalium. Serat dalam kurma juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan.

Blewah

shutterstock 695568349

Buah yang satu ini juga tak kalah populer di bulan Ramadan, dimana blewah kerap dijadikan takjil berbuka puasa alias es blewah. Buah yang menyegarkan ini rupanya kaya akan vitamin A.

Tak hanya itu, blewah juga memiliki kandungan air yang banyak sehingga dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Baca Juga : 5 Cara Memilih Buah yang Matang

Semangka

shutterstock 439368238

Buah yang juga memiliki banyak kandungan cairan adalah semangka. Mengonsumsi semangka akan menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Semangka juga mudah dicerna dan diasimilasi oleh tubuh sehingga dapat memberikan asupan energi.

Pepaya

shutterstock 624154523

Proses pencernaan yang mungkin terganggu saat bulan Ramadan dapat dibantu pulihkan oleh pepaya.

Buah ini mengandung enzim papain yang baik untuk proses pencernaan. Enzim papain ini juga berguna untuk mengatur asam amino dan mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pir

shutterstock 310951742

Pir memiliki kandungan mineral, vitamin, dan kandungan senyawa lain yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan kalium, vitamin C, vitamin K, fenolik, folat(vitmin B9), serat , tembaga, mangan, magnesium, serta vitamin B-kompleks juga ternyata sangat baik untuk pencernaan dan kesehatan usus.

Pisang

shutterstock 269712092

Bila Moms bosan mengonsumsi kolak, maka bisa mengganti dengan buahnya langsung yaitu pisang.

Buah pisang kaya akan serat dan memiliki karbohidrat yang mudah dicerna sehingga mampu mengembalikan energi tubuh setelah seharian puasa.

Jadi, jangan lupa siapkan buah-buah ini untuk berbuka puasa ya, Moms!

(MDP)

Artikel Terkait