KEHAMILAN
20 November 2019

6 Tanda Melahirkan Sudah Dekat, Siap-Siap Moms!

Kram perut yang dirasakan bisa lebih sakit daripada saat menstruasi
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Bahkan mereka sudah pernah melahirkan sebelumnya juga pasti tidak bisa selalu mengetahui kapan tanda-tanda persalinan dimulai.

Hal ini dikarenakan banyak tanda-tanda awal persalinan yang samar dan mudah disalahartikan. Misalnya apakah kram merupakan tanda kontraksi, atau apakah itu akibat dari makanan yang kita makan semalam?

Sulit untuk memprediksi bagaimana tanda-tanda melahirkan sudah dekat, karena setiap kelahiran berbeda, tetapi mengetahui apa persalinan dan tanda-tanda apa yang harus diperhatikan akan membantu memberikan petunjuk bahwa hampir waktunya untuk bertemu bayi.

Baca Juga: Mengenal Gentle Birth Sebagai Alternatif Metode Melahirkan

Bahkan berdasarkan jurnal Early Signs and Symptoms of Preterm Labor, kelahiran memiliki tanda-tanda seperti kontraksi uterus, kram menstruasi, sakit punggung, tekanan panggul konstan, peningkatan jumlah dan perubahan warna keputihan, serta peningkatan frekuensi buang air.

Bagaimana penjelasan mengenai tanda melahirkan sudah dekat lebih lanjut? Yuk cek di bawah ini.

1. Tekanan Panggul

tanda melahirkan sudah dekat

Keringanan didefinisikan sebagai turunnya bayi ke panggul, yang dapat terjadi sedini dua hingga empat minggu sebelum persalinan.

Tanda melahirkan sudah dekat ini, biasanya disertai dengan peningkatan frekuensi buang air kecil, serta tekanan panggul dan dubur. Selain itu, Moms juga mungkin mengalami sedikit sesak napas saat bayi tenang dan menjauh dari diafragma.

2. Hilangnya Gumpalan Lendir

Tanda yang menunjukkan melahirkan sudah dekat satu ini bisa terjadi satu hingga dua minggu atau hanya beberapa jam sebelum persalinan, bahkan tidak sama sekali.

Dan ini bukan sumbat, melainkan gumpalan lendir kental yang dikeluarkan melalui saluran serviks dan vagina. Ketika bercampur dengan darah, gumpalan ini disebut ‘bloody show’. Terkadang tanda ini diikuti oleh kontraksi ringan.

Baca Juga: Catat, Begini Cara Membedakan Kram Perut Menstruasi dengan Tanda Awal Kehamilan

3. Pecah Ketuban

tanda melahirkan sudah dekat

Tanda melahirkan sudah dekat selanjutnya adalah ‘kantong air’ yang mengelilingi bayi, akan secara spontan pecah sebelum persalinan untuk beberapa wanita.

Pecah ketuban ini juga bisa dimulai dengan tetesan yang lambat. Tetapi mengenali perbedaan antara cairan ketuban yang pecah secara perlahan dan air seni tidak mudah.

“Cairan ketuban jelas disertai dengan sedikit bau apek," kata Robert H. Hayashi, direktur dan profesor kedokteran ibu-janin di University of Michigan, Ann Arbor.

4. Terjadi Kontraksi

tanda melahirkan sudah dekat

Salah satu tanda pasti melahirkan sudah dekat adalah kontraksi yang berkembang dalam intensitas, frekuensi, dan durasi yang sering.

“Kontraksi yang sebenarnya menyebabkan ketidaknyamanan yang sangat signifikan di bagian punggung bawah atau perut sehingga Moms merasa sangat sakit hingga tidak dapat berbicara,” jelas Robert H. Hayashi.

Banyak wanita menggambarkan kontraksi sebagai kram menstruasi yang amat sangat menyakitkan.

Baca Juga: Kenali Berbagai Macam Kontraksi Pada Ibu Hamil

5. Darah yang Bocor

Darah atau cairan yang bocor dari vagina, atau perubahan cairan, bisa menjadi tanda melahirkan sudah dekat. Segera hubungi dokter Moms memiliki gejala ini, bisa jadi air ketuban sudah pecah.

6. Kram dan Sakit Punggung

tanda melahirkan sudah dekat

Tanda melahirkan sudah dekat lainnya adalah mengalami kram seperti menstruasi, dengan atau tanpa diare. Kita juga mungkin mengalami sakit punggung yang amat sangat, pastikan untuk menghubungi dokter jika ini terjadi.

Itu dia Moms, beberapa tanda jika waktu untuk melahirkan sudah dekat. Dengan mengetahui tanda-tanda ini, Moms bisa lebih mempersiapkan diri untuk persalinan.

Artikel Terkait