PARENTING
7 Juni 2019

7 Cara Me Time Buat Ibu Baru yang Hanya Punya Waktu 10 Menit

Tak perlu melakukan perawatan spa selama berjam-jam, hal kecil pun bisa menjadi me time
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Tanyakanlah pada setiap ibu baru, pengalaman memiliki bayi baru mungkin adalah perasaan yang paling menggembirakan yang pernah dialami.

Moms akan merasakan luapan cinta dan kebahagiaan. Sayangnya, Moms juga akan merasakan begitu banyak hal berjalan terlalu lambat, pekerjaan rumah yang tak pernah habis dan rengekan bayi yang seolah tiada henti.

Segudang aktivitas itu tentunya tidak menyisakan banyak waktu untuk relaksasi atau sekedar me time.

Untuk merawat bayi dengan baik, tentunya Moms harus merawat diri sendiri terlebih dahulu, sebab ibu yang bahagia akan membesarkan anak yang bahagia pula.

Tidak perlu repot untuk me time ke spa kok, karena me time bisa dilakukan hanya dalam waktu yang singkat. Ini dia cara me time buat ibu baru yang hanya punya waktu 10 menit!

Baca Juga: Hati-hati, Ini 5 Kekhawatiran Ibu Baru yang Mungkin Moms Alami

1. Pergi ke Tempat Makan

Cara Me Time Buat Ibu Baru

Titipkan Si Kecil sebentar ke neneknya, ambil kunci mobil, lalu berkendaralah menuju restoran atau kafe favorit di dekat rumah.

Ambillah 10 menit untuk makan di sana benar-benar menikmati waktu makan. Hanya memesan secangkir kopi pun rasanya akan sangat luar biasa.

Me time buat ibu baru ini bisa mengembalikan energi, sebab makanan yang lezat dan secangkir kopi tentunya membuat bahagia bukan?

2. Video Call Ibu atau Sahabat

Cara Me Time Buat Ibu Baru

Berada di rumah bersama bayi sepanjang hari dapat membuat Moms sedikit kesepian. Berkat teknologi, Moms tidak perlu meninggalkan rumah secara fisik.

Melakukan percakapan hangat di video call dengan ibu atau sahabat selama 10 menit sudah cukup untuk mengisi ulang kembali tenaga serta semangat Moms.

3. Belanja

Cara Me Time Buat Ibu Baru

Cara me time buat ibu bari selanjutnya adalah shopping! Waktu 10 menit mungkin tidak cukup untuk belanja di mal, tapi bukan berarti Moms tidak bisa berbelanja.

Manfaatkan berbagai layanan belanja online, mulai dari ecommerce sampai online shop di Instagram.

Manjakan diri dengan sesuatu yang Moms minati. Moms akan merasa senang saat memilih-milih belanjaan.

Baca Juga: 5 Pengaruh Depresi Postpartum Ibu Terhadap Bayi yang Baru Lahir

4. Baca Buku Favorit

Cara Me Time Buat Ibu Baru

Banyak yang percaya bahwa membaca adalah bentuk pelarian terbaik. Bahkan jika Moms hanya melewati lima halaman dalam 10 menit, pikiran akan berada di tempat lain selama itu.

Biarkan diri larut selama 10 menit dalam cerita di buku tersebut. Membaca buku juga dapat memicu kreativitas dan ide-ide baru.

5. Beralih ke Kertas

Cara Me Time Buat Ibu Baru

Jika Moms merasa sedikit kewalahan sejak memiliki bayi, senang rasanya jika dapat menulis perkembangan Si Kecil.

Me time buat ibu baru yang satu ini sekaligus dapat menjadi terapi. Menulis dalam buku harian atau jurnal adalah cara yang bagus untuk merekam ingatan, serta menuangkan segala perasaan tanpa takut hal tersebut bocor ke banyak orang.

Moms juga dapat melihatnya kembali bertahun-tahun kemudian dan mengenang kembali masa-masa saat menjadi ibu baru.

Baca Juga: 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ibu Baru, Moms Juga Pernah?

6. Olahraga

Cara Me Time Buat Ibu Baru

Mengapa tidak melakukan beberapa olahraga untuk me time? Moms bisa kok berolahraga dalam 10 menit.

Lakukan gerakan-gerakan senam kecil sambil diiringi lagu-lagu yang upbeat. Olahraga singkat ini akan membantu kembali ke tubuh Moms sebelum hamil dan membuat tetap berenergi.

7. Manjakan Diri

Cara Me Time Buat Ibu Baru

Me time buat ibu baru yang paling didambakan adalah spa atau facial. Tapi Moms tidak akan bisa mendapatkan perawatan spa mewah dalam 10 menit, namun memanjakan diri dengan masker wajah atau masker mata juga akan sangat menyenangkan.

Ada beberapa masker yang bisa dibuat di rumah. Cobalah campuran oatmeal, yogurt, dan madu - diamkan selama 10 menit dan bersihkan. Perawatan diri ini akan meremajakan dan membersihkan wajah dalam sekejap.

Ternyata, mendapatkan me time buat ibu baru tidak sesulit yang dibayangkan. Nikmati waktu Moms bersama Si Kecil, dan luangkanlah waktu sebentar untuk diri sendiri setiap harinya selama 10 menit. Selamat mencoba!

(FAR/INT)

Artikel Terkait