3-12 BULAN
17 Juni 2019

7 Cara Membuat Bayi Nyaman Selama Imunisasi

Digendong atau disusui juga bisa kok Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan

Sebelum berusia dua tahun, bayi mendapatkan suntikan setidaknya hingga 20 kali selama imunisasi. Di mana suntikan ini berfungsi melindungi mereka dari berbagai penyakit berbahaya.

Namun, imunisasi bisa jadi menjadi momen yang sulit bagi Si Kecil ataupun Moms. Sehingga tidak heran jika kemudian banyak orang tua baru yang bertanya-tanya bagaimana cara membuat bayi nyaman saat diimunisasi.

Tidak sulit kok Moms. Berikut merupakan beberapa cara menenangkan dan membuat bayi nyaman selama imunisasi dari para dokter yang bisa Moms coba terapkan pada buah hati.

Baca Juga: Ingin Imunisasi Si Kecil? Ketahui Aturan Wajib sebelum Melakukan Vaksinasi

1. Membuat Bayi Nyaman Selama Imunisasi dengan Pelukan

Membuat Bayi Nyaman Selama Imunisasi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, orang tua harus tetap berada di dekat bayi sehingga bisa mengalihkan perhatian dan menenangkan mereka selama imunisasi.

“Pilihan yang paling ideal adalah dengan menggendong bayi. Pastikan agar lengan atas atau pahanya terbuka sehingga dokter bisa memberikan suntikan dengan leluasa. Bayi yang lebih tua bisa dipangku menghadap ke orang tuanya. Biarkan bayi tetap berpakaian sehingga bisa langsung diajak pergi setelah disuntik,” saran Ken Heller, MD, profesor pediatri Saint Louis University di Missouri, seperti dikutip dari Everydayhealth.com.

2. Menyusui untuk Membantu Mengurangi Nyeri Akibat Suntikan

Membuat Bayi Nyaman Selama Imunisasi

Menyusui bisa membantu membuat bayi nyaman selama imunisasi. Sebab menyusui dapat menenangkan bayi dan meringankan rasa sakit akibat suntikan selama imunisasi.

Bahkan cara ini dianggap lebih baik dibandingkan memberikan semprotan penghilang nyeri. Untuk waktu yang direkomendasikan adalah sebelum atau setelah dokter memberikan suntikan pada bayi.

3. Alihkan Perhatian Bayi Pada Hal yang Disukai

Membuat Bayi Nyaman Selama Imunisasi

Mengalihkan perhatian bayi adalah salah satu langkah yang juga disarankan untuk membantu mengurangi rasa sakit karena imunisasi.

Jadi, jangan lupa untuk membawa mainan atau benda yang disukai oleh Si Kecil. Biarkan ia memegang mainan favoritnya selama dokter melakukan imunisasi.

Baca Juga: Ingin Imunisasi Si Kecil? Ketahui Aturan Wajib sebelum Melakukan Vaksinasi

4. Tetap Tenang Selama Imunisasi

Membuat Bayi Nyaman Selama Imunisasi

“Jika Moms cemas, bayi akan merasakannya dan mereka juga akan menjadi cemas. Cobalah untuk bersikap tenang, tunjukkan kasih sayang Moms seperti biasanya, dan jangan sampai tampak merasa bersalah,” kata Roy Benaroch, M.D., asisten profesor pediatri klinis Emory University di Atlanta, sebagaimana dilansir dari Parents.com.

5. Membuat Bayi Nyaman Selama Imunisasi dengan Pijatan

Membuat Bayi Nyaman Selama Imunisasi

Berikan pijatan ringan ke kaki bayi segera setelah disuntik. Cara ini dipercaya bisa membantu mengurangi rasa nyeri dari suntikan di kulit bayi dan vaksin yang masuk ke dalam ototnya.

6. Berikan Acetaminophen

Membuat Bayi Nyaman Selama Imunisasi

Jika buah hati tidak bisa ditenangkan dan tampak sangat kesakitan setelah disuntik, cobalah untuk menanyakan pada dokter mengenai Acetaminophen atau Tylenol yang direkomendasikan untuk bayi seusia Si Kecil.

Namun, jangan memberikannya kepada bayi sebelum imunisasi sebagai upaya untuk mencegah timbulnya rasa sakit. Karena tindakan tersebut bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuhnya terganggu.

Baca Juga: 6 Tips Efektif Mengatasi Demam Setelah Imunisasi pada Anak

7. Imunisasi Tandem

Membuat Bayi Nyaman Selama Imunisasi

Pada usia 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan, kebanyakan bayi akan mendapatkan tiga suntikan atau lebih dalam sekali waktu imunisasi. Lakukan saja sebagaimana rekomendasi dokter. Mungkin ini terlihat lebih menyakitkan bagi bayi, tetapi faktanya justru sebaliknya.

Mengutip Webmd.com, John W, Harrington, M.D., profesor pediatri di Eastern Virginia Medical School, menjelaskan bahwa hal tersebut dikarenakan ketika tubuh menerima dua suntikan sekaligus (di masing-masing paha atau lengan), otak akan menjadi bingung. Maka dari itu, bayi justru tidak akan merasa terlalu kesakitan.

Demikianlah beberapa cara menenangkan dan membuat bayi nyaman saat imunisasi. Meskipun sangat jarang bagi bayi mendapatkan efek samping serius, jika Si Kecil menangis histeris selama lebih dari tiga jam atau mengalami demam tinggi, kejang, pembengkakan pada wajah, atau kesulitan menggerakkan anggota tubuhnya yang disuntik, segera dapatkan bantuan medis.

Namun, jika hanya mengalami reaksi ringan seperti kemerahan di tempat suntikan, demam ringan, rewel, atau sedikit kehilangan nafsu makan, Moms tidak perlu khawatir. Itu adalah tanda-tanda bahwa sistem kekebalan tubuhnya sedang merespons vaksin imunisasi dengan baik.

(RGW)

Artikel Terkait