TRIMESTER 1
23 September 2020

13 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Terduga!

Bantu atasi mual hingga menyehatkan kulit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Yuk, Moms, kenali manfaat air kelapa untuk ibu hamil di sini. Kelapa tumbuh melimpah di negara-negara tropis, dan air kelapa telah dikonsumsi selama berabad-abad karena diketahui memiliki sifat mengobati.

Air kelapa sering direkomendasikan untuk orang sakit, dan ternyata air kelapa juga bermanfaat untuk wanita hamil.

Manfaat mengonsumsi air kelapa saat hamil bervariasi. Mulai dari membantu mengatur saluran pencernaan, mengurangi mual di pagi hari, hingga membantu mengatasi sembelit.

Saat hamil, Moms disarankan meninggalkan minuman kemasan yang memiliki kadar gula tinggi. Nah, air kelapa bisa menjadi minuman alternatif pengganti yang bergizi dan beraroma.

Untuk mengatasi rasa lelah dan lelah, Moms juga disarankan meminum segelas air kelapa setiap hari karena mengandung banyak mineral penting yang dapat bermanfaat bagi ibu hamil.

Waktu terbaik untuk minum air kelapa selama kehamilan adalah pada pagi hari, karena nutrisi dan elektrolit yang dikandungnya mudah diserap saat perut kosong. Minuman ini kaya akan kalium, natrium, serat makanan, gula sedang, vitamin, dan protein. Bahkan air kelapa dikatakan dapat membantu melawan dehidrasi karena mual di pagi hari selama periode awal kehamilan.

Karena kandungan seratnya yang tinggi, segelas air kelapa di pagi hari dapat membantu meredakan sembelit. Selama trimester kedua kehamilan, juga bisa membantu mengatasi tekanan darah karena kaya kalium. Namun, karena minuman ini berkalori tinggi, wanita yang cenderung bertambah berat badannya harus berhati-hati.

Karena dianggap bersifat diuretik juga, ibu hamil pasti akan lebih sering ke kamar kecil. Moms yang sedang menjalani pengobatan tekanan darah juga harus berhati-hati saat mengonsumsi air kelapa karena kadar kalium dalam minuman dapat menurunkan tekanan darah.

Berikut ini ada sejumlah manfaat air kelapa untuk ibu hamil lainnya.

Baca Juga: Sedang Tren, Ketahui Apa Itu Cuka Kelapa dan Manfaatnya

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa Saat Hamil 02.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Air kelapa dari kelapa muda yang lembut adalah minuman isotonik yang menyegarkan, berenergi, manis, dan jernih yang membantu tubuh Moms mengisi kembali cairan yang hilang.

Memang aman untuk minum air kelapa saat hamil. Namun, seperti makanan lainnya, jangan konsumsi berlebihan.

Yuk, cari tahu apa saja manfaat dari minum air kelapa untuk kehamilan. Siapa tahu ada manfaat yang belum Moms ketahui!

1. Mengatasi Rasa Lelah

7 Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa Saat Hamil 01.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Untuk mengatasi rasa lelah, disarankan Moms minum air kelapa saat hamil satu gelas setiap hari. Air kelapa mengandung mineral penting yang dapat bermanfaat bagi wanita hamil.

Waktu terbaik untuk minum air kelapa saat hamil adalah di pagi hari. Karena nutrisi dan elektrolit yang dikandungnya mudah diserap saat perut kosong.

Air kelapa mengandung asam laurat/ lauric. Michelle-Lee Young dalam bukunya Two Trees and Twelve Fruits That Will Change Your Life Forever menuliskan, lauric adalah asam penangkal penyakit yang membunuh bakteri berbahaya dan infeksi seperti flu, HIV, dan mempertahankan bakteri baik.

Minumlah segelas air kelapa segar setiap hari, karena nilai gizi kelapa menghilangkan kelelahan dan kelesuan.

2. Membantu Atasi Mual

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil juga bisa dirasakan saat periode awal kehamilan.

Dehidrasi karena mual di pagi hari merupakan gejala umum kehamilan. Namun, karena minuman ini berkalori tinggi, wanita yang memiliki kecenderungan untuk menambah berat badan harus berhati-hati.

Karena itu juga dianggap sebagai diuretik, wanita hamil mungkin perlu melakukan kunjungan lebih sering ke kamar kecil.

Baca Juga: Apa Benar Air Kelapa Muda Bisa Membuang Racun?

3. Meringankan Sembelit

7 Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa Saat Hamil 03.jpg

Foto: drlalpathlabs.com

Karena kandungan seratnya yang tinggi, minum air kelapa saat hamil sebanyak segelas di pagi hari dapat membantu meringankan sembelit.

Selama paruh kedua kehamilan, itu juga bisa membantu dalam mengatasi tekanan darah karena kaya akan kalium.

Wanita yang sedang menjalani pengobatan untuk tekanan darah harus berhati-hati saat mengonsumsi air kelapa karena kadar kalium dalam minuman dapat menurunkan tekanan darah.

4. Baik untuk Rehidrasi

Air kelapa adalah minuman alami yang kaya akan vitamin, elektrolit, dan mineral. Ini bisa menjadi salah satu manfaat air kelapa untuk ibu hamil.

Baru-baru ini air kelapa mendapatkan reputasi sebagai minuman yang lebih baik merehidrasi tubuh dibandingkan daripada H2O edisi standar.

“Air kelapa dapat menjadi pilihan minuman lain selama kehamilan, karena dapat menghidrasi dan menyediakan elektrolit,” kata ahli diet Alyssa Pike, manajer komunikasi nutrisi untuk Dewan Informasi Pangan Internasional.

Menurut Andrea Giancoli, ahli diet terdaftar dan juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics, air kelapa bisa dijadikan pengganti minuman manis dalam kemasan.

"Dalam beberapa tahun terakhir, air kelapa baru saja meledak di kancah kesehatan," kata Giancoli, mengutip Baby Gaga.

Rasa haus dapat dikurangi secara efektif dengan minum air kelapa. Para peneliti telah menetapkan bahwa air kelapa adalah bantuan rehidrasi yang efektif.

Air kelapa juga kaya akan kalium, natrium, serat makanan, gula sedang, vitamin dan protein.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

7 Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa Saat Hamil 05.jpg

Foto: superbaby.com

Air kelapa adalah minuman bebas kolesterol dan dapat dinikmati kapan saja. Moms dapat minum air kelapa saat hamil untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta melindungi janin. Sebab, air kelapa kaya akan vitamin dan antioksidan penting.

’’Ini terutama kaya kalium. Dan kalium adalah sesuatu yang banyak dari kita tidak cukup karena kita tidak cukup makan buah-buahan atau sayuran,” kata Giancoli.

Kandungan asam laurat dalam air kelapa juga membantu dalam produksi anti-virus yang membunuh bakteri berbahaya.

Baca Juga: Moms, Waspadai 5 Gejala Kekurangan Vitamin D Pada Balita Ini

6. Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Karena air kelapa adalah diuretik alami, ia menyeimbangkan kadar asam urat dalam tubuh, mengeluarkan racun dan membersihkan saluran kemih.

Kehadiran magnesium, potasium dan mineral lainnya membantu dalam peningkatan output urin yang sangat penting selama kehamilan. Minum air kelapa saat hamil dapat mengurangi risiko pembentukan batu ginjal.

7. Menyehatkan Kulit

7 Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa Saat Hamil 07.jpg

Foto: hellodoctor.com

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil selanjutnya yaitu dapat menghidrasi tubuh, sehingga mampu meningkatkan elastisitas kulit. Dengan demikian, air kelapa dapat mengurangi stretch mark yang disebabkan selama kehamilan.

Praktisi kesehatan Katherine Zeratsky, RD, LD mengatakan bahwa air kelapa bukanlah air dengan tambahan rasa kelapa. Ini adalah cairan bening di dalam kelapa.

Berbeda dengan santan, yang merupakan emulsi air kelapa dan kelapa parut segar. Jadi air kelapa adalah sejenis jus.

8. Dapat Mengurangi Tekanan Darah

Bagi Moms yang memiliki tekanan darah tinggi selama kehamilan, minum air kelapa saat hamil dapat menjadi pilihan karena potasiumnya. Nutrisi ini dikenal sebagai kontributor untuk mengatur aliran dan tekanan darah.

Satu studi dalam jurnal National Library of Medicine, menemukan bahwa minum air kelapa selama 2 minggu mengurangi tekanan darah sistolik pada 71 persen partisipan.

Tentu saja, minuman buah ini tidak boleh digunakan sebagai pengganti pengobatan untuk tekanan darah tinggi atau preeklampsia. Bicaralah dengan dokter tentang pilihan perawatan terbaik untuk kondisi ini.

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Ketahui 5 Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Balita

9. Dapat Membantu Pertumbuhan Janin

7 Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa Saat Hamil 04.jpg

Foto: momtricks.com

Moms mungkin pernah mendengar betapa pentingnya vitamin dan mineral untuk perkembangan bayi, karena itu disarankan dokter untuk mengonsumsi vitamin prenatal kita. Sedikit banyak, air kelapa bisa menambah campuran ini. Tergantung pada mereknya, mikronutriennya termasuk kalsium, kalium, dan magnesium.

Selama kehamilan, suplementasi magnesium telah dikaitkan dengan peningkatan berat badan lahir dan penurunan risiko preeklamsia. Kalsium adalah nutrisi lain yang harus diperhatikan. Kalsium sangat penting untuk perkembangan tulang dan gigi, namun air kelapa bukanlah penampung zat gizi mikro untuk kehamilan.

Dalam Journal of Current Trends in Clinical Medicine & Laboratory Biochemistry, peneliti telah menemukan bahwa minum air kelapa saat hamil mengandung senyawa aktif biologis tertentu dan faktor pemacu pertumbuhan.

Selain itu, manfaat air kelapa untuk ibu hamil juga menawarkan semua nutrisi penting bagi ibu yang diyakini dapat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan janin.

Meskipun air kelapa mengandung sedikit mineral, penting untuk berkonsentrasi pada konsumsi makanan padat nutrisi yang kaya akan makanan utuh yang menyediakan zat gizi makro dan mikro penting yang dibutuhkan untuk kesehatan janin dan ibu.

10. Kadar Gula Rendah

Kelesuan sering terjadi selama kehamilan. Karena itu, Moms mungkin mencari minuman berenergi.

Namun, asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara keseluruhan. Moms bisa minum air kelapa saat hamil dengan kadar gula rendah dan tidak berlebihan.

Mengutip Mom Junction, 100 gram air kelapa memiliki 2,1 gram gula, yang lebih rendah dari minuman energi lainnya. Ini tidak akan menambah berat kehamilan, dan diet rendah gula sederhana akan menurunkan risiko terkena diabetes gestasional.

11. Mengganti Elektrolit yang Hilang Akibat Mual di Pagi Hari

manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Ketika mual dan muntah membuat Moms tidak bisa menghitungnya lagi, kemungkinan elektrolit air kelapa dapat membantu sistem pencernaan ibu hamil lebih stabil. Wanita dengan hiperemesis gravidarum, bentuk ekstrim mual di pagi hari, sering kali memerlukan elektrolit tambahan untuk mengganti kehilangan akibat muntah yang berlebihan.

Air kelapa mengandung elektrolit berharga seperti kalium, natrium, dan magnesium.

12. Dapat Meredakan Refluks Asam

Sakit maag yang berhubungan dengan kehamilan memang sering terjadi. Saat perut Moms mulai tumbuh besar, dan progesteron melemaskan katup perut, cairan dalam lambung dapat menggelembung naik ke kerongkongan kita, menyebabkan rasa tidak nyaman dan sendawa asam yang tidak enak.

Beberapa ibu hamil mengatakan bahwa menyesap air kelapa menenangkan refluks mereka. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

13. Minuman yang Baik setelah Olahraga

air kelapa untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Satu analisis penelitian menemukan bahwa air kelapa sama melembapkannya dengan air biasa untuk memulihkan hidrasi setelah olahraga yang lama dan menawarkan hidrasi yang lebih lengkap daripada air bila mengandung sedikit natrium.

Nah, untuk Moms yang suka olahraga selama kehamilan, air kelapa dapat membuat rehidrasi yang menyegarkan setelah segala jenis olahraga ramah kehamilan yang berkepanjangan, seperti jalan kaki, berenang, atau prenatal yoga.

Karena air kelapa juga mengandung elektrolit dan beberapa karbohidrat, air kelapa juga dapat membantu menjaga keseimbangan hidrasi.

Itulah manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Untuk menikmati manfaat minuman ini, sebaiknya dikonsumsi segera setelah kelapa dipotong. Ikuti saran dokter jika Moms bingung menyeimbangkan asupan nutrisi lain di luar konsumsi air kelapa.

Artikel Terkait