TRIMESTER 1
31 Maret 2020

Ketahui Manfaat Beras Merah untuk Ibu Hamil, Sehat!

Beras merah bisa menjadi pilihan karbohidrat yang baik untuk ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, tetap berhati-hati untuk setiap jenis makanan yang dikonsumsi selama hamil.

Secara tidak langsung, hal tersebut dapat memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Umumnya, nutrisi yang baik untuk ibu hamil adalah folat, serat, magnesium, zat besi, dan zinc.

Melihat berbagai jenis nutrisi yang Moms butuhkan saat hamil, beras merah menjadi salah satu sumber karbohidrat yang baik.

Manfaat Beras Merah untuk Ibu Hamil

Beras merah dapat menjadi sumber energi saat hamil. Lantas, apa saja manfaat beras merah selama hamil? Ini ulasannya.

1. Sumber Antioksidan yang Baik

Manfaat Beras Merah untuk Ibu Hamil-1.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Secara umum, nasi mengandung zat besi, magnesium, vitamin B, dan serat.

Hanya saja, berbeda jenis berat, maka dapat berbeda pula kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Nah, beras merah dinilai menjadi sumber serat yang baik untuk Moms konsumsi saat hamil.

Bahkan bisa dikatakan, beras merah adalah jenis berat yang paling bergizi untuk dimakan.

“Hanya beras merah mengandung senyawa yang disebut anthocyanin. Kandungan ini yang kemudian membuat beras merah memiliki lebih banyak nutrisi. Dari segi kalori, beras merah memiliki kalori yang mirip dengan beras lainnya, namun kandungan seratnya jauh lebih tinggi,” ujar Chloe McLeod, konsultan nutrisi dari Amerika Serikat.

Anthocyanin ini bisa disebut juga sumber antioksidan yang baik untuk tubuh, terutama saat kehamilan.

Ketika mengonsumsi makanan dengan antioksidan yang tinggi dapat mencegah anak lahir dengan terkena diabetes dan kelebihan berat badan atau obesitas.

Nutrisi ini juga dapat menjaga kesehatan Moms selama hamil agar tetap aktif bergerak setiap harinya.

Baca Juga: 4 Manfaat Manggis untuk Ibu Hamil, Kaya Nutrisinya!

2. Sumber Nutrisi yang Baik

Manfaat Beras Merah untuk Ibu Hamil-2.jpg

Foto: cooking.nytimes.com

Seperti yang Moms ketahui, ada beberapa gejala yang tidak nyaman terjadi saat hamil, seperti perut kembung, mual, diare, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya.

Hal ini disebabkan karena fluktuasi hormon terjadi begitu cepat. Untuk itu, sering muncul gejala yang tidak nyaman pada bumil.

Beras merah mengandung serat yang baik untuk ibu hamil. Beras merah juga merupakan sumber seng, zat besi, kalsium, magnesium, selenium, protein, dan kalium.

Zat besi penting untuk menciptakan sel darah merah pembawa oksigen yang sehat. Seng dan mangan membantu dalam menjaga metabolisme Moms saat hamil.

Selenium melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan nutrisi penting untuk produksi DNA. Untuk itu, beras merah sering disebut baik untuk kesehatan kulit.

Hal ini disebabkan nasi merah mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah tanda penuaan dini dan mengurangi risiko terkena kerusakan kulit yang disebabkan oleh UV.

Baca Juga: 4 Manfaat Beras Merah untuk Diabetes, Sehat Banget!

Nutrisi Lainnya untuk Ibu Hamil

Manfaat Beras Merah untuk Ibu Hamil-3.jpg

Foto: motherandbaby.co.uk

Studi dari Department of Primary Industries tentang makanan yang aman untuk ibu hamil, disebutkan beberapa jenis nutrisi selama kehamilan yang harus dipenuhi.

Folat adalah vitamin B yang berguna untuk perkembangan bayi selama awal kehamilan sehingga dapat mencegah kelainan kelahiran seperti spina bifida. Moms dapat temukan dalam bayam, brokoli, buncis, dan kacang-kacangan.

Yodium juga penting untuk ibu hamil dan menyusui. Kekurangan yodium selama kehamilan dapat menyebabkan perkembangan keterampilan motorik dan pendengaran anak nantinya terganggu.

Untuk itu, penuhi kebutuhan yodium melalui jenis makanan telur, ikan, dan sayuran.

Pastikan makanan yang Moms konsumsi saat hamil sudah dimasak dengan tingkat kematangan sempurna.

Baca Juga: 7 Manfaat Makan Cokelat saat Hamil, BIsa Kurang Risiko Preeklamsia

Itulah manfaat beras merah untuk ibu hamil yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan janin.

Pastikan juga Moms memiliki waktu tidur yang cukup dan tetap aktif bergerak selama hamil, ya!

Artikel Terkait