TREN
17 Juli 2019

7 Tips Feng Shui di Rumah Agar Anak Sehat dan Cerdas

Perhatikan letak meja belajar dan tempat tidur agar anak cerdas dan sehat
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Dina Vionetta

Prestasi akademis Si Kecil ternyata bukan hanya ditentukan dari kemampuannya menerima pelajaran. Ternyata, tata letak barang-barang di kamar Si Kecil pun berpengaruh lho Moms.

Tahukah Moms, kalau prinsip feng shui sudah banyak digunakan oleh orang tua dan pengajar sejak 6.000 tahun lalu untuk mendukung prestasi dan kesehatan anak?

Pada dasarnya, feng shui adalah metode kuno yang memanfaatkan penempatan benda untuk menciptakan aliran chi atau energi baik yang mengundang kebahagiaan, kebaikan, serta harmoni.

Ahli Feng Shui dan Vaastu Rupal Mehta Turner mengatakan bahwa tata letak benda-benda yang ada di kamar bisa membantu Si Kecil jadi anak yang cerdas dan sehat. Seperti apa? Yuk kita cari tahu di bawah ini Moms!

1. Tempat Belajar Khusus Di Area Barat Daya

7 tips feng shui agar anak sehat dan cerdas 1

Pinterest.com

Aturan pertama feng shui agar anak cerdas dan fokus belajar adalah menyiapkan tempat belajar khusus di area timur laut rumah yang memiliki elemen tanah dan berlimpah energi positif.

Idealnya, tempat belajar anak tidak menyatu dengan kamar tidur serta dilengkapi dengan meja dan kursi khusus. Tapi bila tidak memungkinkan, Moms bisa menyiapkan area khusus tempat belajar Si Kecil yang tidak digunakan untuk aktivitas lain.

Baca Juga: 5 Tips Membiasakan Anak Untuk Membereskan Kamar Tidurnya

2. Area Belajar Harus Terang

7 tips feng shui agar anak sehat dan cerdas 2

Kidspot.co.nz

Menurut feng shui, strategi terbaik untuk menangkal nilai jelek dan meningkatkan konsentrasi adalah menerangi area belajar dengan cahaya alami di siang hari dan lampu terang di malam hari.

Itulah kenapa area belajar sebaiknya berada dekat jendela serta dilengkapi dengan lampu yang diletakkan di bagian tenggara meja belajar.

Baca Juga: Feng Shui untuk Kesuburan, Mungkinkah?

3. Meja dan Kursi Belajar Tidak Membelakangi Pintu

7 tips feng shui agar anak sehat dan cerdas 3

Sun-sentinel.com

Penempatan meja belajar juga penting dalam aturan feng shui agar anak cerdas lho, Moms. Meja belajar tidak boleh membelakangi pintu atau langsung menghadap dinding, namun tidak boleh juga menghadap atau membelakangi rak dan lemari terbuka.

Saat belajar, punggung anak sebaiknya langsung membelakangi dinding solid sebagai dukungan kuat untuk pendidikan dan proses pembelajarannya.

4. Tambahkan Elemen Matahari, Kulit Kerang, dan Ikan

7 tips feng shui agar anak sehat dan cerdas 4

Amazon.com

Menurut feng shui, menambahkan elemen kulit kerang, ikan koi, atau ikan mas yang melambangkan kesuksesan pendidikan juga bisa meningkatkan kemampuan belajar anak.

Sedangkan elemen matahari dikatakan dapat meningkatkan prestasi anak di sekolah, terutama jika anak sedang menghadapi ujian kelulusan atau mengikuti lomba.

5. Tempat Tidur Merapat Pada Dinding

7 tips feng shui agar anak sehat dan cerdas 5

Idealhome.co.uk

Sedangkan dalam feng shui agar anak sehat, letak tempat tidur menjadi kunci agar Si Kecil dijauhkan dari energi buruk yang dapat membawa penyakit.

Tempat tidur anak sebaiknya diletakkan merapat dengan dinding kokoh yang berseberangan secara diagonal dengan pintu. Pastikan dinding tersebut bukan pemisah antara kamar tidur dengan kamar mandi karena tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Yuk, Dekorasi Ruang Makan Berdasarkan Feng Shui Dengan 5 Cara Ini!

6. Kamar Selalu dalam Keadaan Rapi

7 tips feng shui agar anak sehat dan cerdas 6

Blog.modsy.com

Menurut aturan feng shui agar anak sehat, tumpukan benda yang tidak beraturan atau bagian bawah tempat tidur yang berantakan bisa membuat Si Kecil gelisah, sulit berkonsentrasi, dan sulit tidur.

Agar mendapatkan harmoni dengan energi yang baik untuk kesehatan, kamar Si Kecil perlu dirapikan secara berkala dan dibersihkan dari benda rusak dan berdebu.

7. Gunakan Warna Kalem

7 tips feng shui agar anak sehat dan cerdas 7

Pinterest.com

Warna terang dan berani dalam kamar dapat mengeluarkan energi yang terlalu keras, sehingga membuat anak jadi hiperaktif dan tidak tenang.

Dalam feng shui agar anak sehat, yang dianjurkan adalah penggunaan warna kalem dan lembut yang bisa memberikan keceriaan, ketenangan, dan inspirasi.

Bagaimana Moms, berminat tingkatkan prestasi belajar anak dengan feng shui agar anak cerdas dan sehat? Selamat mencoba!

(WA)

Artikel Terkait