BAYI
24 September 2019

Apa Bayi Perlu Memakai Minyak Telon?

Sumber wangi bayi yang juga mampu menghangatkan tubuh
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms pasti tahu minyak telon. Minyak yang sering digunakan pada anak, sesaat setelah mandi, atau saat anak sedang kedinginan. Minyak telon ini memiliki beragam manfaat yang dibutuhkan oleh bayi.

Biasanya minyak ini diberikan berbarengan setelah Si Kecil selesai memakai bedak. Mengapa sering digunakan setelah mandi? Karena minyak telon berguna untuk menghangatkan tubuh anak.

Baca Juga: Perlukah Bayi Diolesi Minyak Telon? Ternyata Banyak Manfaatnya Lho

Moms juga bisa mengoleskan minyak pada tubuh Si Kecil selain setelah mandi lho, misalnya setelah mengganti popok atau ganti pakaian. Dengan memberikan Si Kecil minyak telon, bau khas yang harum akan dimiliki oleh si buah hati.

Namun apa bayi harus diberi minyak telon? Yuk lihat di bawah ini.

Fungsi Minyak Telon

minyak telon

Foto: parenting.firstcry.com

Semua ibu harus tahu apa fungsi dari minyak telon. Sesuai dengan namanya, minyak telon memiliki tiga komposisi, yaitu minyak cajuput, minyak kelapa, dan minyak adas.

Fungsi utama minyak telon untuk bayi adalah memberikan sensasi hangat di tubuh bayi, terutama ketika cuaca dingin atau setelah mandi.

Selain manfaat minyak telon, apakah ada efek samping yang dapat ditimbulkan minyak telon pada bayi? Itu adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para ibu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Minyak Telon Bayi Untuk Si Kecil

Apakah Ada Risiko Pemakaian Minyak Telon?

minyak telon

Foto: manchester.ac.uk

Ada beberapa hal yang dapat Moms pertimbangkan dalam penggunaan minyak telon pada bayi. Jikakita membahas tentang bahaya penggunaan minyak telon, maka efek samping yang mungkin terjadi adalah masalah pernapasan yang dialami bayi.

Dilansir dari laman Web MD, gangguan pernapasan bisa disebabkan oleh aroma minyak telon, terutama jika minyak tersebut mengandung bahan kimia berbahaya yang berisiko bagi kesehatan bayi. Mungkin aroma minyak telon tertentu tidak berdampak buruk bagi Moms, tetapi kita tidak akan tahu bagaimana efeknya terhadap bayi.

Penggunaan minyak telon secara berlebihan untuk melakukan pijat bayi tentu saja tidak dianjurkan. Apalagi ketika Moms tidak memiliki pengalaman dalam memberikan pijatan bayi. Ini bisa menyebabkan Si Kecil menderita luka di kulit dan organ dalam.

Banyak ibu yang gegabah memberikan pijatan pada bayi dengan minyak telon, dan justru membuat bayi merasa tidak nyaman. Sulit untuk mengatakan apakah bayi merasa sakit, karena bayi tidak bisa berkomunikasi tetapi menangis.

Baca Juga: 4 Manfaat Pijat Untuk Bayi yang Perlu Moms Ketahui

Memilih dengan Hati-Hati

minyak telon

Foto: nationaleczema.org

Sebelum mengoleskan minyak telon ke bayi, Moms perlu mempertimbangkan cara memilih minyak telon yang baik.

Pertimbangan pertama adalah merek minyak telon. Sudah umum bahwa minyak telon dengan merek terkemuka pasti akan memberikan kualitas terbaik. Namun merek yang terkenal akan membuat Moms mengeluarkan lebih banyak uang untuk membelinya.

Selanjutnya perhatikan bahan-bahannya. Pastikan membaca dengan teliti bahan-bahan yang terkandung dalam minyak telon sebelum digunakan. Jika perlu, pilih minyak telon yang tidak memiliki bahan berbahaya atau bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Jika sudah yakin bahwa Moms memilih minyak telon yang tepat, saatnya untuk mengoleskannya pada bayi, saat dibutuhkan.

Artikel Terkait