Apakah Perbedaan Usia Pasangan Jauh Berdampak pada Hubungan?

Selisih usia Moms dengan Dads berapa?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pasangan dengan selisih umur yang jauh kadang memang menarik perhatian. Studi yang dilakukan Justin J. Lehmiller dan Christopher R. Agnew dari Department of Psychological Sciences di Purdue University menunjukkan bahwa pasangan dengan selisih usia 10 tahun ke atas biasanya memang cenderung mendapat respon yang tidak terbuka dari masyarakat.

Tapi ketika sudah membicarakan hubungan itu sendiri, biasanya wanita dan pria memang lebih cenderung memilih pasangan dengan rentang usia yang tak terlalu jauh dari usia mereka sendiri, namun tak menutup kemungkinan juga mereka membuka kesempatan untuk menjalin hubungan dengan seseorang yang 10 tahun lebih tua atau muda dari mereka.

Jadi, apakah perbedaan usia pasangan jauh begitu penting dampaknya bagi hubungan? Dan apakah pasangan dengan perbedaan usia yang jauh memiliki kualitas hubungan yang sama baiknya jika dibandingkan dengan pasangan yang perbedaan usianya tak seberapa jauh?

Baca Juga: Beda Usia Belasan Tahun, Sederet Seleb Cantik Ini Tetap Langgeng dengan Pasangannya

Pasangan Selisih Satu Dua Tahun

perbedaan pasangan usia

Foto: insider.com

Menurut studi dari Emory University pada 2014, pasangan dengan selisih usia satu tahun memiliki kemungkinan 3 persen untuk bercerai.

Ketika selisih usia 5 tahun, kemungkinan bercerai meningkat menjadi 18 persen. Bagaimana dengan perbedaan 10 tahun? Kemungkinan perceraiannya bisa menjadi 39 persen.

Peneliti menganalisa lebih dari 3 ribu pasangan dan menemukan fakta bahwa semakin besar selisih usia antar pasangan, maka peluang untuk bercerai juga akan semakin besar. Sehingga selisih usia satu tahun dianggap yang paling ideal untuk hubungan jangka panjang.

Tentu saja, tak menutup kemungkinan bahwa pasangan dengan selisih usia satu tahun masih bisa mengalami perceraian.

Baca Juga: 5 Pasangan yang Bikin Heboh Karena Beda Usia Lebih dari 35 Tahun

Kesuksesan Hubungan dari Sejumlah Faktor

perbedaan pasangan usia

Foto: zoosk.com

Kesuksesan semua hubungan tak hanya bergantung pada perbedaan usia dengan pasangan saja, karena ada beberapa faktor yang mendasarinya.

Nilai-nilai yang dijalani bersama seperti keyakinan, komunikasi yang sehat, kepercayaan, keintiman, serta cara menyelesaikan masalah menjadi faktor-faktor pendukung yang membuat hubungan bisa berhasil meskipun perbedaan usia dengan pasangan tergolong jauh.

Namun juga tak bisa dipungkiri bahwa perbedaan usia yang jauh bisa memberi tantangan-tantangan baru dalam kehidupan karena cara pandang kedua pihak juga tentu saja berbeda. Selalu ingat bahwa usia bukanlah indikator yang penting untuk keberhasilan sebuah hubungan, ada banyak faktor yang harus dipikirkan. Setiap hubungan membutuhkan usaha dan kerja sama yang baik.

Baca Juga: Jangan Selingkuh! Ini 3 Manfaat Setia Pada Pasangan

Asumsi Perbedaan Usia yang Jauh

perbedaan pasangan usia

Foto: editorchoice.com

Banyak yang berasumsi bahwa perbedaan usia dengan pasangan yang jauh merupakan masalah. Padahal di beberapa survei, tingkat kepuasan hubungan dengan perbedaan yang jauh justru malah tinggi.

Pasangan seperti ini akan memiliki komitmen dan komunikasi yang sehat, serta tingkat kecemburuan antara satu sama lain juga dilaporkan tidak setinggi pasangan dengan usia yang seumuran. Jadi, tak usah pedulikan anggapan orang-orang yang menganggap bahwa perbedaan usia terlalu jauh merupakan masalah. Karena hubungan setiap orang tak pernah sama.

Artikel Terkait