TRIMESTER 2
4 November 2019

Wajib Tahu! Ini 4 Bahan Skincare yang Aman Digunakan Saat Hamil

Pilih bahan skincare alternatif untuk menjaga kesehatan janin
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Agar kulit terawat dengan baik, penting untuk mencari tahu bahan-bahan dalam produk kecantikan, terutama ketika Moms sedang hamil.

Tidak hanya memerhatikan asupan makanan dan minuman, Moms juga perlu mengetahui bahan-bahan skincare yang perlu dihindari selama kehamilan.

"Kehamilan pasti dapat memengaruhi kulit, tetapi pengaruhnya bervariasi pada setiap wanita," kata Angela Jones, MD, dokter kandungan, mengutip Refinery 29.

"Ibu hamil mungkin mengalami jerawat, perubahan warna kulit, skin tags, produksi minyak yang meningkat, atau ruam. Ini semua karena hormon kehamilan," lanjutnya.

Tetapi, bukan berarti Moms menghentikan regimen perawatan kulit. Karena masih ada beberapa bahan skincare yang aman digunakan saat hamil.

Baca Juga: 6 Bahan Skincare yang Ampuh Hilangkan Jerawat

Bahan Skincare yang Aman Digunakan Saat Hamil

1. Seng Oksida atau Titanium Dioksida

Menggunakan Sunscreen Saat Hamil, Ini Aturannya.jpg

Ketimbang menggunakan sunscreen berbahan kimia, pilih tabir surya yang memiliki kandungan mineral (physical sunscreen) selama kehamilan karena bahannya lebih aman.

"Tabir surya kimia masih diperdebatkan tentang pengaruhnya terhadap perkembangan janin," jelas Shereene Idriss, MD, seorang dermatologis.

Ia menyarankan, "Secara pribadi, saya memilih tabir surya fisik dengan seng oksida atau titanium dioksida, karena bahan ini diketahui aman untuk digunakan selama kehamilan."

Baca Juga: Jarang Diperhatikan, Ini Bahaya Zat Kimia dalam Skincare untuk Ibu Hamil dan Menyusui

2. Vitamin C

5 Serum Lokal di Bawah 100 Ribu untuk Mencerahkan Kulit

Hiperpigmentasi umum terjadi selama kehamilan. Tetapi, Moms perlu menghindari produk skincare dengan kandungan hidrokuinon.

"Meski tergoda menggunakan bahan seperti hidrokuinon, untuk menekan produksi pigmen, sangat tidak disarankan untuk menggunakannya, karena bahan ini sangat mudah diserap dan belum ada penelitian yang mengevaluasi efeknya pada janin," jelas Dr. Idriss.

Dr. Idriss menyarankan untuk mencari serum dengan bahan-bahan alami seperti vitamin C dan enzim buah, yang akan membantu memudarkan bintik-bintik pada wajah.

3. Bakuchiol

bahaya pewangi pada skincare

Retinol, salah satu kandungan yang biasa terdapat dalam produk anti-aging. Tetapi bahan ini masuk ke dalam daftar bahan skincare yang berbahaya digunakan selama kehamilan.

"Ada peningkatan risiko cacat lahir yang terbukti, terutama dengan penggunaan secara oral," kata Dr. Idriss.

Pilih kandungan alternatifnya, yaitu bakuchiol. Bakuchiol adalah anti-oksidan alami yang ditemukan pada biji psorea corylifonia, tumbuhan yang ada di Asia timur.

Bakuchiol memiliki efek pencerah dan pemurnian yang serupa, dengan meniru cara kerja retinol, dan bahan ini aman digunakan saat hamil.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 8 Pilihan Makanan Anti-Aging yang Baik dan Buruk

4. Peptida

Berbahaya Bagi Kulit Hindari Bahan Ini Dalam Produk Skincare Anda -1.jpg

Bahan skincare anti-aging lain yang sebaiknya juga tidak digunakan adalah retinoid.

Namun, untuk tetapi menjaga elastisitas kulit selama kehamilan, Moms dapat menggunakan produk dengan kandungan peptida, bahan alternatif dari retinoid.

Peptida topikal meniru cara kerja retinoid, dengan membangun kembali kolagen dan elastisitas kulit tanpa berikan efek buruk pada janin.

"Peptida adalah protein yang dibutuhkan kulit untuk pertumbuhan sel yang optimal, dan aman selama kehamilan," kata Deanne Robinson, MD, dokter kulit, dan salah satu pendiri Modern Dermatology of Connecticut, mengutip Health.com

Itu dia Moms, 4 bahan skincare yang aman digunakan saat hamil.

Artikel Terkait