FASHION & BEAUTY
17 September 2020

Masalah Kulit Saat Hamil? Coba Pakai 12 Bahan Skincare untuk Ibu Hamil yang Aman Ini!

Pilih bahan skincare alternatif untuk menjaga kesehatan janin
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Agar kulit terawat dengan baik, penting untuk mencari tahu bahan-bahan dalam produk kecantikan, terutama ketika Moms sedang hamil dan mengalami kondisi kulit yang meresahkan.

Tidak hanya memerhatikan asupan makanan dan minuman, Moms juga perlu mengetahui produk dan bahan-bahan skincare untuk ibu hamil yang aman digunakan.

"Kehamilan pasti dapat memengaruhi kulit, tetapi pengaruhnya bervariasi pada setiap wanita," kata Angela Jones, MD, dokter kandungan, mengutip Refinery 29.

"Ibu hamil mungkin mengalami jerawat, perubahan warna kulit, skin tags, produksi minyak yang meningkat, atau ruam. Ini semua karena hormon kehamilan," lanjutnya.

Tetapi, bukan berarti Moms menghentikan regimen perawatan kulit. Karena masih ada beberapa bahan skincare yang aman digunakan saat hamil.

Baca Juga: 6 Bahan Skincare yang Ampuh Hilangkan Jerawat

Skincare untuk Ibu Hamil yang Melembapkan Kulit

5 Serum Lokal di Bawah 100 Ribu untuk Mencerahkan Kulit

Foto: Orami Photo Stock

Melansir jurnal Pregnancy and Skin, kehamilan merupakan periode di mana lebih dari 90% wanita memiliki perubahan kulit yang signifikan dan kompleks yang mungkin berdampak besar pada kehidupan wanita.

Salah satu permasalah terbesar adalah kondisi kulit kering selama hamil. Apalagi, kulit kering dapat menyebabkan kulit terasa kasar dan gatal.

Jika Moms memiliki masalah kulit kering, berikut ini kandungan bahan skincare untuk ibu hamil yang aman digunakan untuk melembapkan kulit yang bisa digunakan untuk kulit kering.

1. Gliserin

Moms bisa memilih pelembap dengan kandungan gliserin. Bahan skincare untuk ibu hamil ini ringan dan lembut, serta paling baik untuk mengatasi kulit kering selama kehamilan.

Amy Newburger, dokter kulit di New York, mengatakan bahwa skincare yang berbasis glycerin adalah yang terbaik selama kehamilan karena senyawanya yang lembut dan melembapkan.

2. Shea Butter

Mengatasi kulit kering selama hamil juga bisa dilembapkan dengan menggunakan skincare berbahan shea butter. Shea butter bisa menjadi bahan skincare untuk ibu hamil yang dapat melembapkan kulit.

American Academy of Dermatologist (AAD) juga menyatakan bahwa krim yang mengandung shea butter mampu melembapkan tanpa mengiritasi kulit.

3. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid merupakan bahan yang bisa digunakan untuk melembapkan kulit kering saat hamil. Moms bisa memilih jenis bahan skincare untuk ibu hamil dengan kandungan hyaluronic acid.

“Bahan perawatan kulit untuk anti aging dan melembapkan kulit wajah ini, aman digunakan selama kehamilan,” kata Melissa Schweiger Kleinman, editor kecantikan di Sephora.

Hyaluronic acid secara alami ditemukan dalam tubuh kita dan sangat fleksibel, sehingga bekerja dengan baik untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kering saat hamil, kulit sensitif, serta berjerawat.

4. Minyak Alami

Jika Moms khawatir dengan kondisi kulit kering selama hamil, aplikasikan minyak alami pada kulit sebagai skincare untuk ibu hamil, karena akan meningkatkan kualitas dan tekstur kulit menjadi lebih lembap.

"Minyak alami yang dapat membantu menenangkan dan melembapkan kulit adalah minyak kelapa, jojoba, dan vitamin E,” tutur Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis dalam dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai.

Baca Juga: Jarang Diperhatikan, Ini Bahaya Zat Kimia dalam Skincare untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Bahan Skincare untuk Ibu Hamil yang Aman

bahaya pewangi pada skincare

Foto: Orami Photo Stock

American Pregnancy Association menerangkan, bahwa saat hamil Moms mungkin akan mengalami banyak perubahan pada kulit. Seperti kulit tampak lebih berkilau, atau justru berjerawat, atau adanya garis kemerahan di perut.

Bagi Moms yang hendak mencari skincare untuk ibu hamil, pastikan produknya memiliki bahan yang alami dan aman, agar tidak membahayakan janin dalam kandungan.

5. Seng Oksida atau Titanium Dioksida

Pada jurnal Canadian Family Physician, dijelaskan bahwa penggunaan tabir surya digunakan secara umum untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya.

Ketimbang menggunakan sunscreen berbahan kimia, pilih tabir surya yang memiliki kandungan mineral (physical sunscreen) karena bahan skincare untuk ibu hamil ini aman digunakan.

"Tabir surya kimia masih diperdebatkan tentang pengaruhnya terhadap perkembangan janin," jelas Shereene Idriss, MD, seorang dermatologis.

"Secara pribadi, saya memilih tabir surya fisik dengan seng oksida atau titanium dioksida, karena bahan ini diketahui aman untuk digunakan selama kehamilan," sarannya.

6. Vitamin C

Moms mungkin memiliki produk anti-penuaan yang digunakan sebelum memasuki masa kehamilan. Sayangnya, mayoritas produk anti-penuaan punya kandungan retinoid yang dianggap berbahaya dipakai saat hamil.

Dalam jurnal Canadian Family Physician, disebutkan bahwa setidaknya ada 4 laporan kasus yang dipublikasikan tentang cacat lahir terkait dengan penggunaan tretinoin topikal.

Sebagai alternatif produk pencerah kulit yang aman saat hamil, Moms dapat menggunakan produk anti-penuaan dengan kandungan vitamin C sebagai bahan skincare untuk ibu hamil yang mencerahkan dan aman digunakan.

Skincare serum vitamin C aman untuk ibu hamil dan memiliki berbagai manfaat, seperti melindungi dari sinar matahari, mengurangi tanda penuaan dini, dan meratakan warna kulit.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C akan mengurangi produksi melanin di area hiperpigmentasi, sehingga kulit menjadi lebih cerah.

"Cari serum dengan bahan-bahan alami seperti vitamin C dan enzim buah, yang akan membantu memudarkan bintik-bintik wajah," jelas Shereene Idriss, MD, seorang dermatologis, mengutip Refinery29.

Tetapi, untuk wanita dengan kulit sensitif, penggunaan kandungan vitamin C dapat mengiritasi kulit. Jadi, konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya ya, Moms.

7. Bakuchiol

Retinol, salah satu kandungan yang biasa terdapat dalam produk anti-aging. Tetapi bahan ini masuk ke dalam daftar bahan skincare yang berbahaya digunakan selama kehamilan.

"Ada peningkatan risiko cacat lahir yang terbukti, terutama dengan penggunaan secara oral," kata Dr. Idriss.

Pilih kandungan alternatifnya, yaitu bakuchiol. Bakuchiol adalah anti-oksidan alami yang ditemukan pada biji psorea corylifonia, tumbuhan yang ada di Asia timur. Tentunya, bahan skincare untuk ibu hamil ini lebih aman digunakan.

Bakuchiol memiliki efek pencerah dan pemurnian yang serupa, dengan meniru cara kerja retinol, dan bahan ini aman digunakan saat hamil.

8. Peptida

Bahan skincare anti-aging lain yang sebaiknya juga tidak digunakan saat hamil adalah retinoid. Karena itu, Moms harus mencari bahan skincare alternatif lain yang aman di masa kehamilan.

Pada jurnal The European Medicines Agency (EMA), retinoid disebutkan dapat menyebabkan gangguan saraf bagi ibu hamil dan janin.

Untuk tetap menjaga elastisitas kulit selama kehamilan, Moms dapat menggunakan produk dengan kandungan peptida, bahan alternatif dari retinoid.

Peptida topikal meniru cara kerja retinoid, dengan membangun kembali kolagen dan elastisitas kulit tanpa berikan efek buruk pada janin. Sehingga, bahan skincare untuk ibu hamil ini juga aman digunakan.

"Peptida adalah protein yang dibutuhkan kulit untuk pertumbuhan sel yang optimal, dan aman selama kehamilan," kata Deanne Robinson, MD, dokter kulit, dan salah satu pendiri Modern Dermatology of Connecticut, mengutip Health.com.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 8 Pilihan Makanan Anti-Aging yang Baik dan Buruk

Skincare untuk Ibu Hamil yang Mencerahkan Kulit

skincare untuk ibu hamil yang mencerahkan wajah

Foto: Orami Photo Stock

Bagi Moms yang memiliki pigmentasi pada kulit selama hamil, memakai produk pencerah merupakan opsi yang bisa dilakukan. Sayangnya, pemakaian skincare untuk ibu hamil juga harus memerhatikan kandungan bahan yang aman.

Tetapi, ada beberapa produk pencerah wajah dengan kandungan bahan alternatif yang aman bagi ibu hamil dan janin. Berikut ini beberapa skincare aman untuk mencerahkan kulit ibu hamil.

9. Asam Glikolat

Asam glikolat merupakan kandungan pada produk pencerah yang aman digunakan di masa kehamilan. Bahan ini berasal dari AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang ada di berbagai produk makanan seperti tebu, susu, buah jeruk, dll.

Jurnal Canadian Family Physician menjelaskan, bahwa asam glikolat banyak ditemukan dalam produk perawatan kulit yang digunakan untuk mengatasi jerawat.

Asam glikolat merupakan bahan skincare untuk ibu hamil yang dapat mempercepat pergantian sel kulit sehingga dapat mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit.

Bahan ini juga membantu menghilangkan garis-garis halus dan kerutan dari wajah.

10. Ekstrak Jeruk

Jika Moms ingin menggunakan skincare untuk ibu hamil yang aman dengan pendekatan lebih alami, coba gunakan produk yang mengandung ekstrak jeruk.

Produk pencerah kulit dengan kandungan ekstrak buah jeruk dapat menjadi pilihan yang aman untuk memutihkan wajah.

Tidak hanya mencerahkan, buah jeruk punya banyak kandungan vitamin C yang dapat memproduksi serat kolagen, sehingga kulit menjadi lebih kuat dan kencang.

11. Ekstrak Licorice

Pilihan kandungan produk pencerah alami yang aman saat hamil adalah ektrak licorice, yang telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan Tiongkok untuk mengobati berbagai penyakit kulit.

Kandungan licorice memiliki senyawa glabridin, yang dapat menjadi bahan pemutih kulit yang aman. Pilih skincare untuk ibu hamil dengan kandungan ekstrak licorice ya, Moms.

Menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry, glabridin memiliki potensi untuk menghambat aktivitas enzim tyrosinase yang bertanggung jawab untuk produksi melanin yang menyebabkan pigmentasi kulit.

Ekstrak licorice tidak merusak sel-sel kulit, sehingga selain aman mencerahkan wajah, tetapi dapat mengatasi masalah jerawat karena sifat anti-inflamasi yang menenangkan kulit dengan peradangan.

12. Citric Acid

Selanjutnya, ada citric acid yang merupakan skincare untuk mencerahkan kulit yang aman untuk ibu hamil. Citric acid dapat mengurangi noda hitam, mengurangi garis halus di wajah, dan mencerahkan kulit.

Seperti asam glikolat, citric acid juga termasuk AHA, yakni chemical exfoliator yang biasanya dikemas dalam bentuk toner. Moms bisa memilih skincare untuk ibu hamil dengan kandungan citric acid.

Sebagai chemical exfoliator, citric acid mampu membersihkan sel kulit mati, sehingga kulit jadi lebih bersih dan cerah.

Moms cukup menggunakan chemical exfoliator seminggu sekali bila memiliki kulit kering, tapi boleh memakainya dua kali seminggu bila punya kulit berminyak.

Moms yang punya kulit sensitif harus berhati-hati dalam memakai produk skincare dengan citric acid, sebab bisa menimbulkan sensasi geli seperti tertusuk kecil (tingling) dan kemerahan sementara.

Itu dia Moms, daftar bahan skincare untuk ibu hamil yang aman digunakan. Akan lebih baik berkonsultasi dahulu dengan dokter kulit untuk mengetahui bahan yang tepat, ya!

Artikel Terkait