NEWBORN
18 Juli 2018

Banyak Manfaatnya, Yuk Coba 3 Resep MPASI dari Apel untuk Bayi

Apel manis ternyata efektif dalam mengurangi batuk
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Enam bulan pertama, sebaiknya Si Kecil hanya mengonsumsi ASI. Namun setelah enam bulan, ia dapat mengonsumsi makanan pendamping ASI atau disebut MPASI.

Namun, pemberian MPASI untuk bayi harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati lho Moms, berikut adalah beberapa resep MPASI dengan olahan apel yang dapat Moms coba:

Puree Apel

shutterstock 171637688

Resep pertama yang dapat Moms coba adalah puree apel, yang sangat mudah membuatnya. Cukup siapkan 5 buah apel yang sudah dikupas dan dipotong-potong.

Masukkan potongan apel tersebut ke dalam panic lalu tambahkan air sampai menutupi apel. Selanjutnya rebus atau kukus apel sampai lembut dan masukkan apel ke dalam.

Jangan lupa untuk menambahkan air sisa rebusan, blender sampai halus dan merata lalu sekarang sudah siap disajikan untuk Si Kecil.

Puree Apel Panggang

shutterstock 177416993

Hampir sama dengan puree apel, Moms membutuhkan 5 buah apel namun jangan kupas kulitnya. Hal ini guna menghindari apel malah menjadi hancur saat dipanggang.

Letakkan apel pada Loyang lalu tambahkan air sedikit saja pada loyang. Selanjutnya, masukkan ke dalam oven, panggang dengan suhu 400 derajat celsius selama 30 menit.

Keluarkan apel dari oven, dinginkan, lalu baru kupas kulitnya. Terakhir, masukkan apel ke dalam blender lalu blender sampai apel lembut dan halus.

Baca Juga : Tips Mengenalkan Menu MPASI Baru untuk Si Kecil

Puree Apel dan Wortel

shutterstock 745168384

Pada resep selanjutnya Moms dapat mencampurkan apel dan wortel, cukup siapkan 2 buah apel kupas dan 5 wortel kupas yang telah dipotong-potong. Campur keduanya dengan meletakkan kukusan ke dalam panci besar dan tambahkan air.

Selanjutnya tutup panci dan rebus air sampai mendidih. Setelah air mendidih, letakkan apel dan wortel pada kukusan, tutup panci dan kukus apel dan wortel selama 20 menit atau sampai dagingnya lembut.

Terakhir, masukkan apel dan wortel yang telah dikukus ke dalam blender blender sampai tercampur rata dan teksurnya lembut.

Manfaat Apel untuk Bayi

shutterstock 1016689231

Apel tidak diragukan lagi memang bagus untuk kita. Tapi, bagaimana dengan bayi? Bisakah apel diberikan pada bayi? Tentu bisa.

Buah-buahan seperti apel dapat diperkenalkan sebagai makanan bayi berusia enam bulan. Apel mengandung sejumlah besar phytochemical yang disebut flavonoid.

Flavonoid ini memiliki peran utama sebagai antioksidan. Manfaat kesehatan dari antioksidan ini seperti:

1. Menyembuhkan gangguan perut

Moms pasti tahu bahwa bayi mereka sering mengalami gangguan perut. Dalam kasus seperti ini, apel bisa berguna. Apel yang dikupas, dihaluskan dan direbus dapat diberikan kepada bayi.

Apel dapat mengendalikan gangguan perut. Polifenol dalam buah apel mengurangi cedera lambung dengan membentuk lapisan pelindung pada lapisan lambung. Coba tambahkan satu sendok teh madu ke apel yang dihaluskan sebelum disajikan

2. Sembelit dan diare

Sembelit dan diare adalah penyakit lain yang sangat mengganggu bagi bayi. Selain mengandung banyak nutrisi, apel juga kaya serat makanan yang juga penting untuk gerakan usus halus.

Dalam kasus seperti ini, di mana bayi atau bayi menderita diare, memberi mereka makan jus apel juga dapat bermanfaat karena diare dapat menyebabkan dehidrasi.

Kandungan nutrisi penting dan kadar air dalam jus dapat meremajakan bayi dalam waktu singkat. Untuk diare, gunakan jus apel sebagai obat sekunder tetapi bukan sebagai obat utama.

3. Batuk

Bayi yang mengalami batuk mungkin tidak bisa mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Apel manis efektif dalam mengurangi batuk. Siapkan jus apel yang direbus atau dikukus dan berikan anak bayi selama sekitar satu minggu. Sebelum memberikan jus ini, pastikan bahwa bayi Moms berusia setidaknya 6 bulan.

(MDP)

Artikel Terkait