BAYI
17 September 2019

7 Peralatan Bayi yang Bisa Jadi Alterntif Kado Kelahiran Anak Pertama

Rayakan kehadiran bayi baru lahir! Pilih keperluan Si Kecil tepat sesuai kebutuhannya.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Merayakan kelahiran kurang lengkap rasanya tanpa memberikan kado untuk perlengkapan pertama Si Kecil. Namin, memilih kado untuk Si Kecil yang baru lahir tidak mudah.

Moms dan Dads harus memilih kado yang tepat agar perlengkapan pertamanya itu bisa dipakai sesuai dengan usianya dan dalam waktu yang lama. Berikut ini beberapa pilihan perlengkapan bayi baru lahir yang bisa menjadi pilihan utama Moms dan Dads.

Do and Don’ts

bayi, hadiah

Foto: verywellfamily.com

Dikutip dari Mom Junction, berikut ini beberapa aturan yang perlu Moms dan Dads perhatikan sebelum membeli kado:

  1. Berikan perlengkapan yang dapat digunakan oleh orang tua baru dan menghemat waktu.
  2. Pilih barang-barang yang bisa digunakan dalam waktu yang lama.
  3. Pilih hadiah yang memiliki kualitas sesuai standar aman untuk bayi baru lahir, jangan memilih hadiah dengan kualitas rendah.
  4. Jika membeli hadiah perlengkapan bayi yang bisa dimasukkan ke mulut, pastikan bahwa barang tersebut terbuat dari bahan bebas BPA (BPA free).
  5. Pilih hadiah yang tidak memiliki tepi yang tajam dan terdiri dari komponen yang kecil untuk menghindari kecelakaan terjadi pada bayi.

Daftar kado terbaik

Pakaian

bayi, hadiah

Foto: momlovesbest.com

Rasanya pakaian akan menjadi salah satu hadiah yang selalu diperlukan oleh orangtua baru dan bayi yang baru lahir. Moms dan Dads bisa memberikan onesies, jumper, rok lucu untuk anak perempuan atau celana suspender gagah untuk anak laki-laki.

Beberapa bahan pakaian terbaik untuk Si Kecil yang bisa Moms dan Dads pilih seperti katun, fleece, cashmere, bamboo, microfiber.

Sepatu

bayi, hadiah

Foto: guidepatterns.com

Jaga Si Kecil hangat dan stylish dengan beberapa pilihan sepatu khusus untuk bayi. Pilih sepatu dengan material yang ringan dan memudahkan kaki bayi untuk bernapas.

Kain atau sepatu kulit lembut adalah pilihan terbaik untuk bayi. Hindari untuk membeli bahan plasti atau kulit yang kaku.

Baca juga: 4 Tips Memilih Sepatu untuk Bayi Berkaki Gemuk

Popok

bayi, hadiah

Foto: sweetphk.com

Jika berniat membelikan popok, ada baiknya tanyakan terlebih dahulu pada orangtua baru apakah Si Kecil yang baru lahir sudah menggunakan popok dengan merk tertentu. Hal ini untuk menghindari Moms dan Dads membeli popok dengan merk berbeda dan tak bisa digunakan ke depannya.

Moms dan Dads dapat mengemas popok-popok ini dengan bentuk kue tart menjulang atau membulat dengan hiasan pita yang cantik.

Diaper bag

bayi, hadiah

Foto: babyktan.com

Setiap ibu baru pasti membutuhkan tas khusus yang satu ini. Sebab, selain menyimpan stok popok, tas yang ini juga bisa diisi dengan perlengkapan lainnya, seperti tisu basah, cream popok, baju ganti, dan juga topi untuk bayi.

“Selama musim panas, sertakan topi karena bayi yang baru lahir tidak bisa memakai tabir surya," tambah James Mandelik, MD, dokter anak di Cleveland Clinic Children's, Cleveland.

Breastfeeding Cover

bayi, hadiah

Foto: gvado.com

Hadiah yang satu ini tentu akan sangat membantu Si Kecil dan orangtuanya yang akan mengalami pengalaman luar biasa sebagai ibu menyusui. Ada berbagai jenis breastfeeding cover serbaguna yang ditawarkan pada Moms dan Dads saat ini.

Pastikan Moms dan Dads tidak salah memilih bahan kain. Pilihlah breastfeeding cover dengan bahan katun atau muslin.

Bouncer

bayi, hadiah

Foto: hope-education.co.uk

Hadiah yang satu ini tentu bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Orangtua baru bahkan masih bisa menggunakannya hingga bayi berusia 12 bulan.

Jangan ragu untuk mengingatkan orangtua baru untuk tetap menjaga keamanan bayinya saat menggunakan bouncer.

Baca juga: Tips Aman Membeli dan Menggunakan Baby Bouncer

Teether

bayi, hadiah

Foto: walmart.com

Seiring bertambah usianya, bayi akan suka menggigit benda yang ada di sekitarnya untuk merangsang pertumbuhan giginya.

"Bayi biasanya mendapatkan gigi pertama mereka antara usia 5-12 bulan, tetapi beberapa membutuhkan waktu lebih lama. Gigi seri bawah adalah gigi yang muncul pertama, diikuti oleh gigi seri atas," jelas dr. Edward Kulich, M.D., seorang dokter anak dari Morristown Medical Center, Amerika.

Jadi, teether bisa menjadi hadiah yang sangat tepat. Ingat, pastikan teether yang Moms dan Dads beli tidak memiliki ujung yang tajam serta bebas dari BPA.

Baca juga: Tidak Hanya Buat Bayi, Ini 5 Hadiah Terbaik untuk Ibu Melahirkan

Dengan pilihan barang yang tepat, kado dari Moms dan Dads pasti akan jadi barang yang berkesan untuk orang tua baru yang baru melahirkan.

(ERN/KM)

Artikel Terkait