KESEHATAN
13 Juni 2019

Benarkan Kualitas Tidur Dipengaruhi oleh Warna Cat?

Ungu jadi warna terburuk untuk kamar tidur
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bisa dikatakan warna adalah alat komunikasi yang kuat dan dapat digunakan untuk memengaruhi suasana hati dan reaksi fisiologis, termasuk warna cat kamar tidur.

Sehingga, setiap warna pun mempunyai arti tersendiri dan dapat mewakili perasaan kita. Warna cat juga ternyata bisa mempengaruhi kualitas tidur seseorang.

Karena hal itu pula lah, pengaplikasian warna cat di rumah pun amat sangat dipertimbangkan karena bisa membangun mood tertentu.

Bahkan, warna cat di kamar tidur bisa mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Ini diungkapkan oleh Jenni Jameson, manajer spesialis pengembangan bisnis di brand produk tidur Tempur.

Rata-rata, orang dewasa secara teratur membutuhkan sekitar tujuh jam tidur nyenyak yang tepat agar menjadi produktif.

"Warna-warna di kamar Anda, serta kasur dan bantal Anda, memainkan peran besar dalam kualitas dan kuantitas tidur. Penting bagi lingkungan kamar Anda untuk menciptakan suasana tenang yang kondusif untuk tidur," kata Jenni Jameson.

Baca Juga: Memilih Warna Cat Rumah Sesuai Mood

Frances Whitley, Desainer Interior Hotel In-house Inggris mengatakan, warna kamar memang memengaruhi suasana hati dan mengatur nada untuk lingkungan tempat tinggal.

"Karena itu, penting untuk memilih dekorasi kamar yang akan membantu Anda rileks dan memicu tidur,” terangnya.

Warna cat mempengaruhi kualitas tidur juga dikemukakan oleh sebuah studi yang dilakukan Travelodge di mana mereka meneliti ke 2.000 rumah di seluruh Inggris untuk menyelidiki bagaimana warna mempengaruhi kualitas tidur.

Mereka menemukan bahwa ada korelasi antara keduanya, yakni warna cat dengan kualitas tidur dan bahwa kita dapat meningkatkan kualitas tidur kita dengan memilih warna dekorasi kamar tertentu.

Lalu, apa warna cat yang sebaiknya diaplikasikan pada kamar tidur sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur kita? Berikut tiga warna cat terbaik dan tiga warna cat terburuk untuk kualitas tidur kita.

Baca Juga: Tidak Cuma Pink, 5 Warna Cat Dinding Ini Juga Cocok untuk Kamar Anak Perempuan

Warna Cat Terbaik

Dari penelitian yang dilakukan oleh Travelodge, berikut tiga warna cat terbaik yang bisa diaplikasikan di kamar tidur rumah kita.

1. Warna Biru

Kualitas Tidur Dipengaruhi oleh Warna Cat - Warna Terbaik - 1.jpg

Foto: Richard Power/elledecor.com

Penelitian menyebutkan warna biru adalah warna terbaik untuk diaplikasikan di kamar untuk meningkatkan kualitas tidur. Orang yang tidur di kamar dengan cat dinding berwarna biru bisa tidur hingga 7 jam 52 menit per malamnya.

Chris Idzikowski, Ahli Tidur dari Edinburgh Sleep Centre mengatakan, ada reseptor khusus yang disebut sel ganglion di bagian retina mata kita yang paling sensitif terhadap warna biru.

"Reseptor-reseptor ini memasukkan informasi ke area yang jauh di dalam otak kita yang mengendalikan ritme 24 jam," ungkapnya.

Sehingga, warna biru membuat mata lebih tenang dan tubuh pun menjadi lebih rileks.

2. Warna Kuning

sunny yellow room.jpg

Foto: wow1day.com.com

Setelah warna biru, kuning menempati posisi kedua sebagai warna cat terbaik untuk meningkatkan kualitas tidur. Jika kita memiliki kamar dengan cat berwarna kuning, rata-rata mendapatkan waktu tidur selama 7 jam 40 menit per malam.

Warna kuning dapat merangsang sistem saraf yang membantu relaksasi dan menciptakan suasana hangat dan nyaman di dalam kamar.

3. Warna Hijau

Kualitas Tidur Dipengaruhi oleh Warna Cat - Warna Terbaik - 3.jpg

Foto: jscottinteriors.com

Posisi ketiga untuk warna cat terbaik yang dapat meningkatkan kualitas tidur adalah warna hijau. Warna hijau menciptakan lingkungan yang menenangkan sehingga membantu relaksasi.

Kamar tidur dengan warna hijau dapat waktu tidur rata-rata 7 jam 36 menit.

"Seperti biru, warna hijau tertentu adalah warna-warna santai yang dikenal untuk mengurangi stres yang membantu tidur nyenyak juga," ujar Suzy Chiazzari, Konsultan Terapi Warna & Holistik Desain Interior terkemuka di Inggris.

Baca Juga: 6 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur Anak Ini Ternyata Punya Kelebihan Tersendiri Lho!

Warna Cat Terburuk

Selain warna cat terbaik untuk meningkatkan kualitas tidur, terdapat pula warna cat terburuk yang sebaiknya dihindari untuk kamar tidur kita. Apa saja?

1. Warna Ungu

Kualitas Tidur Dipengaruhi oleh Warna Cat - Warna Terburuk - 1.jpg

Foto: nimvo.com

Dalam penelitian disebutkan bahwa warna ungu menempati urutan pertama warna cat terburuk untuk kualitas tidur kita. Rata-rata orang yang berada di kamar dengan cat berwarna ungu hanya memiliki waktu tidur selama 5 jam 56 menit.

"Meskipun banyak orang berpikir ungu menciptakan rasa mewah di kamar tidur, warna ini dapat mengurangi jumlah jam tidur yang Anda dapatkan. Ungu menjadi warna untuk merangsang kreativitas. Karena itu, tidur di kamar ungu membuatmu merasa lelah di pagi hari,” jelas Suzy Chiazzari.

2. Warna Cokelat

Kualitas Tidur Dipengaruhi oleh Warna Cat - Warna Terburuk - 2.jpg

Foto: tallslimerect.com

Mengesankan kehangatan, warna cokelat justru hanya memiliki waktu tidur 6 jam 5 menit. Pengaplikasian warna ini bisa menimbulkan suram dan tertekan sehingga membuat kita tidur dalam keadaan gelisah.

Warna cokelat untuk kamar tidur banyak diaplikasikan oleh seorang pecandu kerja dan membiarkan mereka membawa pekerjaan ke dalam kamar tidurnya.

3. Warna Abu-Abu

Kualitas Tidur Dipengaruhi oleh Warna Cat - Warna Terburuk - 3.jpg

Foto: home-designing.com

Orang yang tidur dalam kamar dengan warna cat abu-abu hanya memiliki waktu tidur 6 jam 12 menit. Warna abu-abu akan membuat kita merasa terisolasi secara emosional sehingga menimbulkan ketidaknyamanan.

Bahkan, penelitian menyatakan orang Inggris yang memiliki kamar tidur bertema abu-abu adalah mereka yang menghabiskan waktu paling banyak berbelanja online di tempat tidur.

Itulah beberapa warna cat terbaik dan terburuk untuk kamar tidur. Berniat untuk mengganti warna cat kamar? Jadikan ini sebagai pedoman ya Moms.

(SA)

Artikel Terkait