KESEHATAN
25 Oktober 2019

4 Penyebab Wasir yang Tidak Boleh Disepelekan

Tahukah Moms kalau wasir dapat muncul akibat aktivitas kita sehari-hari?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Pernahkah Moms mengalami sensasi panas atau terbakar disertai adanya benjolan pada area di sekitar anus? Jika iya, mungkin saja itu ambeien atau yang lebih dikenal dengan wasir.

Dikutip dari medicalnewstoday.com, wasir terjadi akibat terjadinya peradangan dan pembengkakan pembuluh darah vena di ujung rektum yang menghubungkan usus besar pada anus.

“Terdapat dua jenis wasir, yakni internal hemorrhoids dan external hemorroids. Keduanya sama-sama memberikan rasa tidak nyaman bagi para penderitanya,” jelas Dr Lauren Palmer, Dokter Spesialis dari AAMG Pasadena Primary Care.

Internal Hemorrhoids

Merupakan wasir yang terjadi dan muncul di dalam saluran rektum. Wasir jenis ini biasanya tidak muncul di luar permukaan kulit dan tidak terasa sakit, namun Moms dapat mendeteksinya jika menemui bercak merah pada saat buang air besar.

External Hemorrhoids

Merupakan wasir yang terjadi dan muncul di luar saluran rektum. Wasir jenis ini dapat dilihat oleh mata karena letaknya yang berada di luar anus. Wasir yang terjadi di luar rektum terasa sangat sakit dan sering mengalami perdarahan tiba-tiba.

Baca Juga: Ampuh dan Aman, Ini 5 Cara Mengatasi Wasir Saat Hamil

Tidak banyak disadari, penyebab wasir dipicu dari aktivitas kita sehari-hari. Untuk mengetahui lebih jelas, cek 4 penyebab wasir di bawah ini.

1. Duduk Terlalu Lama

penyebab wasir

Terdapat beberapa pekerjaan yang menuntut untuk duduk dalam waktu yang lama. Terlalu lamanya duduk menyebabkan terjadinya pembengkakan pembuluh darah di area anus.

Tersumbatnya aliran darah ini kemudian menyebabkan terjadinya benjolan. Meski sepele, namun kegiatan ini merupakan salah satu penyebab wasir terjadi.

2. Mengangkat Beban Terlalu Berat

penyebab wasir

Mengangkat beban terlalu berat dapat menjadi salah satu penyebab wasir. Ini disebabkan adanya tekanan yang kuat hingga ke ujung rektum.

Tekanan ini yang membuat aliran darah menjadi tidak lancar dan terjadi pembengkakan. Kurangi kegiatan mengangkat beban berlebih untuk menghindari wasir ya Moms.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Ini 5 Obat Alami untuk Lancarkan Sembelit

3. Sembelit

tips buang air (besar dan kecil) pertama setelah proses melahirkan normal hero

Feses yang terlalu keras dan susah keluar, membuat kita perlu mengeluarkan tenaga ekstra saat mengejan. Tanpa disadari, mengejan terlalu keras dapat memicu pembengkakan pembuluh darah di area anus.

Pembengkakan inilah yang kemudian menjadi penyebab wasir. Konsumsi makanan kaya serat untuk membantu memperlancar buang air besar.

4. Kehamilan

penyebab wasir

Dikutip dari American Pregnancy Association, wasir merupakan keluhan yang paling umum ditemui pada ibu dengan masa kehamilan di atas 7 bulan.

Wasir pada ibu hamil dapat terjadi akibat adanya tekanan yang disebabkan oleh penambahan berat badan yang memicu tekanan yang besar pada anus. Tapi tidak perlu khawatir, wasir pada ibu hamil normalnya akan hilang setelah melahirkan.

Baca Juga: Moms, Ini Penyebab Buang Air Besar Berdarah

Wasir memang dapat hilang dan muncul kembali dengan sendirinya, namun jangan sepelekan hal ini. Moms dapat melakukan treatment di rumah untuk mengobati wasir.

Namun jika wasir dirasa semakin mengganggu, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

(DH)

Artikel Terkait