KESEHATAN
10 Juli 2020

5 Buah untuk Menenangkan Kram Perut saat Haid

Saat nyeri menstruasi datang, coba untuk konsumsi beberapa jenis buah berikut ini.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Setiap bulannya, wanita yang masih mengalami masa subur akan menstruasi atau haid.

Seringnya, sebelum masa haid datang, Moms akan mengalami kram perut yang menjadi salah satu dari sekian gejala nyeri haid.

British Medical Journal mengungkapkan penyebab terjadinya kram perut saat haid.

Hal ini dimulai sebelum periode haid, sel-sel endometrium yang membentuk lapisan rahim membuat prostaglandin dalam jumlah yang besar.

Ketika sel-sel ini rusak selama menstruasi, prostaglandin oun dilepaskan.

Hal ini membuat lapisan otot berkontraksi, sehingga kram perut tidak dapat dihindari. Adapun hal lain yang bisa terjadi seperti sakit kepala, mual, muntah, dan diare.

Buah untuk Meredakan Kram Perut saat Haid

Nah, jangan sampai nyeri haid membuat aktivitas Moms menjadi terganggu, ya!

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mengatur pola makan, yaitu mengonsumsi makanan sehat.

Buah-buahan dapat dikonsumsi untuk membantu meredakan kram perut saat haid.

Berikut ini jenis buah-buahan yang dapat dipilih, yaitu:

1. Pisang

5 Buah untuk Menenangkan Kram Perut saat Haid-1.jpg

Foto: freepik.com

Pisang adalah pilihan yang tepat untuk meredakan kram perut saat haid.

Buah yang mudah dicari ini kaya akan vitamin B6, potasium, dan kalium yang membantu meredakan nyeri saat haid.

“Pisang dapat membantu mengurangi gejala perut kembung dan mengatasi kram perut. Nyatanya, terlalu sedikit potasium dapat menyebabkan kram otot. Satu pisang akan menggantikan kalium yang hilang,” ungkap Lisa DeFazio, ahli diet terdaftar yang berasal dari California.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Kram Perut saat Menstruasi

2. Nanas

buah untuk meredakan kram saat haid - nanas

Foto: freepik.com

Nanas, buah tropis satu ini kaya akan mineral mangan dan tepat untuk dikonsumsi saat alami kram perut haid.

American Journal of Obstetrics & Gynecology menunjukkan, diet kaya mangan dapat membantu mengurangi gejala tidak nyaman yang terkait dengan nyeri saat haid.

Nanas juga memiliki sifat antioksidan yang membantu mengurangi peradangan akut, yang kerap menjadi penyebab kram perut saat haid.

Selain itu, enzim bromelin yang terdapat dalam nanas terbukti mampu mengurangi rasa sakit dan membantu relaksasi otot sehingga kram dapat berkurang.

Nah, Moms bisa mengonsumsi nanas dengan campuran irisan mentimun, jeruk nipis, dan daun mint agar lebih segar.

3. Mangga

5 Buah untuk Menenangkan Kram Perut saat Haid-3.jpg

Foto: freepik.com

Mangga juga bisa menjadi buah yang tepat dikonsumsi mengalami kram perut saat haid.

Dilansir dari Functional Foods in Health and Disease, mangga mengandung vitamin C dan vitamin B yang berguna untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membuat kebugaran tubuh tetap terjaga.

Vitamin C juga diketahui meningkatkan jumlah estrogen dalam tubuh dan mengurangi hormon progesteron, yang merupakan alasan kontraksi dalam rahim dan menyebabkan kram perut tidak tertahankan.

Baca Juga: Begini Cara Mengurangi Nyeri Menstruasi yang Tak Tertahankan

4. Pepaya

5 Buah untuk Menenangkan Kram Perut saat Haid-4.jpg

Foto: freepik.com

Pepaya mengandung vitamin A & C, zat besi, dan karoten yang tinggi. Karoten dikenal mampu menstimulasi hormon estrogen.

Kandungan di dalam pepaya juga membantu menenangkan dinding rahim Moms dan mengurangi kontraksi pada otot.

5. Paprika

buah untuk meredakan kram saat haid - paprika

Foto: freepik.com

Sering disalahartikan sebagai jenis sayuran, nyatanya paprika termasuk ke dalam jenis buah-buahan.

Semua paprika kaya serat dan memiliki kandungan air yang tinggi untuk membantu melawan perut kembung dan kram.

Paprika juga mengandung kadar potasium yang tinggi sehingga dapat membantu mengurangi kram perut yang Moms alami.

Paprika juga bisa dihidangkan dengan makanan yang lain untuk menambah selera makan Moms.

Baca Juga: 4 Minuman untuk Meredakan Nyeri Haid

Nah, jadi itulah jenis buah-buahan untuk meredakan kram perut saat haid.

Selama periode haid, sebaiknya Moms menghindari makanan yang mengandung garam tinggi atau makanan olahan.

Jangan lupa juga untuk rutin minum air putih agar mencegah dehidrasi.

Artikel Terkait