PROGRAM HAMIL
2 Juli 2020

5 Buah untuk Tingkatkan Kualitas Sperma, Sudah Coba?

Sperma yang berkualitas akan melancarkan promil Moms dan Dads
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Buah tak hanya kaya serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, buah juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sperma, lho.

Sperma yang sehat adalah faktor penting untuk kesuburan para pria. Terlebih jika Moms dan Dads sedang program hamil, tentu harus diimbangi dengan menyantap buah-buahan yang tepat agar sperma menjadi lebih sehat dan terjadi pembuahan lebih cepat.

Buah untuk Tingkatkan Kualitas Sperma

Sperma yang sehat dan berkualitas haruslah mengandung empat hal, yakni jumlah sperma, morfologi sperma meliputi ukuran dan bentuk, motilitas sperma yang mengacu pada gerakan sel sperma saat berenang untuk mencapai dan membuahi sel telur, dan volume air mani yang memenuhi standar minimum untuk membawa sel sperma melalui saluran reproduksi wanita.

Namun, untuk memenuhi keempat faktor tersebut, dibutuhkan makanan yang kaya gizi dan nutrisi agar sperma jadi lebih berkualitas, termasuk buah-buahan. Berikut ini pilihan buah untuk kualitas sperma yang patut Dads coba.

1. Jeruk

Buah untuk Kualitas Sperma yang Baik 1.jpeg

Foto: Unsplash.com

Kandungan vitamin C pada buah jeruk mampu membuat kualitas sperma meningkat. Jika Moms dan Dads sedang program hamil, disarankan untuk makan minimal dua porsi buah-buahan kaya vitamin C seperti lemon atau jeruk nipis.

Buah jeruk kaya akan nutrisi dan antioksidan yang berperan penting pada vitalitas pria. Sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal berjudul The Role of Antioxidant Therapy In The Treatment of Male Infertility menyebut bahwa antioksidan pada vitamin C terbukti efektif untuk meningkatkan kualitas sperma.

Selain itu, jeruk juga ramah di kantong, sehingga bisa jadi solusi buah untuk kualitas sperma yang lebih baik.

Baca Juga: Ini Dia 7 Faktor yang Menyebabkan Jumlah Sperma Sedikit

2. Pisang

Buah untuk Kualitas Sperma yang Baik 2.jpeg

Foto: Unsplash.com

Pisang merupakan salah satu buah untuk kualitas sperma yang baik. Selain itu, pisang juga diketahui mampu meningkatkan libido dan hormon seks pria karena mengandung enzim yang disebut bromelain.

Buah pisang juga memiliki vitamin C, A, dan B1 yang berguna untuk meningkatkan imun dan produksi sperma.

3. Avokad

Buah untuk Kualitas Sperma yang Baik 3.jpeg

Foto: Unsplash.com

Avokad adalah buah kesukaan banyak orang. Buah berkulit hijau ini memiliki lemak sehat, asam folat, vitamin E, dan vitamin B6 yang baik untuk vitalitas pria. Vitamin E yang terkandung juga sangat membantu sel sperma agar berenang lebih cepat sehingga mampu membuahi sel telur.

Selain itu, vitamin E juga berguna untuk meningkatkan kualitas sperma karena terdapat antioksidan yang mampu melindungi sperma dari kerusakan.

Dads bisa menyantap avokad dengan menjadikannya beragam menu makanan maupun minuman yang sehat seperti campuran salad, jus, atau dimakan begitu saja.

Baca Juga: 3 Hal yang Perlu Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Memulai Program Hamil

4. Stroberi

Buah untuk Kualitas Sperma yang Baik 4.jpeg

Foto: Unsplash.com

Buah untuk kualitas sperma yang keempat ialah stroberi. Buah stroberi kaya akan antioksidan yang berguna agar sel sperma berkembang dengan sehat dan berkualitas.

Selain itu, stroberi juga memiliki rasa manis dengan indeks glikemik rendah sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk Dads yang ingin memakan makanan manis namun rendah gula dan kalori.

5. Tomat

Buah untuk Kualitas Sperma yang Baik 5.jpeg

Foto: Unsplash.com

Tomat kaya akan antioksidan yang baik untuk imun tubuh sekaligus kesehatan reproduksi. Buah tomat mampu meningkatkan jumlah sperma, motilitas sperma, dan morfologi sperma.

Selain baik untuk vitalitas pria, tomat juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit agar terlihat lebih cerah.

Baca Juga: 6 Mitos dan Fakta tentang Sperma Pria yang Banyak Dipercaya

Itulah lima buah untuk kualitas sperma, apakah Dads sudah menentukan buah mana yang akan disantap hari ini? Manfaat buah-buahan tersebut akan lebih terasa jika Dads menyeimbanginya dengan pola makan sehat dan olahraga yang teratur. Semangat!

Artikel Terkait